-->
Indonesia Website Awards

Fungsi Desfrost Timer pada Kulkas dan Cara Mengeceknya

Fungsi Desfrost Timer pada Kulkas

Defrost Timer pada kulkas adalah sebuah komponen kulkas yang berfungsi untuk timer pada saat proses mencairkan bunga es di evaporator kulkas. Jadi defrost timer ini membatasi lamanya waktu untuk proses mencairkan salju (defrost) pada evaporator.

Komponen ini biasanya terdapat pada kulkas dua pintu. Dengan demikian proses pencairan bunga es (frost) pada kulkas dua pintu akan berlangsung secara otomatis, berdasarkan timer. Hal ini tidak terjadi pada kulkas satu pintu.

Pada kulkas satu pintu, proses pencairan bunga es (defrost) dilakukan secara manual. Maka kita akan sering melihat bunga es atau salju yang menumpuk pada kulkas satu pintu. Dan tumpukan salju es yang tebal ini harus kita buang secara manual dengan menekan tombol defrost pada thermostat di bagian freezer.

 

Cara Kerja Defrost Timer

Bagaimana cara kerja defrost timer pada kulkas? Fungsi defrost timer pada kulkas dua pintu ini sangat penting untuk mencegah bungas es di evaporator menjadi tebal. Defrost timer kulkas akan bekerja mengatur waktu atau interval pencairan bunga es pada evaporator kulkas.

Interval waktu pencairan bunga es ini bervariasi, mulai dari 6 jam, 8 jam, atau 10 jam tergantung pada spesifikasi defrost timer kulkas.

Defrost timer ini akan bekerja mengatur kompresor dan heater secara berghantian. Saat kontak terhubung ke kompresor, maka kompresor akan bekerja ON, dan heater OFF. Saat kontak terhubung ke defrost thermostat, maka heater akan bekerja ON, dan kompresor OFF. Perhatikan gambar berikut ini.


Fungsi Desfrost Timer pada Kulkas dan Cara Mengeceknya


Fungsi Desfrost Timer pada Kulkas


Kerusakan Defrost Timer

Jika defrost timer pada kulkas rusak pada bagian kontak yang terhubung ke heater, maka proses pendinginan pada kulkas akan terjadi terus menerus. Akibatnya akan terjadi penumpukan atau penebalan bunga es di evaporator kulkas.

Jika defrost timer rusak pada bagian kontak yang terhubung ke kompresor, maka proses pendinginan pada kulkas tidak terjadi, karena kompresor tidak bekerja.

Heater adalah elemen pemanas yang akan memanasi bunga es hingga mencair. Lama waktu pemanasan ini juga diatur oleh timer. Saat heater bekerja maka kompresor akan off sehingga tidak berlangsung proses pendinginan. Proses defrost dan pendinginan akan saling bergantian.

Kerusakan juga dapat terjadi pada gear atau roda gigi timer. Gear dapat aus atau patah. Akibatnya siklus pendinginan atau defrost tidak sesuai dengan interval yang ditetapkan pabrik.

 

Cara Mengecek Defrost Timer

Dilihat dari pin atau kakinya, defrost timer pada kulkas dua pintu ada dua jenis, yaitu defrost timer 1-3 dan 1-4.

Perbedaanya adalah pada power supply dari timer tersebut. Pada defrost timer 1-3, sumber listriknya pada pin 1 dan 3, sedangkan pada jenis timer 1-4, sumber listriknya pada pin 1 dan 4.

Pengecekan kerusakan defrost timer kulkas dapat dilakukan dengan menggunakan alat multitester (multimeter). Pengecekan dilakukan pada pin atau kaki pada defrost timer.

Atur selektor multimeter pada pengukuran hambatan (Ohm). Kemudian hubungkan probe multimeter ke pin 1-3 pada defrost timer. Jika jarum multi bergerak, berarti kontak terhubung. Kemudian lanjutkan dengan menghubungkan pin tersebut ke sumber tegangan listrik PLN 220V untuk melihat gear atau roda gigi berputar.

Jika defrost timer rusak, sebaiknya gantilah dengan defrost timer yang sama dengan asli bawaan kulkas. Jika tidak ada, gantilah komponen tersebut sesuai dengan jumlah pin dan interval waktu, 6 jam, 8 jam, atau 10 jam.

0 Response to "Fungsi Desfrost Timer pada Kulkas dan Cara Mengeceknya"

Posting Komentar

Berkomentar dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel