-->

Belajar Asik dengan Portal Rumah Belajar

Belajar Asik dengan Portal Rumah Belajar


Apa itu Portal Rumah Belajar?

Apakah Anda sudah pernah memanfaatkan sumber belajar dari internet? Pernahkan Anda mendengar tentang Rumah Belajar? PUSTEKKOM sebagai instansi di bawah Kemendikbud memiliki tugas dan fungsi untuk mengembangkan konten pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan oleh PUSTEKKOM yaitu mengembangkan sebuah laman yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran, baik siswa maupun guru. Rumah Belajar memiliki beberapa fitur yang terbagi menjadi fitur utama dan fitur pendukung.

Rumah Belajar dikembangkan sejak tahun 2011 hingga sekarang. Setiap tahun PUSTEKKOM mengembangkan fitur atau aplikasi baru di Rumah Belajar guna melengkapi kebutuhan pembelajaran untuk guru dan siswa. Di Rumah Belajar ada 8 fitur Utama yaitu Sumber Belajar, BSE, Bank Soal, Lab Maya, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, PKB, dan Kelas Maya. Seap fitur memiliki fungsi yang berbeda dan dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran sesuai kebutuhan. Agar Anda dapat memanfaatkan fitur-fitur utama dalam pembelajaran, sebaiknya Anda melakukan pendaaran atau registrasi di Rumah Belajar.


Portal rumah belajar

Rumah Belajar dapat diakses melalui alamat https://belajar.kemdikbud.go.id. Untuk download aplikasi android Rumah Belajar bisa melalui link berikut ini: 
Pada kesempatan ini, Anda akan mengenal fitur-fitur utama yang terdapat di Rumah Belajar. Apa saja fitur-fitur utama di Rumah Belajar.


Fitur utama Rumah Belajar



1. Sumber Belajar 


Dari 8 (delapan) fitur utama Rumah Belajar, hanya fitur SUMBER BELAJAR yang tidak memerlukan login akun pengguna. Anda dapat mengunduh konten dari Sumber Belajar tanpa harus login terlebih dahulu. 

2. Buku Sekolah Elektronik 

Fitur ini menyediakan buku sekolah elektronik dalam bentuk file .pdf yang dapat didownlod oleh pengguna. 

3. Bank Soal 

Bank soal digunakan untuk melakukan evaluasi seper lahan, ulangan, atau ujian. Guru dapat membuat soal sendiri sesuai topik dan jenis evaluasi yang diinginkan. 

4. Lab Maya 

Setelah Anda memilih kategori jenjang SMP atau SMA, kemudian Anda dapat memilih topik yang tersedia pada bagian kanan. Terdapat beberapa menu yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna, antara lain: 

- Melakukan percobaan secara online, 

- Mengunduh percobaan, 

- Teori yang dapat diunduh, berisi penjelasan penggunaan percobaan, 

- LKS yang dapat diunduh, berisi langkah-langkah percobaan dan pertanyaan yang terkait percobaan, 

- Referensi yang dapat isi oleh guru sebagai bahan bacaan tambahan untuk siswa, 

- Diskusi dan komentar yang dapat diisi oleh pengguna terkait percobaan yang dilakukan. 




Laboratorium Maya Rumah Belajar


5. Peta Budaya 



Peta budaya merupakan fitur yang berisi penjelasan sejarah, seni dan budaya, serta tradisi di setiap propinsi di Indonesia. Guna memudahkan siswa mempelajari budaya Indonesia, tersedia pula game “Next Doorland”. Pada game ini kita dapat mengenal kebudayaan yang ada di Indonesia dan Australia. Game ini juga sudah tersedia dalam versi android. Konten yang terdapat dalam fitur Peta Budaya dapat dibaca secara daring maupun luring. Bagaimana caranya? Anda harus masuk terlebih dahulu menggunakan akun yang telah dibuat pada saat membuka laman Rumah Belajar. 

6. Wahana Jelajah Angkasa 

Salah satu fitur yang dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk mempelajari system tata surya dan benda-benda ruang angkasa yaitu melalui fitur Wahana Jelajah Angkasa di Rumah Belajar. 

7. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan PKB 

Fitur PKB dapat Anda manfaatkan ketika mengikuti pelatihan secara daring. Anda hanya perlu masuk dan mencari jenis pelatihan yang tersedia, kemudian mendaftar pada kelas pelatihan tersebut. Selanjutnya Anda menunggu verifikasi dari penyelenggara pelatihan agar dapat mengikuti akvitas belajar secara daring.

8. Kelas Maya 

Kelas Maya di Rumah Belajar merupakan sebuah learning management system (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi terjadinya pembelajaran online (daring) antara peserta didik dan pendidik kapan saja dan di mana saja. Pada waktu tertentu yang terjadwal oleh pendidik, peserta didik dapat mengikuti pembelajaran virtual dengan pendidik melalui tool komunikasi sinkronous (chat, video conference, audio conference, desktop sharing, whiteboard). Strategi pembelajaran di Kelas Maya yaitu strategi pembelajaran lebih bersifat konstrukvisk yang menuntut pembelajar pembelajaran aktif dan berpusat pada peserta didik untuk mendorong keterampilan peserta didik. 

Kelas Maya ini merupakan sarana pembelajaran online bagi peserta didik dan pendidik belajar kapan saja, dimana saja, dengan siapa saja. Jadi model pembelajaran kelas maya yang dimaksudkan dalam rancangan ini yaitu suatu pembelajaran dalam jaringan (online) dengan menggunakan teknologi pembelajaran (Rumah Belajar) untuk merancang, menyampaikan, dan mengatur pembelajaran formal dan informal serta berbagi pengetahuan kapan saja, siapa saja dan dimana saja. Model pembelajaran kelas maya ini dirancang sebagai pelengkap kegiatan pembelajaran di kelas dengan lebih banyak pada akvitas asinkronus berdasarkan fasilitas TIK yang tersedia di sekolah

Itulah sedikit penjelasan cara Belajar Asik dengan Portal Rumah Belajar. Semoga bisa menambah semangat kita untuk terus belajar mengembangkan kemampuan kita.

9 Responses to "Belajar Asik dengan Portal Rumah Belajar"

  1. Sungguh sangat bermanfaat gan

    ReplyDelete
  2. mantap, Belajar Asik dengan Portal Rumah Belajar. Semoga bisa menambah semangat kita untuk terus belajar mengembangkan kemampuan kita. terima kasih banyak atas informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Terimakasih atas kunjungannya. Simak terus www.dinginaja.com ya

      Delete
  3. wih keren, ku suruh adek ku belajar di rumah pakai cara ini lah, mantap lah lanjutkan.

    ReplyDelete
  4. Kalo boleh saran font blog nya ganti ke font yang lain agar nyaman pas dibaca :3

    ReplyDelete

Featured post

Logo SMKN 2 Metro featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel