Cara Cek Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) Secara Online

Daftar Isi

Cara Cek Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)

NPSN adalah singkatan dari Nomor Pokok Sekolah Nasional. NPSN merupakan suatu kode berupa nomor yang menunjukkan identitas suatu sekolah. NPSN terdiri dari 8 digit angka yang bersifat unik. Setiap sekolah memiliki NPSN masing-masing. NPSN diberikan pada jenjang TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA.

NPSN ini menjadi pembeda antara satu sekolah dengan sekolah lainnya dan bersifat nasional atau melingkupi seluruh sekolah di Indonesia. NPSN ini ditetapkan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) melalui Dinas Pendidikan di masing-masing kabupaten/kota di tiap-tiap Provinsi di seluruh Indonesia.

Sewaktu-waktu kita akan membutuhkan NPSN tersebut. Misalnya untuk pendaftaran lomba atau kompetisi, atau untuk pendaftaran di perguruan tinggi. Bagaimana cara mengetahui NPSN sekolah?


Cara Cek NPSN sekolah kalian

Terkadang kita akan kesulitan jika harus menghafalkan 8 digit angka yang acak tersebut. Namun jangan khawatir. Untuk mengetahui NPSN, dapat dilakukan pengecekan secara online di website kemdikbud. Berikut ini adalah cara mengetahui NPSN sekolah:

  • Ketik di pencarian internet url referensi.data.kemdikbud.go.id

Cara Cek Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) Secara Online


  • Klik menu Data Master Pendidikan
  • Klik submenu Pendidikan Dasar & Menengah (Kategori Satuan Pendidikan NPSN)

Cara Cek NPSN Secara Online


  • Klik nama Provinsi sekolah kalian

Cara Cek NPSN Secara Online


  • Klik nama Kabupaten/Kota
  • Klik nama Kecamatan
  • Data NPSN tercantum pada tabel sesuai nama sekolah

Demikianlah cara cek nomor pokok sekolah nasional NPSN sekolah kalian secara online. Mungkin kalian membutuhkannya untuk mendaftar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Atau juga untuk keperluan lainnya. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar