-->

Mencegah Potensi Bahaya Listrik dalam Pekerjaan

Mencegah Potensi Bahaya Listrik dalam Pekerjaan - Saat ini kita tidak dapat lepas dengan yang namanya energi listrik. Bahkan kita sering tidak menyadari dengan keberadaan energi listrik itu. Kita baru sadar akan pentingnya energi listrik itu pada saat pemadaman listrik misalnya. Kita akan  kesulitan dalam berbagai aktifitas harian kita tanpa energi listrik.

Coba bayangkan jika kita hidup tanpa adanya listrik...

Seluruh aktifitas kita akan terganggu tanpa adanya listrik. Mulai dari aktifitas di rumah masing-masing hingga aktifitas kehidupan lainnya seperti belajar di sekolah, bekerja di kantor, belanja, rekreasi dan lain-lain.


Listrik di Sekitar Kita

Coba perhatikan di sekitar rumah kita. Hampir seluruh peralatan rumah tangga kita menggunakan energi listrik. Mulai dari hanphone, jam tangan, jam dinding, pengering rambut, televisi, blender, rice cooker dan peralatan listrik lainnya.

Peralatan listrik itu pun ada yang memerlukan daya yang kecil dan ada juga yang membutuhkan daya listrik yang besar. Coba sesekali kita amati berapa daya peralatan listrik di rumah kita.
Untuk peralatan listrik skala besar biasanya beroperasi pada tegangan yang tinggi. Maka kita harus lebih berhati-hati dalam pekerjaan itu.

Di bidang teknik pendingin dan tata udara, seorang teknisi refrigerasi dan tata udara harus bisa melakukan pengecekan peralatan listrik yang bertegangan. Karena untuk melakukan pengecekan gangguan dengan akurat, maka peralatan itu harus dalam keadaan bercatu daya.

Potensi Bahaya Listrik

Potensi bahaya listrik dalam pekerjaan refrigerasi dan tata udara juga perlu kita perhatikan dengan seksama. Oleh karena itulah seorang teknisi refrigerasi dan tata udara perlu menerapkan prosedur keamanan dalam melakukan pekerjaan pada peralatan listrik yang bertegangan. Meskipun banyak prosedur pengecekan gangguan dapat dilakukan pada kondisi tanpa tegangan.

Namun di lain kesempatan, pengecekan gangguan harus dilakukan ketika peralatan listrik terhubung dengan sumber tegangan. Misalnya pemeriksaan tegangan yang masuk ke peralatan listrik, pemeriksaan tegangan fasa, dan lain-lain.

Teknisi refrigerasi dan tata udara pun sangat perlu untuk memahami bagaimana tetap bisa melakukan pekerjaan pada unit yang masih bertegangan. Ia juga harus dapat mencegah potensi bahaya sengatan arus listrik. Teknisi yang berpengalaman harus tetap berhati-hati dan tidak perlu takut akan hal itu, selama mematuhi prosedur keselamatan kerjanya.

Dalam pekerjaan yang berhubungan dengan kelistrikan, seorang teknisi refrigerasi dan tata udara harus selalu mengutamakan keselamatan kerja. Hal ini dilakukan semata-mata untuk mencegah kecelakaan saat bekerja, misalnya tersengat arus listrik, kebakaran, ledakan, kerusakan mekanik, dan lain sebagainya.

Pencegahan Bahaya Listrik

Mungkin, bahaya yang paling sering terjadi pada pekerjaan refrigerasi dan tata udara adara adalah terkena sengatan arus listrik. Semakin tinggi tegangan listrik yang mengenai manusia, semakin besar pula arus yang mngalir ke tubuh manusia.

Maka dari itu sebagai seorang teknisi refrigerasi dan tata udara mestilah mengetahui prosedur keselamatan kerja. Prosedur pencegahan bahaya listrik dan keselamatan kerja itu diantaranya:
  • Memahami bahaya dan menghindari sengatan listrik
  • Memastikan ada sistem pembumian yang baik
  • Memastikan ada sistem pengaman listrik yang baik
  • Menerapkan prosedur lockout saat bekerja di daerah yang bertegangan listrik

Resiko tersengat arus listrik merupakan hal umum yang sering terjadi pada pekerjaan refrigerasi dan tat udara. Karena kita akan sering melakukan pekerjaan instalasi atau kelistrikan peralatan refrigerasi dan tata udara.

Maka hal ini merupakan tanggung jawab seorang teknisi refrigerasi dan tata udara. Sebelum melakukan pekerjaan, pastikan semuanya dalam keadaan yang aman. Terhindar dari potensi sengatan arus listrik.

Beberapa potensi yang berbahaya yang berhubungan dengan listrik dapat kita lihat pada beberapa contoh gambar di bawah ini:



  1. Tuliskan masing-masing 3 contoh peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik dengan daya kecil, dan dengan daya yang besar!
  2. Jelaskan potensi bahaya yang dimaksud pada gambar 1 dan 2 diatas.

1 Response to "Mencegah Potensi Bahaya Listrik dalam Pekerjaan "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel