Pembuntu Pipa (Pinch-off Tool)

Pembuntu Pipa (Pinch-off Tool)

Pembuntu Pipa (Pinch-off Tool) - Dalam dunia service refrijerasi, seorang teknisi refrijerasi tidak akan asing dengan alat pembuntu pipa tembaga yang bernama vise grip. Nama lain dari vise grip adalah pinch-off tool. Secara umum kita menyebutnya pembuntu pipa. Dari nama tersebut kita akan tahu bahwa vise grip berfungsi untuk membuntukan ujung pipa tembaga ayang ada pada sistem pendingin kulkas.. 

Jenis Alat Pembuntu Pipa


Pembuntu pipa tembaga atau vise grip sering dipakai pada saat perbaikan kulkas, frezer, showcase, dll. Pekerjaan membuntukan pipa ini biasa dikerjakan setelah melakukan pengisian refrijeran melalui katup servis atau pentil pengisian pada kompresor mesin pendingin. Pembuntu pipa ini dibuat oleh beberapa pabrik dengan bermacam-macam model dan bentuk. 


alat pembuntu pipa kulkas




1. Vise-Grip

pembuntu pipa kulkas

Vise grip berbentuk seperti tang penjepit yang berbentuk setengah bulatan memanjang. Sangat praktis dan mudah dipakai untuk membuntukan pipa kapiler dan pipa tembaga sampai ½”. Setelah pipa dijepit sampai tidak bocor, pembuntu pipa tersebut akan terus menjepit dan melekat pada pipa. Setelah pekerjaan selesai, barulah vise-grip tersebut dilepas dari pipa.



2. Imperial

pembuntu pipa imperial
Direncanakan untuk membuntukan sementara, setelah itu pipa dapat dibulatkan kembali. Pipa dijepit seperti pada flaring tool. pembuntu pipa jenis imperial juga dilengkapi lubang-lubang untuk membuka dan membulatkan kembali pipa yang gepeng. Dapat dipakai untuk pipa ukuran ¼”, 5/16”, 3/8”, dan ½”.


3. Robinair

robinair vise grip

Pipa ditekan sampai menjadi satu. Dari bawah berbentuk dua garis melintang dan dari atas diantara kedua garis tersebut terdapat bulatan. Hasil jepitannya sangat kuat. Setelah dibuntukan pipa tidak dapat dibulatkan kembali. Dapat dipakai untuk membuntukan pipa kapiler dan pipa tembaga sampai dengan 3/8 inci. 


Itulah tadi macam-macam bentuk dari Pembuntu pipa (pinch-off tool). Semoga artikel dari www.dinginaja.com kali ini bisa menambah pengetahuan pembaca sekalian. Nantikan terus artikel-artikel menarik lainnya seputar dunia pendingin di blog www.dinginaja.com. Salam Dingin! ^_^
Next Post Previous Post
1 Comments
  • Farid Pathurrahman
    Farid Pathurrahman 29/1/19 21:04

    trims gan

Add Comment
comment url