Inilah Cara Memperbaiki Kipas Angin yang Putarannya Pelan dan Lambat

Daftar Isi

Cara Memperbaiki Kipas Angin yang Putarannya Pelan

Apakah anda pernah mengalami kejadian dimana kipas angin di rumah anda putarannya pelan? Bahkan pada speed tertinggi pun putarannya tetap saja pelan. Jika anda mengalami masalah itu, maka silahkan simak artikel berikut ini. Artikel kali ini yang akan membahas mengenai cara mengatasi kipas angin yang berputar pelan.


Saat kita pertama kali membeli kipas angin, maka putaran kipas akan cepat dan hembusan angin akan terasa kencang. Namun setelah pemakaian beberapa bulan atau tahun, maka lama-kelamaan, putaran kipas angin kita tidak secepat dan sekencang waktu awal dulu. Kenapa bisa demikian? Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui. Yuk kita simak...


Cara Memperbaiki Kipas Angin yang Putarannya Pelan dan Lambat


Penyebab Putaran Kipas Angin Pelan atau Lemah, dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa kemungkinan penyebab putaran kipas angin menjadi lambat. Semua kemungkinan itu bisa saja terjadi pada kipas milik kita. Berikut ini beberapa penyebab kipas angin menjadi pelan.

1. Debu dan Kotoran pada Kipas Angin

Putaran kipas yang menjadi pelan lazim terjadi jika kipas angin telah lama digunakan. Hal ini disebabkan karena adanya kotoran berupa debu-debu yang menumpuk pada bagian bos/bushing dan as motor listrik.

Bos/bushing adalah dudukan as rotor. Fungsinya untuk menyangga as agar tetap pada posisi tengah (center).


Bushing Kipas Angin yang Putarannya Pelan dan Lambat


Selain disebabkan debu dan kotoran, mungkin juga timbul karat pada kedua bagian tersebut. Kotoran, debu atau karat akan menyebabkan putaran kipas menjadi macet atau kesat (Jawa: seret).

Cara memperbaiki:

Jika kita membongkar penutup dan baling-baling kipas angin, maka akan kita temui sebuah motor kipas yang berukuran kepalan tangan.

Cara mengatasi putaran kipas yang pelan karena debu dan kotoran adalah sebagai berikut:

  • Bersihkanlah bagian bushing dan as motor. 
  • Alat yang dibutuhkan adalah amplas halus, kain lap, atau dapat menggunakan cairan pembersih karat.
  • Setelah bagian-bagian tersebut dibersihkan, oleskanlah pelumas agar bushing menjadi lancar dan tidak mudah timbul karat.

memperbaiki kipas angin putaran pelan


2. Karena Kapasitor Lemah

Kemungkinan berikutnya yang dapat menyebabkan putaran kipas menjadi pelan adalah kapasitor. Kapasitor adalah komponen yang berfungsi untuk menyimpan arus listrik. Pada kipas angin, kapasitor ini berperan untuk membantu putaran awal dari motor listrik. Jika kapasitor sudah lemah, maka ia tidak bisa lagi menyimpan arus untuk membantu putaran awal motor kipas. Akibatnya, putaran kipas menjadi pelan.

Kapasitor Kipas Angin yang Putarannya Pelan dan Lambat

Ciri-ciri kapasitor lemah yang bisa kita lihat langsung adalah bentuk fisik kapasitor yang menggembung, atau terkadang pecah. Jika kapasitor sampai rusak/pecah, biasanya kipas tidak akan berputar.


Cara Memperbaiki Kapasitor Kipas Rusak

Untuk mengatasi masalah kapasitor kipas angin yang lemah atau rusak, gantilah komponen kapasitor kipas angin dengan komponen kapasitor yang baru. Perhatikan ukuran kapasitornya. Satuan kapasitas dari kapasitor adalah Farad.

Ukuran kapasitor yang biasa digunakan untuk kipas angin adalah 1,5mF – 2mF (mikro Farad). Anda dapat membelinya di toko elektronik di sekitar rumah anda. Pasang kabel kapasitor seperti semula. Bolak-balik tidak apa-apa, karena kapasitor kipas tidak ada polaritasnya.

Itulah tadi pembahasan kita tentang cara mengatasi putaran kipas angin yang lemah. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah, disela-sela waktu santai anda. Lumayan, bisa menghemat biaya servis… Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Posting Komentar