Informasi SNMPTN 2019

Latar Belakang
Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi beberapa prinsip; kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel serta tidak diskriminatif. Bagi siswa SMA/SMK/MA yang berprestasi di sekolahnya, berhak untuk mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).


Sekolah sebagai satuan pendidikan dan guru sebagai pendidik diberi peran dalam proses seleksi SNMPTN. Dengan itu, setiap sekolah wajib unrtuk mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi siswa dengan lengkap dan benar. PDSS merupakan sumber data yang dijadikan sumber utama data SNMPTN. Pengelolaan dan pengolahan data SNMPTN akan dilakukan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), yang merupakan satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.
Tujuan
Tujuan SNMPTN adalah
  1. Memberi kesempatan bagi siswa lulusan SMA/SMK/MA di dalam dan luar negeri yang memiliki prestasi untuk menempuh pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Negeri.
  2. Untuk memberikan peluang kepada PTN untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang berprestasi akademik tinggi.
Ketentuan Umum dan Persyaratannya
Ketentuan Umum
  1. SNMPTN dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik berdasarkan menggunakan rapor dan portofolio akademik. Rapor yang dipakai adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun. Dan semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.
  2. Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), serta mengisi data prestasi siswa di PDSS dengan lengkap dan benar.
  3. Hanya siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan memiliki rekam jejak prestasi akademik di PDSS yang berhak ikut seleksi.
  4. Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN pilihan tentang segala sesuatu terkait penerimaan mahasiswa baru di PTN tersebut.
Ketentuan Khusus
Persyaratan Sekolah
Syarat bagi sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah:
  1. SMA/MA/SMK yang mempunyai NPSN.
  2. Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).
Persyaratan Siswa Pendaftar
Siswa pendaftar yang berhak mengikuti SNMPTN adalah:
  1. Siswa SMA/MA/SMK kelas 12 pada tahun 2019 yang memiliki prestasi unggul.
  2. Memiliki NISN yang telah terdaftar di PDSS
  3. Memiliki nilai rapor dari semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan oleh sekolah di PDSS atau memiliki nilai rapor dari semester 1 s.d. 7 bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.
  4. Siswa yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh PTN.
Penerimaan di PTN
Siswa pendaftar diterima di PTN, jika:
  1. Telah lulus satuan pendidikan SMA/SMK/MA;
  2. Telah lulus SNMPTN 2019; dan
  3. Telah lolos verifikasi data dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.
Jadwal pelaksanaan SNMPTN 2019 dapat dilihat di sini >>> Jadwal SNMPTN 2019 <<<
Tahapan Mengikuti SNMPTN
Tahapan untuk mengikuti SNMPTN dilakukan sebagai berikut.
Pengisian dan Verifikasi PDSS
  1. Dilakukan Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah mengisikan data sekolah dan siswa di PDSS harus melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.
  2. Dilakukan Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah mendapatkan password yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi.
  3. Siswa harus melakukan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password.
  4. Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah, maka data yang diisikan dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.
Pemeringkatan
  1. Pemeringkatan siswa akan dilakukan oleh sistem Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berdasarkan nilai mata pelajaran sebagai berikut.
    1. Untuk Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
    2. Untuk Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
    3. Untuk Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
    4. Untuk SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).
  2. Berdasarkan hasil pemeringkatan prestasi akademik yang dilakukan LTMPT, siswa yang memenuhi syarat diizinkan mendaftar SNMPTN 2019 dengan memenuhi ketentuan Akreditasi Sekolah:
    1. Akreditasi A : 40 % terbaik di sekolahnya;
    2. Akreditasi B : 25 % terbaik di sekolahnya;
    3. Akreditasi C dan lainnya 5 % terbaik di sekolahnya
Pendaftaran SNMPTN
  1. Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN 2019 http://web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran resmi.
  2. Pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pas foto terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Pendaftar harus membaca dan memahami ketentuan-ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan.
  3. Pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengupload portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id.
  4. Pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.
Bagi sekolah dan/atau pendaftar yang mengalami kesulitan akses Internet dapat melakukan pengisian PDSS dan pendaftaran SNMPTN di PLASA TELKOM di seluruh Indonesia. (Sumber: snmptn.ac.id)

Jadwal pelaksanaan SNMPTN 2019 dapat dilihat di sini >>> Jadwal SNMPTN 2019 <<<
Next Post Previous Post
1 Comments
  • Farid Pathurrahman
    Farid Pathurrahman 5/2/19 21:38

    jika kepsek atau yang ditugasi ketinggalan informasi an tidak mengisi PDSS gimana min...

Add Comment
comment url