-->

Cara Mengatasi Karet Pintu Kulkas yang Tidak Rapat


Karet Pintu Kulkas yang Tidak Rapat

Pernahkan anda mengalami kejadian saat menutup pintu kulkas tetapi yang terjadi adalah pintu kulkas tidak dapat tertutup dengan rapat? Atau karet pintu kulkas anda rusak, seperti bolong atau sobek? Jika itu terjadi pada kulkas anda, maka simak artikel berikut ini dengan seksama.

Karet Pintu Kulkas yang Tidak Rapat

Penyebab Pintu Kulkas Tidak Menutup Rapat

Apa penyebab masalah pintu kulkas tidak dapat menutup dengan rapat? Coba anda perhatikan pada bagian tersebut. Biasanya pintu kulkas tidak dapat tertutup dengan rapat akibat dari karet pintu yang bermasalah.

Masalah tersebut dapat berupa bentuk fisik karet yang menjadi keras. Atau ada bagian karet kulkas yang rusak, bolong atau sobek. Di gigit tikus, atau rusak karena dimakan usia.

Fungsi Karet Pada Pintu Kulkas

Sebelumnya, anda perlu mengetahui apa sih fungsi karet pada pintu kulkas itu? Ada beberapa fungsi karet yang terdapat di bagian pintu sebuah kulkas. Walupun terlihat sepele, namun karet yang menepel di pintu kulkas mempunyai peranan yang penting. Berikut ini adalah beberapa fungsi karet pintu pada kulkas.

Perekat bagian pintu dengan body kulkas

Yang pertama adalah sebagai perekat antara pintu dengan body kulkas. Pada karet pintu kulkas terdapat magnet yang dapat merekatkan pintu dengan body kulkas. Kalau anda ingin membuktikannya, cobalah tempelkan sebuah jarum atau besi logam yang kecil pada bagian karet pintu kulkas. Maka jarum atau benda logam tersebut akan menempel padanya.

Peredam suara

Karet di pintu kulkas juga berfungsi sebagai peredam suara saat menutup pintu kulkas. Coba bayangkan jika tidak ada pemisah antara pintu dengan body kulkas, maka saat ditutup akan menimbulkan bunyi benturan antara keduanya. Maka karet pada pintu kulkas juga berfungsi untuk menredam suara.

Menjaga suhu kulkas tetap dingin

Selain itu, karet pada pintu kulkas juga berfungsi untuk menjaga agar suhu kabin kulkas tetap dingin. Karet akan menjadi penyekat antara suhu dingin di dalam kulkas dengan suhu lingkungan yang lebih panas. Jika karet tidak menutup rapat, maka udara dingin dari dalam kabin akan keluar, dan udara dari luar kan masuk ke dalam kabin kulkas. Akibatnya kulkas menjadi tidak dingin.

Akibat Pintu Kulkas Tidak Rapat

Ada beberapa efek yang dapat timbul akibat masalah pintu kulkas yang tidak tertutup rapat.  
Pertama, dapat menyebabkan pemborosan listrik. Bagaimana bisa terjadi pemborosan listrik? Seperti disebutkan di atas, bahwa jika udara luar masuk ke dalam kabin kulkas, maka suhu dingin kulkas akan sulit tercapai.

Efeknya adalah kompresor kulkas akan bekerja terus menerus agar tercapai suhu dingin yang diinginkan. Namun karena ada kebocoran udara itulah, suhu dingin tidak akan tercapai. Dan hal ini berarti pemborosan listrik, karena kulkas akan bekerja secara terus-menerus tanpa henti.

Kedua, dapat memperpendek usia kompresor. Karena kompresor yang bekerja terus menerus untuk mendinginkan kabin kulkas yang bocor, maka dapat berakibat pada umur kompresor yang tidak dapat bertahan lama. Kompresor yang bekerja terus-menerus akan menimbulkan panas pada kompresor. Dan panas tersebut membuat daya tahan kompresor semakin berkurang dari waktu ke waktu.

Cara Mengatasi Masalah Karet Pintu Kulkas

Untuk masalah karet pintu kulkas yang menjadi keras, dapat anda lakukan dengan cara melunakkan bagian tersebut dengan menggunakan sebuah hair dryer atau pengering rambut. Caranya dengan memanasi karet pintu kulkas tersebut dengan panas yang sedang dan dengan pemanasan yang merata.

Cara Mengatasi Masalah Karet Pintu Kulkas tidak lunak


Panasi seluruh bagian karet kulkas yang keras tersebut dengan hati-hati dan merata. Jangan sampai karet kulkas malah menjadi rusak akibat panas yang berlebih dari hair dryer. Pastikan karet pintu kulkas menjadi lentur kembali. Setelah itu biarkan mendingin dengan sendirinya.

Untuk masalah karet kulkas yang bolong, berlubang atau sobek, sebaiknya dilakukan penggantian karet pintu kulkas. Untuk pekerjaan ini agak sedikit repot. Kita harus mengetahui ukuran pintu kulkas untuk mengganti karet yang rusak tersebut. Jika anda kesulitan, anda bisa menghubungi jasa servis kulkas terdekat di rumah anda.

Cara Mengatasi Masalah Karet Pintu Kulkas

Kesimpulan

Walaupun terlihat sepele, ternyata karet pada pintu sebuah kulkas sangat penting bagi kinerja kulkas kita. Perawatan dan perlakuan yang baik akan membuat karet pintu kulkas menjadi lebih awet. Semoga artikel tentang cara mengatasi karet pintu kulkas yang tidak rapat ini bisa menjadi solusi bagi kulkas di rumah anda.


Link Ulangan Harian SIR (1)
Kelas XI TPTU

Quiz Online dengan hape android

8 Responses to "Cara Mengatasi Karet Pintu Kulkas yang Tidak Rapat"

  1. Wah, ternyata pakai hairdyer ya, dulu punya kulksa yang memiliki masalah karet, tapi saya biarkan saja sampai kulkasnya rusak.

    ReplyDelete
  2. Nah biasanya karet-karet kayak gitu sering melekat di perabotan dapur sih emang. Rice cooker juga ada karetnya. Kalo kulkas menjaga suhu tetap dingin, mungkin rice cooker untuk menjaga suhu panas huehue

    ReplyDelete
  3. Detail seperti karet dalam kulkas banyak juga ya manfaat. Saya kira hanya merendam benturan pintu kulkas. Lebih dari itu bisa jadi boros pemakainya klo pintu kulkas rusak .hhe

    ReplyDelete
  4. Makasih ya artikel ny..
    Saya jadi nga perlu beli kulkas baru

    ReplyDelete
  5. Kalo solusi buat kulkas yang ketika ditutup atau dibuka timbul bunyi "ngiiikk" gitu kira kira kenapa dan bagaimana cara mengatasinya? apakah karena pada bagian engselnya kurang pelumas apa gimana

    ReplyDelete
  6. Biasanya kulkas saya tidak busa menutup karena keganjel sesuatu. Dan baru tahu nanganin masalah karet kulkas yg usang sehingga tidak rapat kulkas saat menutup adalah demikian.
    Terima kasih gan.

    ReplyDelete
  7. keren min tipsnya, bisa untuk refensi kalau pintu kulkasku seperti itu :)

    ReplyDelete
  8. Walaupun terlihat sepele ternyata karet pintu kulkas sangat penting ya gan. Sama halnya karet dipintu mobil dan dan lainnya.
    Jangan sampai gegara 1 karet yang rusak, membengkak tangihan listrik 🤭

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel