Macam-Macam Jenis Palu; Fungsi dan Cara Menggunakannya


Macam-Macam Jenis Palu dan Fungsinya

Kita semua pasti mengenal palu. Sebuah alat tangan yang multifungsi. Fungsi utama palu adalah untuk memukul. Keberadaan palu seringkali dibutuhkan pada berbagai pekerjaan sehari-hari. Biasanya palu dipergunakan terkait dengan pekerjaan mekanik atau teknik.

Palu memerlukan tenaga dari luar untuk penggunaannya. Dalam hal ini menggunakan tenaga manusia dalam pengoperasiannya.

Macam-Macam Jenis Palu dan Fungsinya Masing-Masing

Pengertian Palu

Palu atau martil merupakan peralatan tangan yang cukup penting untuk dimiliki di rumah. Fungsi utama dari sebuah palu atau martil adalah untuk memukul benda. Palu banyak digunakan untuk memaku, menghancurkan sesuatu, menempa logam, dan keperluan lain yang berhubungan dengan memukul benda.

Bagian utama dari sebuah palu atau martil adalah bagian kepala dan gagang. Kepala palu mempunyai banyak bentuk dan bahan pembuat yang berbeda-beda, tergantung peruntukannya.

Fungsi Palu

Seperti telah disebutkan di atas, palu mempunya berbagai macam fungsi, tergantung pada jens dan bentuknya. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari palu:

Memaku atau menancapkan paku

Fungsi utama dari palu ini adalah untuk memaku. Memaku adalah menancapkan paku pada berbagai macam bidang seperti kayu dan dinding.

Tidak semua orang dapat memaku dengan baik. Perlu keterampilan khusus dan harus sudah terbiasa untuk dapat memaku pada berbagai macam bidang.

Kesalahan yang sering terjadi pada saat memaku diantaranya adalah paku menjadi patah, atau tangan terpukul. Jadi kita harus berhati-hati dalam menggunakan palu untuk memaku.

Menghancurkan Sesuatu

Kerap kita melihat seseorang menghancurkan suatu benda dengan menggunakan palu. Misalnya memecahkan batu atau benda lain menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.

Menempa Logam

Untuk pekerjaan tempa, palu sangat dibutuhkan. Biasanya banyak digunakan oleh pandai besi. Mereka menggunakan palu untuk menempa logam menjadi bentuk perkakas lain seperti pisau, parang, cangkul, dan lain-lain.

Macam-Macam Bentuk Palu

Macam-macam palu digunakan untuk berbagai pekerjaan yang berbeda. Sesuai dengan fungsinya masing-masing, palu ada berbagai macam bentuknya. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Palu Godam atau Bodam


Bentuk palu godam atau bodam adalah yang paling besar bila dibandingkan dengan jenis palu yang lainnya. Beratnya bisa mencapai 6kg, dengan tangkai yang cukup panjang hingga mencapai 1m.

Palu Godam banyak dipakai pada pekerjaan tambang, pekerjaan bangunan untuk menghancurkan batu atau beton, dan juga dipakai pada pekerjaan pandai besi untuk menempa.

Palu Konde atau Bulat

Bentuk ujung kepala palu ini bulat seperti konde, maka banyak disebut dengan palu konde. Bagian depannya datar. Bagian yang datar berfungsi untuk memukul, sedangkan bagian yang bulat (konde) dapat digunakan untuk membuat cekungan pada benda.

Palu Paku atau Nail Hammer

Bagian depannya datar, berfungsi untuk memukul paku. Bagian belakuangnya berbentuk seperti cakar. Bagian seperti cakar ini berfungsi untuk mencabut paku pada kayu atau dinding.

Palu Karet

Kepala palu karet terbuat dari bahan karet keras. Digunakan untuk memukul logam pada pekerjaan mekanik agar logam tersebut tidak rusak. Bidang otomotif banyak menggunakan palu ini untuk pekerjaan yang berhubungan dengan mekanik pada mesin otomotif. Juga banyak dipakai oleh pekerja pembuat plat nomor kendaraan untuk mencetak nomor.

Palu Plastik


Kepala palu ini terbuat dari bahan plastik. Fungsinya hampir sama dengan palu karet, yaitu untuk memukul benda kerja yang lunak. Digunakannya palu ini agar saat dipukul, benda tidak rusak atau bahkan pecah.

Palu Tembaga


Tembaga mempunyai sifat yang lebih lunak daripada besi. Palu jenis ini biasanya banyak dipakai pada pekerjaan elektrikal untuk mengeluarkan bagian-bagian mesin listrik tampa menimbulkan kerusakan. Pada penggunaan yang lama, kepala palu tembaga ini dapat mengalami kerusakan.

Cara Menggunakan Palu

Kelihatannya kita semua bisa menggunakan palu. Tidak ada aturan yang baku dalam penggunaan palu. Yang pasti kita harus berhati-hati dalam menggunakan palu. Jangan sampai melukai diri kita, dan jangan sampai merusak benda kerja yang dipukul tersebut.

Cara Menggunakan Palu

Ada beberapa hal yang mungkin perlu kita perhatikan dalam menggunakan palu:
  • Pastikan kondisi palu tetap baik. Kepala palu harus terpasang kencang pada gagangnya.
  • Pastikan bagian objek yang akan dipukul dengan pasti. Jangan sampai merusak atau menghancurkan benda yang kita pukul. Kecuali memang tujuannya adalah untuk menghancurkan.
  • Pegang palu dengan kokoh. Pastikan palu tidak terlepas dari genggaman..he..he..he..
  • Ayunkan palu pada benda kerja dengan tenaga yang sesuai. Jika tenaga terlalu besar atau terlalu kecil maka akan berakibat pada hasil pukulannya.


Palu Yang Multifungsi

Dari pembahasan kita tentang macam-macam jenis palu dan fungsinya, dapat kita ambil kesimpulan bahwa palu merupakan peralatan tangan yang multifungsi. Sangat membantu kita pada beberapa pekerjaan. Sesuaikan palu dengan kebutuhan pekerjaan kita untuk mendapatkan hasil yang baik. Dan tetap berhati-hati dalam menggunakan alat pukul ini.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda sekalian. Silahkan share kepada teman-teman anda agar semua orang mendapatkan manfaatnya. Terimakasih.

0 Response to "Macam-Macam Jenis Palu; Fungsi dan Cara Menggunakannya"

Post a Comment

Featured post

Cara Membuat Kelas Online dengan Google Classroom featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel