Cara Mengganti Thermistor AC yang Rusak

Cara Mengganti Thermistor AC yang Rusak

Cara Servis Thermistor AC - Sering kali kita temui dalam keseharian kita, AC Split di rumah menunjukkan gejala-gejala yang tidak normal. Ketidak normalan tersebut dapat disebabkan oleh banyak hal. Entah itu masalah dari dalam unit AC atau dari lingkungan luar AC. 

Salah satu masalah dari dalam adalah kerusakan komponen pada AC. Thermistor merupakan salah satu komponen tersebut. Nah kita akan sedikit membahas mengenai cara mengganti themistor AC yang rusak, sehingga AC di rumah kita dapat kembali bekerja dengan normal.



cara servis thermistor AC



Thermistor pada AC split merupakan suatu komponen elektronika yang berfungsi untuk mendeteksi perubahan suhu yang terjadi di sekitarnya. Dengan kata lain thermistor berfungsi untuk mengatur suhu sehingga sesuai dengan kebutuhan kita.

Thermistor bekerja dengan prinsip perubahan resistansi. Jika suhu lingkungan berubah, maka nilai resistansi dari thermistor pun akan berubah. Dengan kata lain, thermistor ibarat saklar, yang mengatur kerja kompresor berdasarkan pembacaan suhu lingkungan. 

Nah, jika hal ini tidak terjadi, maka dapat dipastikan bahwa thermistor sudah tidak berfungsi atau rusak. Cara cek thermis AC split yang rusak akan dijelaskan dibawah. Namun sebelumnya berikut adalah ciri-ciri kerusakan thermistor AC split.



Jenis Thermistor pada AC Split


Pada AC split terdapat dua macam thermistor. Satu terletak di sirip-sirip evaporator. Thermistor ini adalah sensor pendeteksi suhu ruangan. Kerusakan pada thermistor ini mengakibatkan AC tidak dapat mendeteksi suhu ruangan. 

Misalnya AC disetel pada suhu 20°C, bisa jadi sebelum suhu tercapai, kompresor outdoor sudah mati. Maka suhu yang diinginkan tidak tercapai. Atau sebaliknya, suhu sudah mencapai 20°C, karena thermistornya rusak, maka suhu ruangan tidak bisa terbaca. Akibatnya kompresor tetap terus bekerja sehingga suhunya semakin dingin.

Thermistor kedua adalah thermistor yang terletak pada pipa evaporator. Fungsi thermistor yang menempel pada pipa ini adalah untuk mendeteksi suhu pipa evaporator. Jika thermistor ini mengalami kerusakan, maka sistem tidak dapat membaca suhu pipa. 

Jika pipa evaporator cukup dingin (namun suhu ruangan belum tercapai) kemudian thermistor tidak dapat membaca suhunya, maka sistem dapat saja mematikan kompresor. Sedangkan suhu ruangan belum tercapai. Atau jika pipa evaporator tidak ada aliran refrigeran (kosong) namun tidak terdeteksi oleh thermistor yang rusak, maka kompresor dapat bekerja terus-menerus. Hal ini akan sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kompresor panas.




Tanda-Tanda Thermistor AC yang Rusak:


AC sering mati-hidup
Karena thermistor sudah tidak dapat mendeteksi perubahan suhu dengan baik, maka akibatnya kompresor AC pada unit outdoor akan sering mati, sehingga proses pendinginan tidak dapat terjadi.

AC tidak dapat di remote
Misalkan suhu pada remote kontrol telah kita atur pada rentang suhu 17°C, AC tidak akan dapat mencapai suhu tersebut, karena unit kompresor akan sering mati.


Lampu indikaor pada indoor berkedip-kedip
Pada beberapa merk AC tertentu, akan menyala lampu indikator sebagai tanda bahwa thermistor tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Pada beberapa AC, muncul suara indikator bip-bip
Demikian juga pada beberapa jenis AC akan mengeluarkan bunyi bip-bip atau sejenisnya, yang menandakan bahwa thermistor gagal bekerja.

Jika telah diketahui masalah pada AC adalah pada thermistornya, maka komponen tersebut harus kita ganti. Letak thermistor pada AC split terdapat pada bagian unit indoor. Socket thermistor terhubung ke PCB sedangkan bulb-nya menempel pada pipa evaporator.

cara servis ganti termis AC split rusak

Langkah Mengganti Thermistor AC

Untuk melakukan servis atau ganti thermistor/termis AC Split, anda bila mengikuti langka-langkah berikut. Semoga kerusakan pada thermis AC yang anda alami dapat teratasi. Berikut ini langka-langkahnya:
  1. Matikan sumber listrik
  2. Buka casing unit indoor AC
  3. Lepaskan thermistor dari socket PCB
  4. Ganti thermistor dengan yang baru. Pastikan bentuk socket thermistor yang baru sama persis dengan yang lama.
  5. Setelah thermistor terpasang seperti semula, lanjutkan dengan memasang cassing indoor.
  6. Lakukan pengecekan untuk memastikan thermistor bekerja normal.

Demikianlah cara mengganti thermistor yang rusak pada AC split di rumah. Mudah bukan? Jika anda kesulitan dalam melakukannya, silahkan hubungi teknisi terdekat, agar AC anda kembali normal. www.dinginaja.com


Pemahaman Materi:

Jawablah beberapa pertanyaan di bawah ini untuk mengetahui pemahaman anda tentang kerusak thermistor AC Split.

Next Post Previous Post
20 Comments
  • Ahmad Shah Laupa
    Ahmad Shah Laupa 23/9/19 20:24

    Wah boleh dicoba nih tutorial Mengganti Thermistor AC yang Rusak.... Pembahasannya mudah dimengerti auto dicobain :)

    • Admin
      Admin 24/9/19 17:32

      Simak terus artikel lainnya

  • fajar
    fajar 30/10/19 23:43

    untuk mengganti thermistor yang rusak, apakah cuma dilihat ukuran bentuk yg sama atau ada spesifikasi tertentu / no seri tertentu?

    • Admin
      Admin 31/10/19 09:59

      Untuk mengganti thermistor yang rusak, usahakan untuk mencari sparepart yang sesuai dengan seri/tipe AC.
      Ukuran socket kabel thermistor juga harus sama, agar bisa dipasang. Semoga membantu.

  • sidqi fahmi
    sidqi fahmi 16/11/19 18:55

    Mantap gan artikelnya

  • Refdi prayoga saputra
    Refdi prayoga saputra 7/4/20 20:58

    Sangat membantu artikel nya pak
    Pengalaman saya tentang thermistor jadi dulu ditempat pkl kami pernah mengganti PCB ac yg rusak dan menggantinya menggunakan PCB multi / universal
    thermistornya pun ikut diganti, dan menggunakan thermistor bawaan dari PCB universal tersebut, ternyata thermistor yang di bagian pipa evaporator lebih sensitif dibandikan thermistor bawaannya yang dahulu
    karna Sifat dan karakter PCB Universal kan tidak diatas standar pabrikan oleh karena itu akurasinya tidak bisa dijadikan standar sehingga thermistor pada PCB juga tidak bisa standar dalam membaca kondisi suhu,
    Jadi kami meletakan thermistornya pun agak dijauhkan dari pipa evaporator

  • Bayu Cakra Wibowo
    Bayu Cakra Wibowo 14/5/20 10:53

    Mantap gan sangat bermanfaat

  • Ayu Muchtar
    Ayu Muchtar 16/5/20 02:44

    Mati hidup ac jgbberpengaruh ternyata ya.

  • SN
    SN 16/5/20 03:15

    Jadi ngerti tentang masalah AC nih...
    Thanks gan.

  • MafiaTekno
    MafiaTekno 16/5/20 09:00

    Belum pernah mengalami kerusakan ini sih, soalnya belum pernah pasang AC

  • Reskia
    Reskia 16/5/20 09:34

    Bener tuh, kalo udah gak bisa diremote lagi itu tandanya AC mulai rusak. Pakek remote bawaan gak bisa, pakai remote hape juga gak bisa. Udah auto minta service wkwk

  • Siti Syarafina Hasyim
    Siti Syarafina Hasyim 16/5/20 11:13

    Widihh mamtep banget nih ilmunya ;) bisa di cobain sih bagi yang suka ngoprek-ngoprek sendiri, yang mau hemat tanpa harus panggil tukang AC.. siip mantap ;)

  • Gultom
    Gultom 16/5/20 19:39

    Permasalahan yang sering terjadi di sekretariat kami adalah AC yang tidak dapat di remote. Alhamdulillah, nemu artikel ini. terimakasih sudah share ya..

  • danz
    danz 17/5/20 10:54

    Jadi ac sering mati karna thermistor nya rusak

  • Malas Ngoprek
    Malas Ngoprek 17/5/20 14:57

    Duuhh akhirnya ketemu nih artikel, manggil tukang AC susah. Jadi bisa ganti sendiri terima kasih author

  • Hadi
    Hadi 17/5/20 15:31

    Duh meski dibaca berulang saya tetap gak ngerti gimana cara benerinny. Huhuhu

  • Kaksat
    Kaksat 17/5/20 19:14

    Saya mah tetep manggil tukang ac buat benerin wkwk, dasar males

  • Mas puji
    Mas puji 20/11/20 21:43

    Bos ac haier thermistor udah ganti yg biasa tp ga kuat lama, nyari yg ori blm dpt, apakah bs dijumper tampa thermis, trims.

  • Admin
    Admin 20/11/20 22:55

    Fungsi Thermistor kan untuk membaca suhu ruangan. kalo di jumper, maka AC tidak dapat membaca suhu ruangan. Kerja kompresor akan terganggu.., kompresor bisa bekerja terus-menerus, atau tidak bekerja.

  • airtech ac
    airtech ac 19/1/21 23:00

    Bos mau tanya
    Apakah ukuran tahanan termis ac dari merk lain sama atau berbeda

Add Comment
comment url