-->

» Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasi Bunga Es pada Kulkas

Bunga Es pada Kulkas

Anda bingung, darimana munculnya tumpukan bunga es di kulkas anda? Dan tidak tahu bagaimana cara mengatasinya? Jika kulkas di rumah anda mengalami kejadian seperti itu, maka coba simak pembahasannya berikut ini.

Penyebab dan bagaimana cara mengatasi bunga es pada kulkas

Apa Penyebab Munculnya Bunga Es pada Kulkas?

Bunga es yang muncul di kulkas kita kerap membuat jengkel. Karena kita mesti membersihkan bunga es tersebut. Jika tidak di bersihkan, maka lama-kelamaan bunga es tersebut kan semakin tebal. Sehingga ruang kabin di kulkas menjadi sempit. Atau bahkan bahan makanan yang ada di kulkas menjadi tertimpah bunga es, sehingga sulit untuk dikeluarkan dari kulkas.

Penyebab timbulnya bunga es di kulkas adalah karena kita sering melakukan buka tutup pintu kulkas. Ketika kita membuka pintu kulkas, maka seketika udara dingin dari dalam kulkas akan keluar. Dan, udara hangat dari luar akan masuk ke dalam.

Udara dari luar mengandung uap air, sehingga uap air tersebut akan mengembun membentuk bunga es di bagian evaporator kulkas yang dingin. Karena itulah muncul bunga es yang menumpuk semakin tebal di bagian evaporator kulkas.

Bunga es ini dapat terjadi baik pada kulkas satu pintu maupun pada kulkas dua pintu. Pada kulkas satu pintu akan sangat terlihat tumpukan bunga es ini. Pada kulkas satu pintu akan lebih rentan muncul bunga es, karena pada kulkas satu pintu biasanya tidak terdapat defrost heater. Heater merupakan komponen tambahan yang berfungsi untuk mencairkan bunga es di evaporator.

Pada kulkas dua pintu jarang terdapat bunga es, karena kulkas dua pintu dilengkapi dengan defrost heater yang akan mencairkan bung es yang timbul di bagian evaporator kulkas.


Efek dari Bunga Es pada Kulkas

Bagaimana mengatasi bunga es pada kulkas
Makanan di kulkas tertutup bunga es


Bunga es yang menumpuk di kulkas dapat menyebabkan beberapa efek negatif yang dapat berpengaruh pada kulkas kita. Beberapa efek dari bunga es di kulkas adalah:

  • Pendinginan makanan menjadi tidak maksimal, karena evaporator terhalang oleh bunga es.
  • Menyulitkan saat mengambil bahan makanan di kulkas, karena terjepit bunga es.
  • Dapat menutupi saluran pembuangan pada kulkas, sehingga kulkas bisa banjir. Saluran pembuangan air yang buntu menyebabkan air buangan tidak dapat keluar, sehingga kulkas menjdai banjir.
  • Bunga es dapat menutup bagian sensor suhu kulkas. Akibatnya kulkas tidak dapat bekerja dengan optimal.
  • Bunga es dapat menjadi media perkembangbiakan bakteri pengganggu, sehingga makanan dapat lebih cepat rusak.
  • Dapat menyebabkan konsumsi listrik bertambah, karena kompresor bekerja terus menerus untuk mendinginkan makanan atau minuman.

Lalu bagaimana cara menghilangkan bunga es di evaporator pada kulkas satu pintu? Simak penjelasan berikut ini.


Cara Menghilangkan Bunga Es di Kulkas

Jangan pernah anda menggunakan pisau, garpu, atau benda tajam lainnya untuk mencongkel bunga es yang menempel di evaporator kulkas anda. Salah-salah, evaporator anda dapat berlubang akibat benda tajam tersebut. Evaporator terbuat dari plat aluminium yang cukup tipis. Jika plat aluminium ini terluka (bocor) maka bahan pendingin akan bocor. Dan kulkas anda tidak akan dapat mendinginkan makanan atau minuman lagi.

Untuk melakukan proses defrost atau proses mencairkan bunga es pada bagian evaporator kulkas, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Berikut ini adalah beberapa cara mencairkan bunga es di evaporator kulkas:

Pada kulkas dua pintu terdapat fungsi defrost yang berjalan secara otomatis. Jika ada bunga es di evaporator, maka defrost akan bekerja mencairkan bunga es tersebut.

Untuk kulkas satu pintu, anda dapat menekan tombol defrost yang ada pada kulkas. Saat tombol defrost ditekan, maka kompresor akan berhenti bekerja. Bunga es akan mencair secara alami. Saat bunga es sudah jatuh (tidak menempel) dari evaporator, anda dapat mengeluarkan bongkahan bunga es tersebut.

Jika kulkas satu pintu anda tidak mempunya tombol defrost, lakukan langkah berikut:

  • Biarkan pintu kulkas pada terbuka beberapa saat
  • Atur suhu kulkas menjadi tidak terlalu dingin
  • Biarkan selama beberapa saat hingga bunga es mencair
  • Anda dapat mempercepat dengan menggunakan kain yang telah direndam dengan air panas. Letakkan handuk panas tersebut pada bunga es, hingga bunga es mencair. Bersihkan lelehan bunga es dengan handuk tersebut.

 

Cara Mencegah Bunga Es pada Kulkas

Nah, untuk mencegah timbulnya bunga es pada kulkas anda, ada beberapa upaya yang dapat anda lakukan. Beberapa cara untuk mencegah bunga es di kulkas adalah sebagai berikut:

  • Kurangi frekuensi buka tutup pintu kulkas anda
  • Jangan memasukkan minuman atau makanan hangat/panas ke dalam kulkas anda
  • Jika terpaksa anda harus memasukkan makanan/minuman hangat, pastikan makanan dan minuman tersebut berada pada wadah tertutup. Wadah tertutup akan mencegah uap air menjadi bunga es di evaporator, karena akan tertahan oleh wadah tertutup itu.
  • Sesuaikan setting suhu dengan kebutuhan pendinginan. Jangan setel pada suhu yang sangat dingin.

Itulah tadi pembahasan menenai Penyebab Bunga Es pada Kulkas, dan Bagaimana Cara Mengatasinya. Semoga artikel ini dapat menjadi solusi masalah kulkas di rumah anda.


2 Responses to "» Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasi Bunga Es pada Kulkas"

  1. Kulkas di kantorku malah sampai penuh es dibagian atas, karyawannya pada egois gak mau neken tombol defrost. Untungnya sih gak ada makanan atau minuman yang diletakkan didalamnya. Jadinya pada cuek gitu. Kalo misalnya di defrost pasti akan nambah pekerjaan karena lelehan es akan bikin becek ruangan tersebut.

    Tapi suatu saat nanti haruslah di defrost biar ada ruang untuk menempatkan makanan atau minuman yang ingin dibekukan.

    ReplyDelete
  2. saya pernah waktu itu ngilangin Bunga Es di kulkas, padahal gk pake alat tapi malah pintunya ikut kebawa bunga es. Rusak deh...
    Terimakasih infonya mas, kedepan sya akan lebih hati - hati lagi dengan menerapkan tips mengatasi bunga Es di kulkas dari artikel ini.

    ReplyDelete

Featured post

Kelebihan dan Kekurangan Panggangan Gas (Gas Grill) featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel