Cara Mengisi Refrijeran (Freon) pada Kulkas Berdasarkan Bunga Es

Daftar Isi

Mengisi Freon pada Kulkas Berdasarkan Bunga Es

Pengisian freon atau refrigeran pada kulkas dilakukan apabila kulkas tidak lagi dapat mendinginkan bahan makanan yg ada di dalamnya. Namun perlu diketahui juga, bahwa penyebab kulkas tidak dingin itu ada bermacam-macam. Tidak hanya disebabkan oleh freon yang berkurang atau habis. 

Di artikel ini akan dibahas tentang cara mengisi freon berdasarkan bunga es. Cara ini sering dipakai apabila kita tidak mengetahui nilai ampere kompresor kulkas. Jadi pengisian freon nya dengan cara mengamati bunga es atau salju pada saat kita menambah atau mengisi freon.


Mengisi Freon Berdasarkan Bunga Es atau Salju pada Kulkas

Pengisian refrijeran atau freon pada kulkas dapat dilakukan dengan berbagai cara atau metode. Metode yang dimaksud di sini adalah dasar atau patokan dalam mengisi refrijeran atau freon ke dalam sistem kulkas.

Kita dapat mengisi refrijeran dengan berdasarkan beberapa patokan. Diantaranya adalah berpatokan pada berat refrijeran atau bahan pendingin, berdasarkan arus listrik, dan lain-lain. Yang kita bahas saat ini adalah pengisian refrijeran pada kulkas dengan berpatokan pada banyaknya bunga es yang terbentuk di bagian evaporator kulkas. 

Garis besar cara pengisian refrijeran pada kulkas adalah dengan berpatokan pada banyaknya bunga es di bagian evaporator (freezer) adalah dengan menambahkan refrijeran hingga evaporator menjadi dingin. Dinginnya evaporator ini ditandai dengan terbentuknya bunga es di permukaan evaporator.

Metode ini dapat dikerjakan baik pada kulkas satu pintu ataupun kulkas dua pintu. Pada kulkas satu pintu kita dapat langsung melihat terbentuknya bunga es pada evaporator (freezer). Pada kulkas dua pintu kita lebih dulu membuka penutup di bagian evaporator yang terdapat fan (kipas) evaporator.



Alat dan Bahan untuk Mengisi Freon Kulkas

  • Peralatan las gas
  • Refrijeran R-134a
  • Pentil pengisian
  • Manifold
  • Kompresor tekan
  • Pompa Vakum
  • Bahan tambah perak
  • Vise Grip (pinch-off tool)
  • Air Sabun

Gambar Cara Mengisi Freon Kulkas 


cara mengisi freon pada kulkas

Gambar yang rapi. Beri keterangan pada gambar masing-masing.


Langkah-Langkah Pengisian Freon pada Kulkas

  1. Siapkanlah alat dan bahan yang akan digunakan. 
  2. Pasang pentil pengisian pada kompresor dengan menggunakan peralatan las.
  3. Lakukan cek kebocoran pada sistem kulkas dengan menggunakan kompresor tekan dan air sabun.
  4. Jika tidak ada kebocoran, lakukan pemvakuman kulkas dengan menggunakan pompa vakum selama kurang lebih 15 menit hingga mencapai 30 inHg.
  5. Setelah selesai pemvakuman, lanjutkan dengan melakukan pengisian refrijeran R-134a secara perlahan-lahan. Harus dilakukan secara perlahan adalah agar refrijeran dipastikan bersirkulasi dengan baik di dalam sistem.
  6. Isi kulkas dengan refrijeran seabnyak 5 psi hingga 10 psi, tergantung dengan spesifikasi kulkas.
  7. Pengisian ini dilakukan dengan memperhatikan bunga es yang terbentuk di bagian evaporator. Terbentuknya bunga es adalah pada saluran masuk evaporator hingga saluran keluar evaporator.
  8. Setelah selesai melakukan pengisian, buntu pentil pengisian dengan menggunakan vise grip (pinch-off tool).
  9. Potong pentil pengisian, dan lakukan pengelasan pada ujung pentil yang telah dipotong tadi.
  10. Pastikan kualitas pengelasan baik, agar tidak terjadi kebocoran refrijeran.
  11. Rapikan tempat praktek. Selesai.

Pertanyaan Seputar Pengisian Freon  pada Kulkas

Kapankah munculnya bunga es saat pengisian refrijeran kulkas?

Bunga es pada kulkas akan mulai muncul saat suhu di evaporator cukup rendah. Suhu yang rendah menandakan bahwa proses evaporasi sedang berjalan di evaporator. 

Kenapa pipa kondensor panas? 

Pipa kondensor panas karena mendapatkan tekanan dari kompresor. Suhu dan tekanan freon yang tinggi akan mengakibatkan temperatur kondensor naik (panas). 

Kenapa evaporator dingin? 

Suhu dingin pada evaporator menandakan bahwa proses evaporasi sedang berjalan di evaporator. Freon yang mengalir di vaporator akan menyerap panas, sehingga suhu permukaan evaporator menjadi dingin. 

Posting Komentar