-->

Standar Warna Kabel Instalasi Listrik PUIL 2000 dan 2011

Warna Kabel Listrik Menurut PUIL 2000 dan 2011

Pada instalasi rumah tinggal, kabel merupakan komponen istalasi listrik yang paling utama. Fungsi kabel listrik adalah sebagai penghantar listrik. Pada umumnya, terdapat banyak jenis kabel yang digunakan sebagai penghantar listrik. Namun utnuk keperluan instalasi listrik pada rumah tinggal, jenis kabel yang umum dipakai adalah kabel NYA atau NYM.

Jenis kabel pun ada banyak ukuran dan bentuknya. Namun untuk keperluan rumah tinggal, ukuran kabel yang dipakai adalah kabel dengan luas penampang antara 1,5 milimeter sampai 2,5 milimeter.

Standar Warna Kabel Instalasi Listrik PUIL 2000 dan 2011



Kabel instalasi terdiri dari kabel Phase, kabel Netral, dan kabel Arde.

  • Kabel Phase disebut juga kabel fasa, kabel api, atau kabel positif (+)
  • Kabel Netral disebut juga kabel negative (-)
  • Kabel Arde disebut juga kabel grounding atau pentanahan/pembumian.

Instalasi yang baik dan aman harus terdiri dari tiga kabel ini. Namun…, kebanyakan instalasi listrik di rumah-rumah di Indonesia hanya menggunakan dua kabel saja, Phase dan Netral. Kabel arde atau pembumian jarang digunakan. Alasan yang sering dipakai adalah penghematan bahan atau biaya.

Sebenarnya kabel arde atau pembumian mempunyai fungsi sebagai pengaman dari kegagalan isolasi pada rangkaian instalasi. Tegangan listrik yang terekspos (bocor) akan disalurkan ke tanah oleh kabel arde.


Cara Membedakan Kabel Instalasi Berdasarkan Warna Kabel

Dari tiga jenis kabel yang telah disebutkan di atas, lalu pertanyaanya; Bagaimana cara membedakan kabel instalasi berdasarkan kode warna? Berikut ini adalah penjelasan bagaimana menentukan kabel phase, netral dan ground berdasarkan kode warnanya.

Penentuan warna kabel instalasi listrik di Indonesia mengacu pada standar PUIL (Peraturan Umum Instalasi Listrik) dan SNI (Standar Nasional Indonesia). Dan yang harus diketahui bahwa pada PUIL telah dilakukan beberapa revisi. PUIL 2000 hingga sekarang yang terakhir adalah PUIL 2011.

Pada pembahasan kode warna kabel ini akan kami berikan tabel perbedaan kode warna kabel antara PUIL 2000 dengan PUIL 2011. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan kita mengenai standarisasi kode warna kabel listrik.  

Berikut ini adalah tabel warna kabel instalasi listrik

Standar Warna Kabel Instalasi Listrik PUIL


Pada kedua peraturan tersebut terdapat perbedaan standar penentuan kode warna kabel instalasi listrik. Jadi…, pada instalasi listrik lama akan ditemukan penggunaan kode warna sesuai dengan PUIL yang terdahulu. Dan untuk pemasangan instalasi listrik saat ini, maka standar yang digunakan dapat mengacu pada PUIL 2011. Dan tidak menutup kemungkinan dapat berubah lagi sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi.

Demikianlah penentuan standar warna kabel instalasi listrik berdasarkan PUIL. Semoga informasi ini dapat berguna bagi anda. 


0 Response to "Standar Warna Kabel Instalasi Listrik PUIL 2000 dan 2011"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel