Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Analisis SKL-KI-KD Pendidikan Anti Korupsi Kelas XI jenjang SLTA / MA.

Analisis SKL-KI-KD Pendidikan Anti Korupsi Kelas XI

Pendidikan diyakini sebagai kunci kesuksesan masa depan suatu negara. Dan pendidikan anti korupsi merupakan suatu pendidikan seumur hidup. Pendidikan anti korupsi perlu ditanamkan sejak dini dan dilakukan secara berkesinambungan dan menyeluruh.


Analisis SKL-KI-KD Pendidikan Anti Korupsi Kelas XI

KPK Komisi Pemberantasan Korupsi bersama dengan lembaga pendidikan di Indonesia, merumuskan pendidikan anti korupsi untuk siswa SLTA. Seri Pendidikan Anti Korupsi yang di terbitkan oleh KPK menyisipkan 9 nilai luhur yang membentuk karakter anti korupsi yaitu, jujur, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, berani, mandiri, sederhana, adil dan peduli.

KPK dan tim juga telah menyiapkan perangkat pembelajaran seperti Silabus Pendidikan Anti Korupsi; Analisis SKL, KI, KD; RPP Pendidikan Anti Korupsi, Materi Pelajaran, dan Lembar Penilaian. Anda bisa download Analisis SKL-KI-KD Pendidikan Anti Korupsi Kelas XI di bagian akhir artikel ini.

Fokus dalam Pendidikan Anti Korupsi adalah penghayatan, pemahaman nilai moral, pembentukan perilaku hingga kemudian pembiasaan nilai-nilai dalam kehidupan. Tujuan akhir yang diinginkan adalah penerapan perilaku dasar nilai-nilai positif tersebut dalam kehidupan lingkuangan sosial dan kemasyarakatan.

Siswa SLTA berada pada petengahan tahapan perkembangan seseorang. Menurut Piaget, perkembangan intelektual siswa SLTA berada pada tahap formal operations. Ini merupakan saat dimana siswa SLTA memiliki kemampuan berpikir abstrak dan berpikir hipotesis. Mereka mampu membayangkan berbagai macam kemungkinan dalam menyelesaikan suatu masalah.

Pendidikan Anti Korupsi untuk siswa SLTA ini didesain dengan menggunakan konsep pendidikan orang dewasa (adult learning). Pendidikan orang dewasa akan memandang peserta didik sebagai seorang individu yang kaya akan pengalaman dalam pemecahan masalah. Memiliki keterampilan-keterampilan, peran sosial, prakarsa, pendapat, sikap, namun mereka tetap membutuhkan pendidikan.

Selain penanaman karakter, Seri pendidikan Anti Korupsi untuk SLTA/MA ini juga diharapkan memunculkan perilaku perlawanan terhadap korupsi. Sehingga akan mendorong siswa untuk menjadi pelopor dan penggerak anti korupsi di lingkungan masyarakat.

Seri Pendidikan Anti Korupsi dilengkapi dengan panduan bagi guru dalam penyampaian materi pengayaan sesuai dengan kondisi daerah masing-masing, sehingga harapannya kedepan melalui penanaman karakter anti korupsi, akan terbentuk generasi-generasi baru yang jauh lebih baik untuk Bangsa Indonesia.

 

Link Download: AnalisisSKL-KI-KD Pendidikan Anti Korupsi Kelas XI

Silahkan share artikel ini agar bermanfaat. Terimakasih..

Posting Komentar untuk "Analisis SKL-KI-KD Pendidikan Anti Korupsi Kelas XI jenjang SLTA / MA."