-->

Cara Mangatasi Air Pembuangan Mesin Cuci yang Tidak Keluar, Mampet dan Bocor

Salah satu masalah yang sering terjadi pada mesin cuci di rumah kita adalah air pembuangan tidak mengalir dengan lancar. Akibatnya waktu yang dibutuhkan untuk menguras air menjadi lebih lama. Atau bahkan air pembuangan dari mesin cuci tidak keluar alias mampet. 

Jika masalah ini terjadi pada mesin cuci di rumah anda, bisa Anda coba mengikuti petunjuk yang ada pada artikel ini.

Pada kondisi normal air pembuangan mesin cuci harusnya dapat terbuang dengan lancar. Jika pembuangan air tidak lancar maka ada beberapa kemungkinan penyebab yang menyebabkan air pembuangan tidak mengalir dengan lancar, atau bahkan mampet.


Penyebab Air Pembuangan Mesin Cuci Mampet

Berikut ini beberapa penyebab air pembuangan dari mesin cuci tidak mengalir dengan lancar pada mesin cuci 2 tabung.

1. Saluran pembuangan air tertutup oleh kotoran

Kotoran yang berasal dari pakaian yang kita cuci dapat menumpuk pada saluran pembuangan air. Kotoran yang menumpuk ini lama-kelamaan akan menyumbat saluran pembuangan air, sehingga air tidak dapat mengalir lancar. Solusinya adalah dengan membersihkan saluran pembuangan air ini.

Cara mengatasi air pembuangan mesin cuci mampet

Lubang saluran pembuangan air terdapat pada bagian penggilas mesin cuci. Untuk memeriksanya Anda harus membuka baut yang ada pada pulsator mesin penggilas pada mesin cuci, karena letak Lubang pembuangan ini berada di bawah pulsator mesin cuci. Lakukan dengan sangat hati-hati agar baut tidak rusak dan dapat dipasang kembali.

Menumpuknya kotoran di saluran pembungan bisa disebabkan karena saringan kotoran yang berada di dinding tabung pencuci tidak bekerja maksimal.

2. Saluran pembuangan air tersumbat oleh benda kecil

Terkadang saluran pembuangan air dapat tersumbat oleh benda-benda kecil yang tidak sengaja masuk bersama dengan pakaian yang sedang kita cuci. Benda-benda itu dapat berupa uang koin, peniti, karet rambut, kancing, atau benda-benda kecil lainnya yang yang ikut terbawa bersama pakaian.

Terkadang juga bahan pakaian kecil seperti kaos kaki, atau sapu tangan, dapat masuk secara tidak sengaja ke dalam saluran pembuangan air. Masuknya benda-benda kecil ini ini adalah dari celah roda pemutar atau pulsator mesin cuci.

3. Klep pembuangan tersumbat kotoran

Setelah melewati Lubang saluran pembuangan, air akan mengalir menuju klep pembuangan. Klep ini ini adalah karet dan pegas yang fungsinya membuka dan menutup saluran drainase. Jika kita putar mesin cuci pada posisi drain (membuang air), maka klep akan terbuka. Jika berada pada posisi mencuci baik soft atau strong maka posisi klep berada dalam keadaan tertutup. 

Kotoran juga dapat menumpuk pada bagian klep ini. Untuk memperbaikinya Anda dapat mencoba dengan menarik kawat yang ada di atasnya berkali-kali. Sebelumnya isilah tabung dengan sedikit air, lalu tarik-tarik lah kawat pengait pada klep. Amati apakah air sudah lancar terbuang atau belum. Cara ini cukup mudah dilakukan tanpa harus membuka klep pembuangan.

masalah air pembuangan mesin cuci mampet

Namun jika air pembuangan tetap tidak lancar, Anda harus membuka klep pembuangan ini. Untuk klep yang belum pernah dibuka sebelumnya, mungkin agak sedikit sulit untuk membukanya, karena biasanya di bagian ini diberi lem. Jika sudah berhasil membukanya, bersihkan kotoran yang menyumbat pada klep pembuangan. Dan pasang kembali dengan kencang.


4. Kawat pengait saluran pembuangan putus

Untuk masalah pengait saluran pembuangan yang putus, dapat disebabkan karena kawat pengait berkarat. Kawat pengait yang berkarat lama-kelamaan akan menjadi putus. Jika hal ini terjadi di pada mesin cuci anda, maka anda harus mengganti dengan kawat pengait yang baru. Harganya murah tidak mahal. Anda bisa mendapatkannya di toko alat-alat listrik, atau di toko tempat Anda membeli mesin cuci tersebut.

 

Cara Memperbaiki Saluran Pembuangan Air yang Bocor pada Mesin Cuci 2 Tabung


Selain masalah air pembuangan yang mampet, seringkali juga terjadi masalah kebocoran air pada mesin cuci. Mesin cuci yang bocor akan menyebabkan air cucian terbuang. Air merembes keluar melalui selang pembuangan. Yang sering terjadi biasanya adalah kita mencuci sambil tetap membuka saluran dari keran air, agar air pada bak pencucian tidak habis. Selain pemborosan air, cara ini adalah cara yang tidak solutif hehehe…

Berikut ini ini cara mengatasi saluran pembuangan air pada mesin cuci yang bocor.
  1. Air yang bocor dapat disebabkan karena klep terganjal oleh kotoran atau benda lain. Jika klep terganjal sesuatu, maka klep tidak dapat menutup saluran air sehingga air masih bisa mengalir keluar mesin cuci. Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membersihkan klep agar terhindar dari kotoran yang mengganjal.
  2. Penyebab berikutnya adalah karet klep yang yang sudah keras. Kerja klep tidak maksimal sehingga karet tidak dapat menutup saluran air dengan baik. Anda bisa mengganti karet yang keras ini dengan membeli karet klep yang baru di toko listrik atau elektronik. 
  3. Per atau pegas klep yang berkarat atau rusak. Per ini fungsinya untuk menekan karet klep sehingga dapat menutup saluran air. Jika per ini sudah rusak maka dia tidak dapat menekan karet sehingga air masih bisa keluar dari mesin cuci. Anda juga dapat mengganti per ini dengan per yang baru.
Memperbaiki klep air mesin cuci


Untuk mengganti karet atau per (pegas) saluran pembuangan mesin cuci, Anda harus mengganti dengan ukuran yang sama. Hal ini agar sesuai dengan ukuran lubang pembuangan. Untuk mudahnya anda bisa membawa karet atau per bekas itu ke toko dan membeli yang sama persis. Catat juga merk atau tipe mesin cuci anda memudahkan penjual mencari spare part penggantinya.

Demikianlah cara mengatasi air pembuangan yang mampet dan bocor pada mesin cuci 2 tabung. Sebaiknya Anda amati dulu sebelum anda melakukan pembongkaran mesin cuci anda, agar tindakan perbaikan yang Anda lakukan sesuai dengan masalah pada mesin cuci anda. Semoga bermanfaat, Salam dingin aja.



0 Response to "Cara Mangatasi Air Pembuangan Mesin Cuci yang Tidak Keluar, Mampet dan Bocor"

Post a Comment

Featured post

Kelebihan dan Kekurangan Panggangan Gas (Gas Grill) featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel