Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Macam-Macam Gambar Perspektif

Pengertian Gambar Perspektif

Pengertian dari gambar perspektif adalah teknik atau cara menggambar sebuah objek nyata atau imajiner yang menggunakan titik hilang (vanishing point). Gambar perspektif menggunakan pandangan mata dari penggambarnya.

Gambar perspektif yang biasa kita temui banyak dipakai pada gambar seni. Namun tidak menutup kemungkinan digunakan juga dalam ilmu menggambar teknik. Suatu objek digambar dalam sebuah bidang datar sehingga gambar yang dihasilkan berupa sebuah gambar menurut cara pandang, jarak dan posisi tertentu.

Pengertian dan Macam Jenis Gambar Perspektif


Ciri Gambar Perspektif

Ciri-ciri gambar perspektif dapat kita pahami dari beberapa hal berikut ini:

  1. Menggunakan sudut pandang mata.
  2. Semakin jauh kedudukan benda, semakin kecil ukurannya.
  3. Semakin jauh jaraknya, sampai tak terhingga, semakin kecil dan hilang pada satu titik.

 

Tipe Gambar Perspektif

Tipe gambar perspektif dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu:

1. Perspektif Sejajar

Perspektif sejajar atau Aereal perspective merupakan suatu teknik gambar perspektif yang digambar berdasarkan pada ketegasan garis dan warna sebuah objek gambar. Semakin dekat jarak objek gambar, maka garis dan warna objek gambar akan semakin tegas dan jelas.



Perhatikan contoh gambar pemandangan di atas. Tampak perbukitan yang lebih jauh akan memiliki garis dan warna yang semakin memudar.

Semakin jauh jarak objek gambar, maka garis dan warna objek gambar akan semakin buram atau pudar, hingga mencapai titik hilang.

2. Perspektif Sudut

Perpektif sudut atau Linear Perpective merupakan suatu teknik menggambar perspektif dengan menggunakan bantuan titik hilang (vanishing point) atau garis-garis yang memusat pada suatu titik.

 

Jenis Gambar Perspektif Sudut (Linear Perspective)

Berdasarkan titik hilangnya, gambar perspektif dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

1. Perspektif Satu Titik (One Point Perspective)

Untuk memahami gambar perspektif satu titik perhatikan contoh gambar berikut ini.

Bila suatu objek (kubus) diletakkan pada sebuah bidang datar dan sisi depannya sejajar pada bidang proyeksi, maka beberapa rusuknya akan sejajar dengan bidang proyeksi. Sebagian rusuk lainnya akan tampak menuju satu titik hilang (One Point).

Gambar Perspektif satu titik

Berikut ini adalah contog gambar dengan perpektif satu titik. Pada gambar ditampilkan sebuah ruangan dapur dengan satu sudut pandang, yaitu dari tengah ruangan dapur. Titik hilang pada gambar ada pada jendela dapur, sebagai pusat dari pandangan.

Contoh gambar kedua berupa sebuah jalan panjang pada suatu gurun. Pada gambar perspektif tersebut, tampak jalan aspal tersebut semakin jauh akan tampak semakin mengecil, hingga hilang pada satu titik.

 

2. Perspektif Dua Titik (Two Point Perspective)

Gambar perspektif dua titik sering juga disebut dengan istilah Angular Perspective atau Two Point Perspective. Sesuai namanya, pada gambar perspektif ini terdapat dua titik hilang. Pada contoh gambar berikut tampak beberapa gedung yang terlihat. Dua sisi gedung akan semakin mengecil menuju dua titik hilang di kiri dan kanannya.

Gambar Perspektif dua titik

 

3. Perspektif Tiga Titik (Three Point Perspective)

Gambar perspektif tiga titik disebut juga Oblique Perspective atau Three Point Perspective. Pada Perspektif tiga titik terdapat tiga titik hilang (vanishing point), yaitu di kiri dan kanan, serta di atas atau di bawah objek.

Contoh gambar perspektif tiga titik adalah seperti berikut ini.

Gambar Perspektif tiga titik


Demikian lah pembahasan kita mengenai gambar perspektif. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Silahkan share kepada teman-teman anda. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Macam-Macam Gambar Perspektif"