7 Cara Efektif Menghemat Pemakaian Listrik di Rumah


Bingung, bagaimana cara menghemat pemakaian listrik di rumah? Atau tagihan listrik di rumah anda membengkak? Tapi anda tidak tahu cara menurunkan tagihan listrik? Yuk, coba simak artikel kita tentang 7 Cara Efektif Menghemat Pemakaian Listrik di Rumah berikut ini.

Tagihan listrik yang membengkak akan akan sangat menyebalkan. Apalagi jika pemakaian listrik dirumah kita biasa-biasa saja. Sebaiknya coba kita mulai memperhatikan pemakaian listrik di rumah.
Apakah rumah anda banyak menggunakan peralatan-peralatan elektronik? Beban tagihan listrik dapat meningkat jika kita banyak menggunakan berbagai peralatan listrik dan elektronik.

AC, Kulkas, TV, setrika, atau dispenser adalah contoh beberapa peralatan listrik yang cukup banyak konsumsi dayanya. Jika setiap anggota keluarga tidak memperhatikan hal ini, maka bisa di pastikan tagihan listrik bulanan anda akan besar.

Lalu bagaimanakah cara menghemat listrik dirumah?

Banyak cara yang bisa kita siasati untuk bisa menghemat pemakaian listrik di rumah. Berikut ini beberapa langkah menghemat listrik:

Jangan Boros dalam Penggunaan Listrik

Saat ini hampir semua perlalatan rumah tangga menggunakan listrik. Sejak bangun tidur, hingga tidur kembali, kita selalu menggunakan peralatan listrik. Walaupun ketergantungan kita terhadap listrik sangat tinggi, cobalah untuk bijak dalam menggunakan listrik.

Janganlah anda boros dalam menggunakan listrik. Lakukan berbagai cara penghematan listrik yang mungkin bisa kita lakukan di rumah. Semisal tidak menggunakan AC atau kipas angin sepanjang hari.

Tidak menyalakan lampu secara sembarangan. Dan berbagai macam penghematan lain yang bisa kita lakukan.

Anda juga harus memperhatikan setiap anggota keluarga anda di rumah. Ajarkan anggota keluarga untuk selalu berhemat. Ingatkan orang tua, saudara, dan anak-anak dalam penggunaan listrik.

Gunakan Lampu Seperlunya

Seringkali kita terbiasa – entah itu sengaja atau tidak – menyalakan lampu penerangan sepanjang hari.

cara efektif menghemat listrik

Lampu kamar mandi misalnya. Kebanyakan orang berpikir bahwa tidak masalah jika lampu kamar mandi dibiarkan menyala sepanjang hari. Dengan alasan, ruangannya hanya kecil, atau daya lampunya yang rendah, sehingga tidak masalah dinyalakan sepanjang hari.

Eits.., tunggu dulu. Walaupun ruangannya kecil, atau daya lampunya rendah, namun jika dinyalakan sepanjang hari tentu sama saja penggunaaan listriknya akan banyak. Dan itu merupakan pemborosan listrik.

Sebaiknya, gunakan lampu penerangan saat diperlukan saja. Terapkan di setiap ruangan di rumah anda.

Mematikan lampu teras atau halaman belakang rumah ketika telah pagi hari. Jangan sampai kita sudah berangkat bekerja tapi lupa mematikan lampu teras depan rumah kita.

Pilihlah Lampu Hemat Energi

Gunakanlah lampu hemat energi di rumah anda. Penggunaan lampu hemat energi akan sangat terasa dapat menghemat pemakaian listrik.

tips menghemat listrik


Lampu hemat energi bisa anda dapatkan di toko-toko listrik dengan mudah. Saat ini lampu hemat energi yang banyak dicari adalah jenis lampu LED.

Lampu LED memungkinkan untuk menurunkan konsumsi daya listrik. Karena teknologi yang ada pada lampu LED dapat memancarkan cahaya yang lebih terang dari lampu biasa, namun dengan daya yang lebih kecil.

Jika di rumah anda masih banyak menggunakan lampu pijar, maka sebaiknya anda menggantinya dengan lampu hemat energi. Lampu pijar, disamping dayanya lebih besar, cahayanya pun berwarna kuning dan kurang terang bila dibandingkan dengan jenis lampu LED.

Segeralah beralih ke lampu hemat energi.

Gunakan AC Seperlunya

AC merupakan peralatan listrik yang konsumsi daya listriknya cukup besar. Dengan pemakaian yang intens, maka bisa dipastikan penggunaan daya listrik akan bertambah besar.

Untuk AC ukuran ½ PK mempunyai daya sekitar 400W-500W. AC ukuran ¾ PK memiliki konsumsi daya sekitar 500W-600W. Dan konsumsi daya listrik untuk AC ukuran 1 PK sebesar 600W-750W.
Besaran di atas adalah untuk tipe-tipe AC standar. Untuk AC berdaya rendah atau low watt, maka bisa menekan konsumsi daya lebih baik lagi. AC low watt telah didesain sedemikian rupa sehingga dengan teknologi yang dimilikinya dapat menurunkan pemakaian daya untuk unit kompresornya.

Untuk anda yang berencana memasang AC baru, pilihan AC low watt bisa anda pertimbangkan.
Dengan besarnya daya pada AC, maka gunakanlah AC seperlunya saja. Agar pemakaian listrik tidak boros.

Aturlah setting suhu sesuai dengan kebutuhan. Mengatur suhu remot AC pada posisi paling dingin akan membuat kompresor AC akan terus bekerja. Hal ini tentu saja membuat konsumsi listriknya akan besar.

Gunakan Peralatan Listrik Berdaya Rendah

Cara menghemat pemakaian listrik selanjutnya berkaitan dengan penggunaan peralatan listrik.
Di rumah anda pasti banyak peralatan listrik yang anda miliki. Contohnya seperti, TV, kipas angin, setrika, penanak nasi, kulkas, AC dan lain sebagainya. Kesemua peralatan listrik itu dapat menghabiskan daya listrik yang cukup besar.

Setrika listrik dan penanak nasi cenderung menghabiskan daya yang besar saat beroperasi. Hal ini disebabkan karena peralatan tersebut menggunakan elemen pemanas di dalamnya. Penggunaan elemen pemanas tersebut membutuhkan daya listrik yang besar.

Untuk itu pilihlah peralatan elektronik berdaya rendah ketika anda hendak membeli barang-barang tersebut.

Cabut kabel peralatan listrik yang tidak digunakan

Kedengaranya hal ini agak aneh ya? Namun hal ini bisa menghemat listrik juga lho. Berikut ini penjelasannya.

Setiap peralatan listrik pasti terdapat komponen-komponen listrik di dalamnya. Saat beroperasi, jelas komponen-komponen ini membutuhkan energi listrik.

Namun, saat tidak beroperasi (stanby) pun komponen-komponen ini tetap mengkonsumsi daya listrik, meskipun dalam jumlah yang kecil.

Misalnya begini..

Anda biasanya menonton TV hanya 1-2jam dalam sehari. Atau jika anda senang menonton TV mungkin sampai 5 jam dalam sehari. Nah sekarang pertanyaannya; berapa lamakah TV dalam keadaan tidak ditonton?

TV anda akan berada dalam kondisi stanby atau tidak ditonton selama 19-22jam dalam sehari. Waktu yang lama bukan? Nah, di sinilah terjadi konsumsi daya listrik yang tidak kita sadari. Yang jika ini terjadi setiap hari maka cukup banyak juga menghabiskan daya listrik.

Untuk menghemat listrik tersebut, sebaiknya cabut kabel daya peralatan listrik ketika tidak digunakan. Selain pada TV, anda bisa mencabut kabel power kipas angin, radio tape, computer, AC dll.

Gunakan listrik sistem Pulsa

Tips hemat listrik berikutnya adalah dengan menggunakan listrik sistem pulsa.
Sekarang ini PLN telah mengharuskan pemakain listrik sistem pulsa untuk pemasangan baru. Sistem pulsa ini bersifat prabayar.

Dengan sistem pulsa, anda harus membeli token listrik dengan jumlah tertentu sebelum bisa memakai listrik. Secara tidak langsung, maka hal ini akan mengharuskan anda untuk lebih cermat dan bijak dalam pemakaian listrik di rumah.

Pembelian token listrik bisa diatur sesuai dengan kebutuhan, sehingga lebih dapat mengontrol pemakaian listrik. Sesuaikan dengan pemakaian listrik bulanan anda.

Itulah tadi beberapa cara menghemat pemakaian listrik yang bisa diterapkan di rumah anda. Mungkin beberapa sudah anda terapkan, dan yang lain bisa anda coba terapkan juga. Semoga artikel ini memberi manfaat bagi anda.


Next Post Previous Post
12 Comments
  • Nur Asiyah
    Nur Asiyah 4/8/20 04:19

    Lampu hemat energi biasanya lebih mahal dan itulah yang sering dipikirkan orang-orang. Padahal meskipun terkesan mahal di awal, tetapi lampu tersebut akan mengurangi biaya pengeluaran listrik

  • Greyside
    Greyside 4/8/20 12:17

    Memang sih, kalo pakai Jenis Token Listrik, bisa mengetahui berapa sih pemakaian yang diapakai selama sebulan.
    apalagi di tengah pandemi gini, kalo yang pakai abudemen malah naik sendiri, padahal pemakaian listrik perbulan masih sama seperti bulan lalu.

  • Muhammad Elfanza
    Muhammad Elfanza 4/8/20 13:38

    Kalo saya biasanya saat siang hari suka matiin lampu gan karena cahaya matahari juga sudah cukup menerangi aktivitas di siang hari

  • Affan Farizi
    Affan Farizi 4/8/20 15:02

    Beruntungnya tinggal di daerah yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Nggak perlu pakai ac yang bakal ningkatin pemakaian listrik

  • Said Abiansyah
    Said Abiansyah 4/8/20 19:36

    ini dirumahku, suka melihat tv hingga sampai tertidur, ya gimana lagi ya hehehe :)

  • M Adam Mubarok, S.H
    M Adam Mubarok, S.H 5/8/20 06:19

    Hemat energy, hemat biaya pemakainya. Memakai listrik secukupnya aja. Ini dan tips lainya. Makasih tipsnya gan

  • al
    al 5/8/20 17:59

    TV sama kulkas nih yang susah buat dikurangin pemakaiannya. Kalo yang lainnya sih udah seperlunya aja nih makenya. Apalagi lampu, kalo malem pasti pada matiin lampu, cuman lampu depan sama belakang aja yg nyala

  • Indah Melati
    Indah Melati 5/8/20 18:59

    Pas banget lagi rame-ramenya tentang tagihan listrik yang membengkak. Cukup tersentil liat tips tipsnya karena kadang suka males cabut kabel-kabelan yang nempel di stopkontak hahah

  • Kuskus Pintar
    Kuskus Pintar 5/8/20 20:42

    Kadang heran aja, kenapa sih siang-siang ngidupin lampu di rumah kan itu bikin boros :(

    Wah padahal itu efektif ya untuk menghemat penggunaan listrik.

  • Ahli
    Ahli 6/8/20 09:54

    nah ini udah saya terapin duluan gan buat menghemat listrik dirumah.
    berasa banget soalnya kalo gak diterapin berhemat listrik.

    tio-iotomagz

  • Naka Rhythm
    Naka Rhythm 6/8/20 18:17

    Kalau saya biar hemat listrik pas tidur lampu di matiin, dan nanti tips agan akan saya coba soalnya sangat efektif

  • A asep
    A asep 12/8/20 08:05

    Wah perlu do coba nih untuk menghematpemakaian listrik dirumah

Add Comment
comment url