Macam-Macam Peralatan Gambar Teknik

Gambar teknik merupakan suatu gambar yang dibuat dengan menggunakan aturan baku yang telah disepakati oleh para ahli teknik secara internasional. Aturan atau ketentuan itu menyangkut symbol, garis dan huruf teknik.

Dalam teknik mesin, ketentuan-ketentuan itu dapat berupa standar baku seperti ISO (International Organisation for Standarisation) yang merupakan badan internasional untuk standarisasi.

Selain berlaku secara Internasional, ada juga beberapa badan standar yang berlaku nasional. Misalnya DIN di Jerman, NEN di Belanda, JIS di Jepang, dan SNI di Indonesia.

Macam-Macam Peralatan Gambar Teknik

Dalam menghasilkan gambar teknik, dibutuhkan peralatan-peralatan gambar yang sesuai. Pemilihan peralatan gambar yangbaik akan menghasilkan kualitas gambar yang baik pula. Berikut ini adalah beberapa macam peralatan gambar teknik yang bisa digunakan dalam menggambar.

Kertas Gambar

Kertas gambar yang banyak digunakan adalah kertas HVS putih dan kertas kalkir. Kertas HVS putik adalah jenis kertas yang tidak tembus cahaya. Biasanya digunakan untuk menggambar dengan pensil, dan terkadang dengan tinta.


Kertas kalkir adalah kertas yang memiliki sifat tembus cahaya (transparan). Kertas kalkir banyak digunakan untuk menggambar dengan menggunakan tinta, yang merupakan proses lanjutan dari pembuatan gambar dengan pensil terlebih dulu. Kertas kalkir yang bersifat transparan akan mempermudah dalam proses penggandaan (reproduksi ) gambar.

Untuk lebih jelasnya mengenai macam-macam kertas gambar, bisa anda lihat pada artikel…..


Pensil gambar

Untuk membuat gambar dibutuhkan sebuah pensil gambar. Pensil gambar ada yang bebentuk batang pensil dan ada yang berupa pensil mekanik.

macam -macam peralatan gambar teknik


Pensil gambar juga mempunyai kualitas warna dan kekerasan. Tingkat kekerasan pensil dinyatakan dengan huruf dan angka. Menurut kekerasannya, pensil dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu keras (H), sedang (F) dan lunak (B).

Huruf H (Hard) menunjukan pensil yang keras (semakin besar angkanya maka semakin keras).

Huruf B (Black) menunjukan pensil yang lunak (semakin besar angkanya maka semakin lunak).

Huruf F (Fine/Firm), dan huruf HB (Half Black) menunjukkan pensil dengan tingkat kekerasan sedang.

 

Mistar Gambar

Mistar gambar yang sering dipakai pada gambar teknik ada beberapa jenis. Yaitu mistar segitiga, mistar T dan mistar skala.

Mistar Segitiga


Mistar segitiga digunakan untuk membuat garis-garis tegak lurus atau garis sejajar, baik tegak maupun mendatar. Mistar segitiga ada dua jenis, yaitu mistar siku 45O dan mistar segitiga siku 30O dan 60O. Berikut ini adalah gambar kedua jenis mistar segitiga tersebut.

Mistar T

mistar T


Mistar T digunakan untuk menuntun mistar segitiga dan menarik garis mendatar. Penarikan garisnya dilakukan dengan menggoreskan pensil dari kiri ke kanan.

Mistar Skala

Mistar skala mempuntai skala tertentu pada bagian sisinya. Pada mistar skala telah dicantumkan ukuran sebenarnya pada skala tertentu, misalnya mm, cm, atau inchi.


Jangka

Jangka digunakan untuk menggambar lingkaran atau busur lingkaran, baik dengan ujung pensil maupun dengan tinta. Ada empat macam jangka yang biasa digunakan dalam gambar teknik, yaitu jangka besar, jangka Orleans, jangka pegas dan jangka bagi.

jenis-jenis jangka


Jangka Besar, digunakan untuk membuat lingkaran sampai dengan 200mm.

Jangka orlean dapat digunakan untuk membuat lingkaran kecil dengan baik, besar kecilnya lingkaran yang akan dibuat dapat distel dengan sekrup penyetel.

Jangka pegas sama fungsinya dengan jangka orleans, yaitu dapat digunakan untuk membuat lingkaran kecil dengan baik.

Jangka bagi digunakan untuk membagi garis dalam jumlah yang dikehendaki

 

Penghapus

macam-macam peralatan gambar teknik


Untuk menghapus bekas goresan pensil, dipergunakan karet penghapus yang lunak, sedangkan untuk menghapus goresan tinta, dipergunakan karet penghapus yang agak keras. Penghapus banyak jenis warnanya.

 

Rapido

Untuk membuat gambar dengan tinta, dapat menggunakan trek pen. Akan tetapi hal ini tidak praktis karena tinta dapat menetes keluar dan harus menyetel berkali-kali untuk membuat garis dengan ketebalan yang dikehendaki.

ketebalan garis rapido


Rapido bersifat refill atau dapat diisi ulang jika tinta telah habis, oleh karena itu rapido perlu dilengkapi dengan tinta gambar

Rapido memiliki bermacam-macam ukuran (dilihat dari ukuran penanya), dari 0,1 - 2,0 mm.

Dalam menarik garis dengan rapido sebaiknya ditempelkan saja pada kertas, jangan ditekan, kemudian ditarik dengan kemiringan antara 60o–80o dari arah kiri ke kanan. Di samping itu jangan menarik garis dari arah atas ke bawah.

 

Mal

Fungsi mal sebagai alat bantu untuk menggambar atau untuk mempercepat proses penggambaran berbagai macam bentuk. Untuk keseragaman dan kerapian dalam membuat tulisan digunakan sablon atau mal huruf dan angka. Untuk membuat gambar lambang-lambang dan bentuk-bentuk digunakan sablon atau mal bentuk.

macam-macam penggaris mal gambar


Adapun untuk menggambar macam-macam garis lengkung (kurva) misalnya elips, parabola, dan hiperbola digunakan mal kurva.


0 Response to "Macam-Macam Peralatan Gambar Teknik"

Post a Comment

Featured post

Cara Membuat Kelas Online dengan Google Classroom featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel