Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peralatan Servis AC, AC Mobil dan Kulkas beserta Fungsi

Peralatan Servis AC, AC Mobil dan Kulkas

Dalam melakukan pekerjaannya orang teknisi servis AC, AC Mobil atau Kulkas harus memiliki peralatan servis yang lengkap. Dengan peralatan servis yang lengkap dan sesuai maka akan mempermudah melakukan setiap pekerjaan terkait dengan pekerjaan atau perawatan Ac dan Kulkas tersebut.

Untuk memudahkan, kami akan menggunakan istilah peralatan servis AC saja untuk menunjukkan berbagai macam alat servis mesin refrigerasi dan tata udara tersebut. Ada banyak peralatan yang harus dimiliki oleh seorang teknisi. Pada artikel kali ini akan kita bahas macam-macam peralatan servis AC yang sering dipakai pada saat melakukan servis atau perawatan mesin pendingin.


1. Servis manifold


Alat ini wajib dimiliki oleh seorang teknisi refrigerasi dan tata udara. Service manifold berfungsi untuk mengukur tekanan refrigeran pada mesin pendingin seperti kulkas, AC rumah atau AC mobil. Service manifold terdiri dari dua bagian utama, yaitu sisi tekanan tinggi dan sisi tekanan rendah.

Selain itu service manifold juga berfungsi untuk mengisi freon atau refrigeran ke dalam mesin pendingin. Servis manifold juga dapat digunakan untuk mengisi oli yang berguna sebagai pelumas kompresor.

Penyebutan alat ini bermacam-macam. Ada yang menyebutnya manifold, dan ada yang menggunakan istilah analyzer. Namun itu semua maksudnya tetap sama saja.

Manifold ada yang berbentuk single manifold, dan ada yang double manifold. Single manifold menggunakan satu gauge meter (meter tekanan), sedangkan double manifold menggunakan dua meter gauge.

 

2. Pemotong Pipa Tembaga / Cutter Tube

peralatan servis AC split AC mobil kulkas

Fungsi cutter tube atau pemotong pipa adalah untuk melakukan pemotongan pada pipa tembaga. Bentuk dari pemotong pipa ada beberapa bentuk. Ada yang dilengkapi dengan reamer, dan ada yang hanya berpupa pemotong saja. Namun fungsi dan penggunaan keduanya tetap sama saja.

Pemotong pipa dapat digunakan untuk memotong pipa tembaga dengan berbagai macam diameter pipa. Hal ini karena mata pisau pemotongnya dapat diatur menyesuaikan dengan diameter pipa yang akan kita potong.

Untuk pipa besi atau pipa baja, pemotongan dilakukan dengan menggunakan alat hacksaw atau gergaji besi. Karena sifat bahan logam besi dan baja lebih keras dibandingkan dengan pipa tembaga. Untuk pekerjaan servis mesin pendingin rumahan, rasanya sudah cukup kita memakai cutter tube yang kecil.

 

3. Reamer

Reamer adalah peralatan servis AC yang berfungsi untung menghaluskan ujung pipa setelah dipotong. Ketika dipotong, hasil pada ujung pipa tidaklah halus. Biasanya akan ada lekukan atau serpihan bekas potongan. Untuk menghaluskannya, maka digunakanlah reamer.

Reamer dapat dipakai untuk menghaluskan lingkaran dalam pipa (inner) dan juga lingkaran luar pipa (outer). Pipa tembaga yang telah dihaluskan akan lebih mudah untuk di flaring atau di swaging, sehingga hasil flaring atau swagingnya lebih baik dan presisi.

 

4. Flaring dan Swaging tool.

Fungsi flaring tool adalah peralatan servis AC yang berfungsi untuk memperbesar ujung pipa agar dapat disambung dengan menggunakan flare fitting di ujungnya. Fungsi swaging tool adalah untuk memperbesar diameter pipa, sehingga dua pipa yang diameternya sama dapat disambungkan dengan menggunakan las.

Flaring dan swaging tool ini biasanya merupakan satu set alat. Namun ada juga yang dijual sebagai alat yang terpisah. Flaring dan swaging tool dapat digunakan pada beberapa ukuran diameter pipa yang berbeda.

Penggunaan alat yang tepat akan menghasilkan hasil flaring dan swaging yang baik, sehingga pipa dapat disambung dengan rapat. Jika hasil flaring atau swaging jelek, maka dapat berpotensi kebocoran pada sambungan pipa.

 

5. Pembengkok Pipa

Fungsi pembengkok pipa (tube bender) adalah untuk membengkokkan pipa AC, kulkas agar tidak gepeng. Ada dua macam pembengkok pipa yang sering dipakai pada saat servisa AC atau kulkas.

Pertama adalah pembengkok pipa jenis pegas (spring type tube bender). Bentungnya berupa pipa spiral dengan berbagai macam ukuran diameter. Jenis kedua adalah pembengkok pipa dengan tuas (lever type tube bender) yang memiliki tuas pembengkok.

 

6. Pembuntu Pipa

Sebutan lain untuk alat servis AC ini adalah pinch-off tool dan vise grip. Fungsi pembuntu pipa adalah untuk membuntu pipa tembaga. Pekerjaan membuntu pipa biasa dilakukan pada servis kulkas.

Setelah pengisian bahan pendingin pada kulkas, maka pentil pengisian harus di buntu. Nah, untuk membuntu pipa inilah digunakan alat pembuntu pipa vise grip. Baru setelah dibuntu, pentil pengisian di potong dan dilas menggunakan brander.

Kenapa pentil pengisian harus dilas? Karen ajika hanya ditutup, bahan pendingin akan dapat keluar, dan habis. Bayangkan saja sebuah ban mobil yang terisi angina. Jika hanya ditutup dengan tutup pentil, maka pasti lama-kelamaan ban mobil akan kempis, kekurangan tekanan. Begitu juga dengan kulkas.

 

7. Termometer

Pada pekerjaan servis AC, termometer digunakan untuk mengukur suhu baik pada mesin pendingin maupun pada ruangan yang didinginkan. Termometer yang digunakan dapat berupa termometer digital atau termometer air raksa.

Ada juga teknisi yang menggunakan thermo gun. Thermo gun menggunakan sinar inframerah untuk melakukan pengukuran suhu. Caranya dengan mengarahkan sinar infra merah ke bagian komponen yang akan diukur suhunya.

Pengukuran suhu biasanya dilakukan pada bagian evaporator dan bagian kondensor. Terkadang juga pada bagian kompresor. Evaporator merupakan bagian yang dingin, sedangkan kondensor merupakan bagian yang panas. Kompresor adalah mesin utama pada sistem pendingin.

 

8. Alat steam AC

Peralatan servis AC berupa alat steam ini sangat penting untuk di seorang teknisi AC. Fungsinya untuk melakukan pencucian AC, baik AC rumah maupun AC mobil.

Peralatan cuci AC terdiri dari beberapa macam alat, yaitu:

  • Pompa Steam, yaitu sebuah mesin pompa air yang memiliki tekanan tinggi. Fungsinya untuk mencuci unit AC, baik pada bagian indoor unit maupun outdoor unit.
  • Plastik AC, yaitu wadah platik yang dipasangkan ke unit indoor saat melakukan pencucian AC. Fungsi plastik steam AC adalah untuk menampung air bekas pencucian AC. Dilengkapi selang air untuk saluran air kotor bekas mencuci.
  • Bak atau ember air, yaitu wadah untuk menampung air untuk mencuci AC. Air untuk mencuci AC bisa juga langung dari kran sumber air.

 

9. Pompa Vakum

Peralatan servis AC berikutnya adalah pompa vakum. Pompa vakum berfungsi untuk membuang kotoran, uap air, udara, atau gas-gas lain dari dalam sistem pendingin. Perlu diketahui bahwa sistem pendingin, baik AC, kulkas atau AC mobil harus benar-benar terbebas dari gas lain, selain bahan pendingin.

Jika terdapat gas-gas kontaminan di dalam sistem pendingin, maka akan mengakibatkan kerja sistem akan terganggu, sehingga proses pendinginan tidak berjalan sempurna.

Jika terdapat kotoran dan uap air dapat juga menyebabkan sistem menjadi buntu, karena kotoran dan uap air tersebut dapat menyumbat pada bagian tertentu, seperti pada bagian pipa kapiler atau katup ekspansi.

 

10. Tang Ampere

Peralatan servis AC ini fungsinya adalah untuk mengukur arus listrik (I). Namun selain itu tang ampere juga dapat digunakan untuk mengukur tegangan listrik (V) atau besaran lainnya.

Kelebihan tang ampere adalah kemudahannya saat digunakan untuk mengukur arus listrik. Kita tidak memerlukan kabel probe untuk mengukur arus listrik. Kita hanya perlu mengkalungkan clamp pada tang ampere ke kabel yang hendak kita ukur arus listriknya.

Tang ampere juga berguna untuk panduan mengisi refrigerant atau Freon dengan berdasarkan arus listrik. Tang ampere ada yang berbentuk analog dan ada yang digital.

 

11. Kapasitor Tester

Kapasitor tester berfungsi untuk mengukur kapasitas dari kapasitor. Kapasitor merupakan komponen elektronik yang fungsinya untuk menyimpan arus listrik. Satuan kapasitas kapasitor adalah Farad (F). Pada unit mesin pendingin biasanya menggunakan kapasitor dalam ukuran mikroFarad (mF).

Kapasitor pada mesin pendingin digunakan untuk membantu starting awal dari kapasitor atau motor penggerak lainnya. Pada AC Split misalnya, terdapat kapasitor untuk kompresor, dan kapasitor untuk kipas kondensor atau blower indoor.

Dengan alat kapasitor tester ini, maka kita dapat mengetahui apakah komponen kapasitor pada unit mesin pendingin masih dalam kondisi baik. Nilai kapasitor yang masih baik akan sesuai dengan angka yang tertera pada body kapasitor. Jika kapasitor telah lemah, maka akan menunjukkan nilai di bawah angka yang tertera pada body kapasitor.

 

12. Detektor Kebocoran Refrigeran (Leak Detector)

Peralatan servis AC ini berfungsi untuk mengetahui kobocoran refrigerant yang terjadi pada sistem pendingin. Alat ini merupakan suatu alat elektronik yang cara kerjanya dengan menggunakan sensor gas.

Sensor yang terdapat di ujung alat detector ini akan mendeteksi dimana kebocoran gas terjadi. Jika sensor mendeteksi ada kebocoran gas, maka alat akan mengeluarkan suara. Dengan menggunakan leak detector ini, pekerjaan mencari kebocoran pipa mesin pendingin akan lembih mudah untuk dilakukan.

Namun harga alat ini cukup mahal. Meski demikian, masih ada cara yang simple dan murah untuk mencari kebocoran pipa pada mesin pendingin skala rumahan, yaitu dengan teknik buble test atau tes air sabun.

Cara melakukan teknik buble test atau tes air sabun adalah dengan memberikan air sabun pada bagian pipa yang kemungkinan mengalami kebocoran. Jika ada kebocoran pada bagian tersebut, maka akan timbul gelembung sabun pada bagian yang diberi air sabun tersebut.

 

13. Brander Las (Peralatan las)

Fungsi brander las adalah untuk melakukan pengelasan pemipaan pada mesin-mesin refrigerasi. Pada mesin refrigerasi, pipa yang dipakai ada beberapa jenis pipa; tembaga, alumunium, besi/baja, dan pipa feksibel.

Brander atau peralatan las ini selain untuk menyambung atau menambal, juga dipakai untuk melepas sambungan las yang sudah ada sebelumnya.

Bahan bakar untuk las ini ada beberapa pilihan, seperti asetilin, atau menggunakan LPG. Sedangkan untuk filler atau bahan tambahnya, dapat menggunakan kawat las perak dan aluminium.

 

14. Dental Mirror

Dental mirror atau cermin kaca ini fungsinya untuk memeriksa hasil pengelasan pada pipa. Dengan alat ini, maka kita dapat melihat bagian belakang pipa yang terhalang. Alat ini juga akan sangat membantu untuk melihat hasil pengelasan pipa pada bagian yang sulit dijangkau atau pada bagian yang sempit.

Pada merk tertentu ada yang menyertainya dengan senter kecil bertenaga baterai. Dengan demikian, maka akan memudahkan melihat pada bagian-bagian yang gelap atau kurang cahaya.

 

Itulah macam-macam peralatan servis AC split, AC mobil dan kulkas yang perlu dimiliki oleh seorang teknisi refrigerasi dan tata udara. 

 

Posting Komentar untuk "Peralatan Servis AC, AC Mobil dan Kulkas beserta Fungsi"