Cara Mengatasi Karet Pintu Kulkas yang Tidak Rapat

Penyebab Karet Pintu Kulkas yang Tidak Rapat

Karet pintu kulkas anda tidak rapat atau tidak lengket?  Saat anda menutup pintu kulkas tetapi yang terjadi adalah pintu kulkas longgar, atau tidak rapat karena karet sudah keras? Atau karet pintu kulkas anda rusak, seperti bolong atau sobek? Jika itu terjadi pada kulkas anda, maka simak artikel berikut tentang bagaimana cara mengatasi masalah karet pintu kulkas ini dengan seksama.

Karet Pintu Kulkas yang Tidak Rapat


Penyebab Pintu Kulkas Tidak Menutup Rapat

Apa penyebab masalah pintu kulkas tidak dapat menutup dengan rapat? Bisa jadi hal-hal berikut ini yang menjadi penyebabnya. Yuk, kita simak... 

1. Magnet karet pintu kulkas rusak

Coba anda perhatikan pada bagian karet di sisi dalam pintu kulkas tersebut. Biasanya pintu kulkas tidak dapat tertutup dengan rapat akibat dari karet pintu kulkas yang bermasalah. Magnet sudah tidak lengket lagi. 

2. Fisik karet yang keras

Masalah tersebut dapat berupa bentuk fisik karet yang menjadi keras karena dimakan usia. Kelenturan karet akan semakin berkurang sepanjang tahun, dan lama kelamaan akan mengeras. Karet pintu kulkas yang mengeras akan menyusut atau menciut dari keadaan aslinya, sehingga menyebabkan pintu kulkas menjadi longgar. 

3. Karet pintu sobek oleh gigitan tikus

Atau ada bagian karet pintu kulkas yang rusak, bolong atau sobek karena digigit tikus. Atau sobek karena sebab yang lain. Bagian yang berlubang akan menyebabkan hawa dingin keluar, sehingga kulkas menjadi tidak dingin secara maksimal. 

4. Terkena kotoran yang menumpuk

Bisa juga karena ada kotoran yang menempel di sela-sela karet. Kotoran yang menumpuk akan menyebabkan karet keras dan rusak. Kotoran akan mengganjal pintu sehingga tidak dapat tertutup rapat. Bersihkanlah secara rutin untuk menghindari dari kotoran yang menumpuk. 

Fungsi Karet Pada Pintu Kulkas

Sebelumnya, anda perlu mengetahui apa sih fungsi karet pada pintu kulkas itu? Ada beberapa fungsi karet yang terdapat di bagian pintu sebuah kulkas. Walaupun terlihat sepele, namun karet yang menempel di pintu kulkas mempunyai peranan yang penting. Berikut ini adalah beberapa fungsi karet pintu kulkas yang perlu anda ketahui.

1. Perekat bagian pintu dengan body kulkas

Yang pertama adalah sebagai perekat antara pintu dengan body kulkas. Pada karet pintu kulkas terdapat magnet yang dapat merekatkan pintu dengan body kulkas. Kalau anda ingin membuktikannya, cobalah tempelkan sebuah jarum atau besi logam yang kecil pada bagian karet pintu kulkas. Maka jarum atau benda logam tersebut akan menempel padanya.

2. Peredam suara

Karet di pintu kulkas juga berfungsi sebagai peredam suara saat menutup pintu kulkas. Coba bayangkan jika tidak ada pemisah antara pintu dengan body kulkas, maka saat ditutup akan menimbulkan bunyi benturan antara keduanya. Maka karet pada pintu kulkas juga berfungsi untuk menredam suara.

3. Menjaga suhu kulkas tetap dingin

Selain itu, karet pada pintu kulkas juga berfungsi untuk menjaga agar suhu kabin kulkas tetap dingin. Karet akan menjadi penyekat antara suhu dingin di dalam kulkas dengan suhu lingkungan yang lebih panas. Jika karet tidak menutup rapat, maka udara dingin dari dalam kabin akan keluar, dan udara dari luar kan masuk ke dalam kabin kulkas. Akibatnya kulkas menjadi tidak dingin.

Akibat Karet Pintu Kulkas Tidak Rapat

Ada beberapa efek yang dapat timbul akibat masalah karet pintu kulkas yang tidak tertutup rapat. 

Pertama, dapat menyebabkan pemborosan listrik. Bagaimana bisa terjadi pemborosan listrik? Seperti disebutkan di atas, bahwa jika udara luar masuk ke dalam kabin kulkas lewat karet pintu yang longgar, maka suhu dingin kulkas akan sulit tercapai.

Efeknya adalah kompresor kulkas akan bekerja terus menerus agar tercapai suhu dingin yang diinginkan. Namun karena ada kebocoran udara itulah, suhu dingin tidak akan tercapai. Dan hal ini berarti pemborosan listrik, karena kulkas akan bekerja secara terus-menerus tanpa henti.

Kedua, dapat memperpendek usia kompresor. Karena kompresor yang bekerja terus menerus untuk mendinginkan kabin kulkas yang bocor. Maka dapat berakibat pada umur kompresor yang tidak dapat bertahan lama. 
Kompresor yang bekerja terus-menerus akan menimbulkan panas pada kompresor. Dan panas tersebut membuat daya tahan kompresor semakin berkurang dari waktu ke waktu.

Cara Mengatasi Masalah Karet Pintu Kulkas Keras

Untuk masalah karet pintu kulkas yang menjadi keras, dapat anda lakukan dengan cara melunakkan karet kulkas keras tersebut dengan menggunakan sebuah hair dryer atau pengering rambut. Caranya dengan memanasi karet pintu kulkas tersebut dengan panas yang sedang dan dengan pemanasan yang merata.

karet pintu kulkas longgar


Panasi seluruh bagian karet pintu kulkas yang keras tersebut dengan hati-hati dan merata. Jangan sampai karet kulkas malah menjadi rusak akibat panas yang berlebih dari hair dryer. Pastikan karet pintu kulkas menjadi lentur kembali. Setelah itu biarkan mendingin dengan sendirinya.

Cara Mengatasi Masalah Karet Pintu Kulkas yang Bolong atau Sobek

Untuk masalah karet kulkas yang bolong, berlubang atau sobek, sebaiknya dilakukan dengan cara penggantian karet pintu kulkas. Untuk pekerjaan ini agak sedikit repot. Kita harus mengetahui ukuran pintu kulkas untuk mengganti karet yang rusak tersebut. Jika anda kesulitan, anda bisa menghubungi jasa servis kulkas terdekat di rumah anda.

Biaya ganti karet pintu kulkas antara Rp 25.000 hingga Rp 250.000

memperbaiki karet pintu kulkas

Kesimpulan

Walaupun terlihat sepele, ternyata karet pada pintu sebuah kulkas sangat penting bagi kinerja kulkas kita. Perawatan dan perlakuan yang baik akan membuat karet pintu kulkas menjadi lebih awet. Semoga artikel tentang cara mengatasi karet pintu kulkas yang tidak rapat ini bisa menjadi solusi bagi kulkas di rumah anda.


Next Post Previous Post
10 Comments
  • Greyside
    Greyside 31/7/20 19:48

    Wah, ternyata pakai hairdyer ya, dulu punya kulksa yang memiliki masalah karet, tapi saya biarkan saja sampai kulkasnya rusak.

  • Kuskus Pintar
    Kuskus Pintar 1/8/20 20:58

    Nah biasanya karet-karet kayak gitu sering melekat di perabotan dapur sih emang. Rice cooker juga ada karetnya. Kalo kulkas menjaga suhu tetap dingin, mungkin rice cooker untuk menjaga suhu panas huehue

  • M Adam Mubarok, S.H
    M Adam Mubarok, S.H 2/8/20 12:16

    Detail seperti karet dalam kulkas banyak juga ya manfaat. Saya kira hanya merendam benturan pintu kulkas. Lebih dari itu bisa jadi boros pemakainya klo pintu kulkas rusak .hhe

  • Zincer
    Zincer 2/8/20 13:08

    Makasih ya artikel ny..
    Saya jadi nga perlu beli kulkas baru

  • al
    al 2/8/20 17:00

    Kalo solusi buat kulkas yang ketika ditutup atau dibuka timbul bunyi "ngiiikk" gitu kira kira kenapa dan bagaimana cara mengatasinya? apakah karena pada bagian engselnya kurang pelumas apa gimana

  • Omegarion
    Omegarion 2/8/20 18:53

    Biasanya kulkas saya tidak busa menutup karena keganjel sesuatu. Dan baru tahu nanganin masalah karet kulkas yg usang sehingga tidak rapat kulkas saat menutup adalah demikian.
    Terima kasih gan.

  • Said Abiansyah
    Said Abiansyah 2/8/20 20:41

    keren min tipsnya, bisa untuk refensi kalau pintu kulkasku seperti itu :)

  • azhar b gultom
    azhar b gultom 3/8/20 07:01

    Walaupun terlihat sepele ternyata karet pintu kulkas sangat penting ya gan. Sama halnya karet dipintu mobil dan dan lainnya.
    Jangan sampai gegara 1 karet yang rusak, membengkak tangihan listrik 🤭

  • sawiji
    sawiji 19/5/21 23:27

    ok nih..info dan solusinya...makasih y mimin...

    • Admin
      Admin 22/5/21 22:09

      sama-sama..

Add Comment
comment url