-->

Cara Setting / Setel Thermostat Kulkas

Cara Setting / Setel Thermostat Kulkas - Thermostat pada sebuah kulkas atau mesin pendingin merupakan piranti pengontrol suhu cabinet atau suhu ruang yang bekerja secara otomatis. Piranti ini akan memutuskan motor kompresor (cut off) dari jala-jala tegangan listrik, jika suhu ruang sudah mencapai nilai preset atau suhu yang ditentukan.

Dan thermostat akan menghubungkan motor kompresor ke jala-jala  tegangan (restart), jika suhu ruang berada di atas nilai yang diinginkan. Suhu cut off dapat diatur dengan memutar suatu knop yang terdapat pada body thermostat hingga mencapai harga batas yang diinginkan.


Pada umumnya thermostat didesain dengan konstruksi yang kompak. Semua bagian terbuat dari logam, dan dibuat dari logam anti karat (stainlees steel atau Zinc plated). 
Selain itu pada thermostat juga terdapat pendeteksi atau sensor suhu. 

Biasanya elemen pendeteksi suhu berupa bulb yang berisi gas refrigeran tertentu terhubung ke suatu membrane  (bellow)  melalui  pipa kapiler. Sensor ini akan menbaca suhu ruangan kabin dari kulkas, frezer atau showcase.

Tipe sakelar pada thermostat ada 2 jenis, yaitu SPST, atau SPDT, di mana kontak sakelar akan menutup bila suhu bulb naik, dan akan membuka jika suhu turun (telah dingin).

Kekuatan hantar arus kontak  thermostat adalah  6A pada tegangan 240 VAC hingga 20A pada tegangan 240 VAC. 

Cara pemasangan thermostat kulkas tidak susah. Namun perlu keterampilan tangan agar body kulkas tidak rusak.
Cara memasangnya dengan menggunakan dua buah sekerup M4, 55 mm, atau M10. 

Gambar dibawah ini adalah tipikal thermostat standar yang memiliki satu pengaturan yaitu pengaturan range. Thermostat jenis  ini lazim digunakan pada refrigerator/freezer untuk keperluan domestic.

Cara Setting / Setel Thermostat Kulkas


CARA SETTING / SETEL THERMOSTAT KULKAS


Menyetel Thermostat kurang dingin / tidak dingin

Menyetel thermostat yg kurang dingin padahal setelan suhu sudah maksimal yaitu dengan cara memutar baut ring suhu berlawanan arah jarum jam. Putarlah baut range blub dengan setengah putaran lalu tunggu hasilnya, kalau masih belum pas, silahkan putar setengah lingkaran kembali arah berlawanan jarum jam.

Menyetel Thermostat yang terlalu dingin

Menyetel thermostat yang terlalu dingin hingga bunga es di evaporator terlalu cepat tebal dengan cara kebalikan dengan cara diatas, yaitu dengan cara memutar arah jarum jam setengah lingkaran pada baut range blub suhu. 

Tunggu hasilnya dahulu, bila belum pas sesuai dengan yang diharapkan yaitu mesin compressor tidak mau mati saat suhu tercapai. Silahkan putar kembali searah jarum jam sebanyak setengah lingkaran.

Menyetel Thermostat untuk memperpanjang lama waktu  compressor hidup kembali.

Cara menyetel thermostat agar compresor tidak cepat hidup kembali dengan cara memutar baut diferential yang letaknya di dekat pin soket thermostat. 

Waktu jeda compresor hidup kembali normalnya sekitar 10 menit sampai 15 menit. Hal ini untuk memberikan waktu agar tekanan gas refrigrant kembali seimbang agar mesin compresor pada saat hidup kerjanya tidak terlalu berat.

Demikian cara setting pengatur suhu (thermostat) yang bisa diterapkan pada thermostat kulkas, freezer, atau showcase.


0 Response to "Cara Setting / Setel Thermostat Kulkas"

Post a Comment

Featured post

Logo SMK Muhammadiyah 3 Metro featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel