-->

Inilah Cara Memperbaiki Kipas Angin yang Putarannya Pelan dan Lambat

Cara Memperbaiki Kipas Angin yang Putarannya Pelan

Apakah anda pernah mengalami kejadian dimana kipas angin di rumah anda putarannya pelan? Bahkan pada speed tertinggi pun putarannya tetap saja pelan. Jika anda bermasalah dengan hal itu, maka silahkan simak artikel berikut ini. Artikel kali ini yang akan membahas mengenai cara mengatasi kipas angin yang berputar pelan.

Saat kita membeli kipas angin pertama kali, maka putaran kipas akan cepat dan hembusan angin akan terasa kencang. Namun setelah pemakaian beberapa bulan atau tahun, maka lama-kelamaan, putaran kipas angin kita tidak secepat dan sekencang waktu awal dulu. Kenapa demikian?

Cara Memperbaiki Kipas Angin yang Putarannya Pelan dan Lambat


Penyebab Putaran Kipas Angin Menjadi Pelan atau Lemah, dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa kemungkinan penyebab putaran kipas angin menjadi lambat. Semua kemungkinan itu bisa saja terjadi pada kipas milik kita.

1. Karena Debu dan Kotoran

Putaran kipas yang menjadi pelan lazim terjadi jika kipas angin telah lama digunakan. Hal ini disebabkan karena adanya kotoran berupa debu-debu yang menumpuk pada bagian bos/bushing dan as motor listrik.

Bos/bushing adalah dudukan as rotor. Fungsinya untuk menyangga asa agar tetap pada posisi tengan (center).


Bushing Kipas Angin yang Putarannya Pelan dan Lambat

Selain debu dan kotoran, mungkin juga timbul karat pada kedua bagian tersebut. Kotoran debu atau karat akan menyebabkan putaran kipas menjadi macet atau kesat (Jawa: seret).

Jika kita membongkar penutup dan baling-baling kipas angin, maka akan kita temui sebuah motor kipas yang berukuran kepalan tangan.

Cara mengatasi putaran kipas yang pelan karena debu dan kotoran adalah sebagai berikut. Bersihkanlah bagian bushing dan as motor. Alat yang dibutuhkan adalah amplas halus, kain lap, atau dapat menggunakan cairan pembersih karat.


Setelah bagian-bagian tersebut dibersihkan, oleskanlah pelumas agar bushing menjadi lancar dan tidak mudah timbul karat.


2. Karena Kapasitor Lemah

Kapasitor adalah komponen yang berfungsi untuk menyimpan arus listrik. Pada kipas angin, kapasitor ini berperan untuk membantu putaran awal dari motor listrik. Jika kapasitor sudah lemah, maka ia tidak bisa lagi menyimpan arus untuk membantu putaran awal motor kipas. Akibatnya, putaran kipas menjadi pelan.

Kapasitor Kipas Angin yang Putarannya Pelan dan Lambat

Ciri-ciri kapasitor lemah yang bisa kita lihat langsung adalah bentuk fisik kapasitor yang menggembung, atau terkadang pecah. Jika kapasitor sampai rusak/pecah, biasanya kipas tidak akan berputar.

Untuk mengatasi masalah kapasitor kipas angin yang lemah atau rusak, gantilah komponen kapasitor kipas angin dengan komponen kapasitor yang baru. Perhatikan ukuran kapasitornya. Satuan kapasitas dari kapasitor adalah Farad.

Ukuran kapasitor yang biasa digunakan untuk kipas angin adalah 1,5mF – 2mF (mikro Farad). Anda dapat membelinya di toko elektronik di sekitar rumah anda. Pasang kabel kapasitor seperti semula. Bolak-balik tidak apa-apa, karena kapasitor kipas tidak ada polaritasnya.

Itulah tadi pembahasan kita tentang cara mengatasi putaran kipas angin yang lemah. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah, disela-sela waktu santai anda. Lumayan, bisa menghemat biaya servis… Semoga artikel ini bermanfaat.

 

0 Response to "Inilah Cara Memperbaiki Kipas Angin yang Putarannya Pelan dan Lambat"

Posting Komentar

Berkomentar dengan sopan.

Featured post

Cara Membaca Kode Warna Resistor dengan Mudah featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel