Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Format Gambar WebP untuk Blog agar Loading Cepat

Membuat Format Gambar WebP untuk Blog

Membuat Format Gambar WebP - Loading sebuah blog atau website memegang peranan yang sangat penting bagi keberadaan sebuah blog atau website. Pengunjung blog akan lebih betah berlama-lama pada sebuah blog yang responsive. Dan konten gambar pada sebuah blog juga akan menentukan kecepatan loading sebuah blog. Diperlukan format gambar yang tepat agar loading blog anda lebih cepat.

Untuk itu, para webmaster senantiasa mengusahakan agar gambar yang ada pada blog dapat dimuat dengan maktu loading yang cepat. Pemilihan format gambar pada sebuah blog sangat menentukan sekali dalam hal ini.


Membuat Format Gambar WebP


Sajikan Format Gambar Generasi Terbaru

Format gambar generasi terbaru seperti JPEG 2000, JPEG XR dan WebP memiliki kompresi gambar yang lebih baik dibandingkan dengan format PNG atau JPEG. Hal ini berarti akan lebih irit dalam konsumsi data dan juga memiliki kecepatan download gambar yang lebih cepat.

Bagi seorang blogger, tentu seringkali menggunakan gambar-gambar untuk konten artikel mereka. Pemilihan format gambar yang sesuai akan menentukan sebuah halaman dapat dimuat oleh browser yang dipakai oleh pengunjung blog.

 

Kelebihan Format Gambar WebP

JPEG 2000, JPEG XR dan WebP adalah format gambar yang memiliki kompresi diatas rata-rata dan memiliki karakteristik yang lebih baik daripada format JPEG dan PNG yang lebih usang. Merubah format gambar ke dalam format yang lebih baru ini berarti akan membuat proses loading web menjadi lebih cepat. Selain itu konsumsi data seluler juga akan lebih hemat.

Format gambar WebP sudah di support pada browser Chrome dan Opera. Loading web akan lebih cepat dengan menggunakan format gambar WebP tersebut. Format gambar webP telah banyak digunakan oleg para webmaster di dunia karena kelebihannya tersebut. Pengunjung akan lebih senang mengunjungi blog dengan kecepatan loading yang baik dibandingkan dengan blog yang loadingnya lambat.

 

Membuat Gambar WebP untuk Blog

WebP adalah format file gambar dari Google. Format gambar WebP mempunyai kompresi yang baik seperti JPEG, dan juga mempunyai transparansi seperti file PNG. Selain itu, format gambar WebP juga telah mendukung platform Android mulai Android versi 4.0.

Dengan menerapkan format gambar WebP, maka ukuran gambar yang digunakan untuk web akan dikompres berkali-kali lipat lebih kecil dari ukuran sebelumnya. Namun demikian, dengan ukuran size gambar yang kecil, tetap memiliki kualitas gambar yang masih baik. Format gambar WebP ini sangat cocok untuk digunakan pada blog atau website kita karena ukurannya yang kecil.

Sebagai pemisalan, jika sebuah gambar dalam format PNG memiliki ukuran 2MB, setelah diconvert ke dalam format gambar WebP, maka ukuran file gambar tersebut dapat merubah menjadi 20KB. Berkali-kali lipat lebih kecil dari ukuran sebelumnya, dengan kualitas gambar yang masih sangat baik untuk keperluan loading web atau blog yang cepat dan ringan.

 

Bagaimana Cara Convert Gambar menjadi WebP

Untuk mengconvert gambar ke format WebP, kita bisa menggunakan aplikasi XnView. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi converter gambar. Anda bisa mengconvert gambar ke dalam format WebP dengan mudah. Untuk aplikasi converter WebP yang lain bisa anda baca disini 6 Software Konversi Gambar ke Format WebP

Kelebihan XnView adalah aplikasi ini gratis, dan dapat dilakukan secara offline. Prosesnya cepat, dan dapat melakukan convert beberapa gambar sekaligus. Selain itu kualitas hasil convertnya juga sangat baik. Berikut ini cara convert gambar WebP dengan mudah:

1.       Silahkan anda d0wnload XnView terlebih dahulu.

2.       Instal XnView di computer anda

3.       Buka aplikasi XnView yang sudah diinstal

4.       Sebelum mulai, lakukan setting pada aplikasi

5.       Masuk ke Menu Tool > Batch Convert

Membuat Format Gambar WebP untuk Blog

6.       Klik pada tab Output. Pilih Format >WebP

7.       Pada menu Input, pilih gambar yang akan diconvert menjadi WebP dengan klik +Add files

Format Gambar WebP untuk Blog

8.       Klik Convert

9.       Selesai!


Itulah tadi cara membuat format gambar WebP untuk blogger. Format gambar WebP juga bisa diterapkan pada website Wordprees, Drupal, Joomla dan sebagainya.

Posting Komentar untuk "Membuat Format Gambar WebP untuk Blog agar Loading Cepat"