Kawat Las Perak untuk Pengelasan Pipa Tembaga pada Kulkas dan AC


Kawat Las Perak untuk Pengelasan Pipa Tembaga pada Kulkas dan AC

Dalam pengelasan logam, selalu digunakan bahan tambah atau biasa disebut dengan kawat las. Kawat las banyak macam dan jenisnya. Penggunaan kawat las ini disesuaikan dengan logam yang akan disambung atau dilas.

Misalnya, pengelasan besi atau baja biasa menggunakan kawat las elektroda. Pengelasan logam kuningan menggunakan bahan tambah kawat kuningan. Soldering menggunakan kawat timah sebagai bahan tambahnya.

 kawat las untuk AC dan Kulkas

Untuk pengelasan pipa tembaga, misalnya pada kulkas atau AC, bahan tambah yang digunakan adalah kawat las perak. Kawat las perak ini pun ada banyak macamnya. Biasanya ditentukan oleh kadar kandungan perak di dalam kawat las tersebut.

Untuk keperluan brazing atau pengelasan dengan suhu rendah pada pipa tembaga, diperlukan bahan tambah perak agar pipa tembaga tersambung dengan kuat.


Jenis Kawat/Batang Las Perak

Salah satu jenis bahan tambah yang banyak dipakai oleh para teknisi refrigerasi adalah batang las perak. Bahan tambah ini digunakan untuk penyambungan pipa tembaga dengan pipa tembaga pada AC maupun pada kulkas.

Kawat/Batang Las Perak 15 (15% Silver Brazing Rod)

Dinamakan kawat las perak 15 adalah karena kandungan peraknya hingga 15%, sehingga konduktivitas panasnya menjadi tinggi. Bahan tambah ini tidak memerlukan flux dalam pengelasan.

bahan tambah las pipa tembaga


Flux merupakan suatu bahan tambahan yang fungsinya untuk mencegak terjadinya lapisan oksidasi pada saat pengelasan. Lapisan oksidasi akan menghambat bahan tambah kawat las untuk menempel pada logam. Akibatnya sambungan tidak rapat sempurna.

Kawat las perak ini tidak direkomendasikan untuk penyambungan bahan dasar logam ferrous (besi, dll). Ukuran batang las perak adalah 1/8" x .050" x 19.5". Komposisi bahan terdiri dari 15% Silver, 5% Phosphorus, 80% Copper.

Kawat/Batang Las Perak 5 (5% Silver Brazing Rod)

Kawat las perak jenis kedua adalah kawat las perak 5. Bahan tambah ini juga sering digunakan untuk penyambungan pipa tembaga dengan pipa tembaga. Kandungan peraknya hingga 5%, sehingga konduktivitas panasnya kurang tinggi.

Bahan tambah ini tidak memerlukan flux yang berfungsi membersihkan sambungan. Tidak direkomendasikan untuk penyambungan bahan dasar ferrous metal. 

Ukuran batang las perak ini adalah 1/8" x .050" x 19.5". Sedangkan untuk komposisinya terdiri atas 5% Silver, 6% Phosphorus, 89% Copper.


Batang Las Tembaga

Batang las tembaga berukuran 3/32" dia. x 19.5". Komposisinya batang las tembaga ini 93% nya adalah tembaga. Rinciannya adalah terdiri atas 0% Silver, 7% Phosphorus, 93% Copper.

kawat las tembaga

0 Response to "Kawat Las Perak untuk Pengelasan Pipa Tembaga pada Kulkas dan AC"

Post a Comment

Featured post

Cara Membuat Kelas Online dengan Google Classroom featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel