Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengenalan Tampilan dan Koordinat pada AutoCAD

Tentang Aplikasi AutoCAD

Program desain AutoCAD (Automatic Computer Aided Design) dibuat oleh perusahaan Autodesk. Software AutoCAD ini berfungsi untuk membantu memudahkan dan mengefisiensi waktu dalam membuat sebuah objek/ gambar rancangan, baik dua dimensi maupun tiga dimensi.

Program AutoCAD memiliki berbagai fitur agar gambar rancangan yang dibuat dapat dibaca (compatible) dengan program lain. Dengan memberi format file yang berekstensi DWG, DXT, DWT, DXB, SLD, IDES, 3DS, maka suatu saat nanti desain gambar yang telah dibuat dapat dilanjutkan kembali atau diperbaiki menggunakan program lain.

 

Pengenalan Tampilan dan Koordinat pada AutoCAD

Tampilan Grafis Program AutoCAD

Jika kita membuka workspace program AutoCAD, kemudian dapat kita lihat tampilan AutoCAD memiliki elemen-elemen sebagai berikut:

  • Area gambar workspace dengan background hitam
  • Command Line, yaitu untuk menulis perintah.
  • Status Line, yaitu tombol yang interaktif yang digunakan bersama pada saat menggambar.
  • Title bar, merupakan judul file, berada dibagian paling atas jendela AutoCAD yang menampilkan nama program dan dokumen yang sedang digunakan atau aktif.
  • Main menu, dimana perintah diakses dengan klik dan akan menampilkan menu berikutnya.
  • Toolbar, yaitu berupa simbol-simbol perintah yang sangat praktis penggunaanya.

 

Konsep Menggambar Dalam AutoCAD

1. Sudut dan Satuan (Units) dalam AutoCAD

Secara default bawaannya, arah putar sudut dalam AutoCAD adalah berlawanan dengan arah jarum jam, CCW (Counter Clock Wise). Meskipun demikian sudut dapat diatur kembali sesuai keinginan pengguna. Satuan yang dipakai dalam AutoCAD adalah unit. 1 unit dapat dinyatakan dalam sistem ukuran Imperial dan Metric.


2. Mengatur Luas Daerah Gambar (Setting Limits)

Lembar kerja atau workspace yang ada dalam AutoCAD terdiri dari koordinat absolut yang sangat luas. Oleh karena itu bidang gambar harus dibatasi. Jika tidak dibatasi maka gambar yang dihasilkan bisa tidak terlihat disebagian layar. Hal ini tentunya akan sangat membingungkan bagi penggunan yang masih pemula. Luas daerah gambar default memiliki ukuran 12 unit x 9 unit, dan dapat sesuaikan sesuai keinginan pengguna dengan cara Command: limits

Reset Model space limits:

Specify lower left corner or [ON/OFF] <0.0000,0.0000>: <enter>

Specify upper right corner <12.0000,9.0000>: 420,270 <enter>

 

Perlu diingat, bahwa penggunaan angka yang dimasukan dalam AutoCAD dengan menggunakan tanda koma akan terbaca sebagai titik koordinat. Sedangkan penggunaan tanda titik pada angka akan dibaca sebagai koma.

 

Kemudian aktifkan limit tersebut menggunakan perintah ZOOM.

Command: ZOOM

Specify corner of window, enter a scale factor (nX or nXP), or

[All/Center/Dynamic/Extents/Previous/Scale/Window/Object]

<real time>: all <enter>

Regenerating model.

 

 

Sistem Koordinat pada AutoCAD

Sistem koordinat yang digunakan dalam AutoCAD yaitu :

1) Koordinat Absolut atau Koordinat Cartesian

Sistem koordinat absolut terdiri dari X = axis Y = ordinat, penulisan koordinatnya dipisahkan oleh tanda koma (X,Y), letak suatu titik dinyatakan oleh suatu koordinat.

Koordinat Absolut Kartesian Cartesian

 

2) Koordinat Cartesian Relatif

Bila titik A dan titik B di atas dinyatakan dengan koordinat Cartesian Relatif maka titik A = 5,8 dan B = @7,6. Untuk titik yang pertama (A) selalu dinyatakan dalam koordinat absolut, sedangkan titik berikutnya (B) dihitung X dan Y-nya dari titik A dinyatakan dengan tanda @ (relatif dari titik yang pertama).

Koordinat Kartesian Relatif

 

3) Koordinat Polar Relatif

Sistem koordinat absolut terdiri dari X = axis Y = ordinat, penulisan koordinatnya dipisahkan oleh tanda koma (X,Y), letak suatu titik dinyatakan oleh suatu koordinat.

Koordinat Polar Relatif

Ketiga sistem koordinat ini dapat digunakan semuanya pada proses penggambaran dan pengeditan gambar. Pemilihan sistem koordinat tergantung pada kondisi objek yang harus digambar atau objek yang harus diedit.

Perhatikan gambar kotak segi empat di bawah ini, pada tabel diperlihatkan ketiga sistem koordinat untuk membuat kotak segi empat tersebut.




Posting Komentar untuk "Pengenalan Tampilan dan Koordinat pada AutoCAD"