Virus Corona Dapat Menyebar Lewat HP Xiaomi?


Virus Corona Dapat Menyebar Lewat HP Xiaomi?


Saat ini ramai sekali diperbincangkan mengenai serangan virus Corona. Virus corona yang awalnya menyebar di Wuhan, Tiongkok, membuat pihak pemerintah China kewalahan.
Beredar konten di media sosial yang mengatakan bahwa virus corona dapat menyebar lewat HP Xiaomi.

penularan virus corona xiaomi




Konten ini cukup banyak dishare di media sosial baik Facebook maupun Twitter. Benarkah demikian??

virus corona menular lewat hp xiaomi


Ternyata hal itu tidaklah benar. Berikut penjelasan dari KemenKes RI yang meluruskan isu yang beredar di masyarakat jika virus corona dapat menyebar lewat HP Xiaomi atau barang impor China.

Achmad Yurianto selaku Sekretaris Ditjen P2P Kemenkes menjelaskan virus corona tidak akan pernah bisa hidup jika menempel di benda mati. Menurutnya, masyarakat tidak usah khawatir untuk menggunakan produk dari China.

"Virus ini hanya bisa hidup di sel hidup, oleh karena itu terkait dengan barang-barang dan sebagainya sudah dengan tentu ini bukan sel hidup, sehingga ini juga akan mati sehingga sangat tidak memungkinkan kalau ini menular melalui barang-barang, pakaian atau produk apapun sehingga ini juga harus kami jelaskan ke masyarakat tidak perlu takut berlebihan terkait itu," kata Achmad dalam konferensi pers di Kemenlu, Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020).

Sejak kota Wuhan di Tiongkok ditutup beberapa hari lalu akibat wabah virus corona, sejumlah perusahaan negeri Tirau Bambu itu beramai-ramai memberikan bantuan. Salah satunya adalah perusahaan raksasa Xiaomi.

Xiaomi memberikan bantuan pasokan alat-alat medis, seperti thermometer, masker medis, dan masker N95. Bantuan yang diberikan oleh Xiaomi mencapai 300 ribu Yuan atau sekitar Rp 587 juta.

Virus corona atau Coronavirus (CoV) merupakan salah satu virus yang dapat menyebabkan pilek, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan demam. Penularan virus corona ini dapat melalui pernapasan, kontak langsung atau tidak langsung dengan pengeluaran sekresi dari yang terinfeksi. 

Berdasarkan penjelasan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) penularan virus corona ini dapat terjadi melalui kontak dekat dengan pasien atau orang yang terjangkit virus itu. Misalnya batuk atau bersin.

Virus ini menular bisa lewat pernapasan, percikan ludah, terkena napas atau batuk dari orang yang positif terjangkit virus corona itu. Juga jika terjadi kontak langsung ke makanan yang dimakan orang terinfeksi virus itu. Media penularan yang lain dapat berasal dari hewan ke manusia.


1 Response to "Virus Corona Dapat Menyebar Lewat HP Xiaomi?"

  1. Banyak banget berita kek gitu yang beredar, Saya sendiri heran dengernya, kok bisa virus menyebar melalui ponsel. Kalau ngakak sih pasti IYA😂😂

    ReplyDelete

Featured post

Menumbuhkan Gaya Berpikir Kreatif Siswa SMK featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel