Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Aktivasi Akun Pembelajaran @belajar.id dari Kemendikbud

Cara Aktivasi Akun @belajar.id dari Kemendikbud

Akun pembelajaran @belajar.id merupakan suatu akun yang memuat user ID (nama akun) dan sebuah password (kata sandi) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Akun @belajar.id ini dapat digunakan oleh peserta didik, guru, dan tenaga kepenpendidikan sebagai akun untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik.

Cara Mendapatkan Akun Pembelajaran @belajar.id


Cara Mendapatkan Akun Pembelajaran @belajar.id

Untuk Operator Satuan Pendidikan

1.       Login ke laman pd.data.kemdikbud.go.id,

2.       Klik tombol "Unduh Akun", pilih "Peserta Didik" atau "PTK" untuk mengunduh nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) Akun Pembelajaran untuk pengguna di satuan pendidikan Anda. File dalam bentuk csv.

3.       Buka file csv yang telah di download tadi, lalu berikan informasi akun (user ID dan password) kepada pengguna yang bersangkutan secara pribadi.

Bagi operator sekolah, video panduan akses dan mengaktifkan akun pembelajaran ini bisa anda tonton.



 

Bagi Guru, Siswa, dan Tenaga Kependidikan

1.       Dapatkan akun (user ID) dan password akun pembelajaran @belajar.id dari Operator Satuan Pendidikan di sekolah masing-masing. Operator sekolah lah yang memiliki akses untuk dapat mendownload data akun pembelajaran.  Hal ini berdasarkan SE (Surat Edaran) No 37 Tahun 2020 tentang Akun Akses Layanan Pembelajaran bagi Peserta Didik, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan.

Cara Aktivasi Akun Pembelajaran

2.       Lalu, buka halaman mail.google.com. Kemudian masuk dengan menggunakan nama akun (user ID) dan password yang telah dimiliki.

3.       Lalu anda akan diminta untuk menyetujui syarat dan ketentuan tentang penggunaan akun @belajar.id dan juga mengganti password akun dengan password yang baru. Ingat bila perlu catat password baru yang anda buat. Passwor itu yang akan anda gunakan setiap kali masuk kea kun pembelajaran.

Cara Aktivasi Akun @belajar.id


4.       Selamat! Aktivasi akun pembelajaran anda sudah berhasil.

Jika anda masih kesulitan, coba simak video tutorial aktivasi akun pembelajaran @belajar.id berikut ini.



Demikianlah cara aktivasi akun pembelajaran @belajar.id. Anda sudah langsung bisa mengakses layanana/aplikasi dari kemendikbud dengan menggunkan akun pembelajaran ini. Untuk informasi lebih detail mengenai akun pembelajaran ini, anda bisa masuk ke laman resmi belajar.id


Posting Komentar untuk "Cara Aktivasi Akun Pembelajaran @belajar.id dari Kemendikbud"