Fungsi Thermostat Pada Kulkas

Fungsi Thermostat Pada Kulkas

Fungsi Thermostat Pada Kulkas - Thermostat pada kulkas adalah suatu komponen yang berfungsi sebagai pengatur suhu pada kulkas. Komponen kelistrikan ini juga dapat berfungsi sebagai saklar otomatis, yang akan mengatur kapan kompresor bekerja dan kapan kompresor itu akan mati (standby). 

Semua jenis mesin pendingin biasanya juga menggunakan Thermostat untuk mengatur suhu. Apakah itu kulkas, AC Split, AC mobil, dan sebagainya. Pada AC split para teknisi sering menyebut nya dengan thermistor atau thermis. 

fungsi thermostat kulkas
Thermostat

Untuk thermostat pada kulkas satu pintu biasanya terletak di bagian freezer. Untuk kulkas dua pintu biasanya terletak di bagian dalam kabin kulkas. Bentuk dari luar berupa tombol pengatur suhu dengan deretan angka yang menunjukkan tingkat level pendinginan.

Prinsip Kerja Thermostat

Prinsip kerja thermostat pada kulkas adalah sebagai berikut. Apabila suhu didalam kulkas sudah mencapai nilai sesuai yang kita setting, maka thermostat ini akan memutus arus listrik ke kompresor untuk standby. Dan jika suhu sudah mulai naik kembali, maka kompresor akan bekerja kembali dan mendinginkan ruangan kulkas, begitu seterusnya. Jadi dapat disimpulkan bahwa Fungsi Thermostat Pada Kulkas adalah sebagai pengatur suhu.


Bagaimana cara kerja thermostat?

Thermostat pada kulkas ini pada dasarnya memanfaatkan sensor yang di dalamnya dimana terdapat gas yang bisa berubah apabila didinginkan. Gas yang dipakai pada sensor thermostat itu biasanya adalah refrigeran. 

Sesuai dengan sifat fisis refrigeran, maka apabila sensor berada pada lingkungan yang bersuhu rendah, refrigeran yang ada di dalamnya akan turun tekanannya. 

Perubahan tersebut yang menyebabkan kontak switch berubah, yaitu dari status keadaan tertutup (closed) menjadi terbuka (open). Dengan semakin turunnya suhu yang mengenai sensor, maka semakin turun pula nilai tekanan gas didalamnya.

Untuk memberi batasan pada tekanan berapakan kontak switch akan berubah, thermostat menggunakan sebuah knop. Maka, perubahan kontak thermostat tersebut dapat disetting sesuai dengan kebutuhan kita.

Cobalah lihat thermostat pada kulkas rumah anda. Jika kita perhatikan dengan seksama, biasanya pada knop thermostat terdapat angka 1,2,3,4,5. Semakin tinggi angkanya, maka semakin rendah suhu yang dibutuh untuk membuka kontak switch. Maka ketika kita ingin mengatur kulkas pada kondisi suhu yang paling dingin, harus kita setting ke angka yang paling tinggi, jangan sebaliknya. 

Untuk Lebih lengkapnya simak artikel Cara Setting/Setel Thermostat Kulkas.



letak thermostat kulkas

Thermostat pada kulkas


Thermostat Kulkas rusak

Nah sekarang bagaimana jika thermostat kulkas rusak? Jika thermostat rusak, maka kompresor tidak bekerja dan kulkas tidak dingin. Hal ini disebabkan karena tidak ada arus listrik yang mengalir ke kompresor, karena sistem kelistrikan pada kulkas saling berhubungan antara komponen yang satu dengan yang lainnya. 

Jika Kulkas Tanpa Thermostat

Apabila tidak memakai thermostat, maka kompresor kulkas akan bekerja secara terus-menerus, dan ini dapat mengakibatkan lilitan komresor akan panas dan dapat terbakar. Jika kompresor lilitan kompresor terbakar, maka tak ada jalan lain selain dengan mengganti kompresor.

Kesimpulan 

Jadi fungsi thermostat pada kulkas yaitu sebagai saklar otomatis untuk bekerja dengan cara mengatur suhu. Setting suhu tersebut dapat kita setting dengan cara merubah angka pada thermostat dengan memutar knop. Maka jika kita memutar thermostat ke angka yang semakin tinggi, maka kulkas akan semakin dingin.

Anda juga dapat menyimak artikel mengenai Komponen-Komponen Kulkas >> di sini.
Next Post Previous Post
9 Comments
  • Farid Pathurrahman
    Farid Pathurrahman 30/1/19 22:41

    yahud bos

  • Kaca Teknologi
    Kaca Teknologi 22/6/19 11:56

    Ternyata ini ya pengatur suhu kulkas. Sangat bermanfaat artikelnya & lengkap juga. Jadi nambah ilmu buat saya yang awam soal ginian.

    • Admin
      Admin 2/8/19 08:25

      terimakasih kunjungannya. Alhamdulillah kalo bisa bermanfaat..

  • Isa Alawi
    Isa Alawi 31/7/19 09:09

    Assalamu'alaikum, artikel nya sangat bermanfaat pak. Ilmu saya jadi bertambah, semoga ini jadi amal jariah ya pak buat bapak.

    • Admin
      Admin 5/11/19 20:27

      Aamiin..

  • Komentator
    Komentator 5/11/19 16:52

    Sangat membantu artikel ini terutama bagi saya yg awam tentang kulas

    • Admin
      Admin 5/11/19 20:27

      Oke sip

  • Monza
    Monza 20/11/19 17:24

    Saya punya kulkas nih gan tapi kata orang kalau listriknya sering mati apakah bisa meusak kompunen dari kulkas itu?

    • Admin
      Admin 20/11/19 19:49

      Listrik yg tidak stabil, atau naik-turun dapat menyebabkan kerusakan pada motor kompresor kulkas. Sedangkan biaya utk ganti kompresor pada kulkas paling mahal drpd komponen kulkas yang lain. Agan bisa pake stabilizer untuk menjaga tegangan listrik tetap stabil, tidak naik-turun. Semoga bermanfaat...

Add Comment
comment url