-->

Mudah Belajar Pemrograman dengan Arduino


Mudah Belajar Pemrograman dengan Arduino


Pemrogaman sudah menjadi kebutuhan penting di era teknologi informasi ini. Meskipun sekarang sudah banyak alat-alat elektronik yang sifatnya otomatis sudah banyak beredar dipasaran, namun membuat progam sendiri untuk kebutuhan yang lebih spesifik akan tetap diperlukan. Progam komesil belum tentu sesuai dengan permasalahan yang akan dihadapi. Belajar elektronika dan coding tidak butuh waktu yang lama. 

Pemrogaman bukan pekerjaan yang sulit karena dengan Arduino semua bisa. Arduino sudah memiliki wadah komunitas secara global, dimana belajar pemrogaman sudah bisa diakses secara global hanya dengan melalui internet. 

Semakin hari kegiatan memperogam sudah menjadi kebutuhan tersendiri bukan hanya karena hobi, tapi karena tuntutan permasalahan yang sekarang ini harus diselesaikan dengan otomatisasi. Sebagian besar orang belajar memprogam dari Learning by doing. Memprogam membutuhkan metode yang baik supaya hasil progam bisa maksimal.


Apa Itu Arduino?

Arduino merupakan platform open-source yang mudah digunakan dalam membuat suatu projek berbasis pemrogaman. Arduino Board mampu membaca inputan berupa sensor, tombol dan mengolah menjadi outputan seperti mengaktifkan motor, menyalakan LED dan sebagainya. Pemprogaman Arduino Board dilakukan dengan memberikan instruksi tertentu dengan menggunakan bahasa pemrograman Arduino, dan Software Arduino (IDE).

Pemrograman arduino untuk pemula

Mengapa Arduino?

Arduino dapat bekerja di Mac, Windows, dan Linux. Semua  orang bisa membuat instrumen ilmiah menggunakan Arduino untuk membuktikan prinsip-prinsip kimia dan fisika, atau untuk memulai dengan pemrogaman robotika. Jadi Arduino adalah salah satu kunci untuk belajar hal-hal baru.

Siapapun seperti anak-anak, seniman, progamer dan penghobi elektronika dapat memulai menggunakan arduino hanya dengan mengikuti tutorial, kit maupun berdiskusi secara online dengan anggota komunitas Arduino baik di Facebook, Twitter maupun web arduino.cc dan komunitas di daerah anda.

cara mudah belajar arduino

Keuntungan Menggunakan Arduino

Arduino menyederhanakan proses bekerja dengan mikrokontroler, tetapi menawarkan berbagai keuntungan bagi guru, siswa, dan semua orang yang tertarik dengan Arduio seperti:
  • Murah – Arduino Board relatif murah kalau di Indonesia dr harga Rp 100.000 - Rp 400.000, harga tersebut bisa kalian temukan dari Arduino yang clone sampai Arduino yang asli.
  • Cross-platform – Software Arduino (IDE) lebih fleksibel karena dapat digunakan di Windows, Macintosh OSX, dan sistem operasi Linux. Kebanyakan software mikrokontroler hanya tersedia di Windows.
  • Sederhana untuk dipelajari – Software Arduino (IDE) mudah digunakan untuk pemula dan tingkat lanjut.
  • Open Source dan Software ekstension – Perangkat lunak Arduino diterbitkan sebagai alat Open Source. Bahasa yang digunakan ialah bahasa C untuk AVR dan dapat dikembangkan lagi untuk membuat library melalui C++. 
  • Open source dan hardware extensible – Arduino Board diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons, sehingga dapat dikembangkan dengan membuat versi mereka sendiri sesuai dengan kebutuhan. Bahkan pengguna yang relatif tidak berpengalaman dapat membangun versi papan arduino untuk memahami cara kerjanya dan menghemat uang.
Untuk lebih mudah belajar bahasa pemrograman lainnya, lebih mudah dengan mempelajari tutorialnya di panduancode.

0 Response to "Mudah Belajar Pemrograman dengan Arduino"

Post a Comment

Featured post

Logo SMK Muhammadiyah 3 Metro featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel