-->

Kewirausahaan di Bidang Teknik Kimia Industri

Kewirausahaan di Bidang Teknik Kimia Industri

Kira-kira apa yang kamu ketahui tentang kegiatan kewirausahaan atau berwirausaha di bidang teknik kimia industri? Apakah kamu tahu contoh produk yang sesuai dengan bidang Teknik kimia industri untuk kegiatan wirausaha?

Pengertian kewirausahaan adalah merupakan proses atau kegiatan mendapatkan sesuatu yang baru, yang pengerjaannya dilakukan dengan kreatif dan inovatif. Dalam lampiran Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 1995 tentang Gerakan Nasional Memasyarakat dan Membudayakan Kewirausahaan (GNMMK), kewirausahaan merupakan semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan keuntungan yang lebih besar. Kewirausahaan menyangkut kemampuan seseorang untuk menciptakan lapangan kerja bagi diri sendiri maupun orang lain dengan swadaya.

Sabun mandi produk kewirausahaan


Beberapa contoh kegiatan wirausaha di bidang teknik kimia industri antara lain membuat produk-produk seperti produk makanan atau produk kimia yang sesuai untuk dipasarkan. Produk makanan yang bisa dihasilkan misalnya keripik buah dengan metode vacuum frying, sedangkan produk kimia yang dapat dihasilkan misalnya sabun cuci piring dan hand sanitizer.

Sebelum membuat produk, seorang wirausaha tentu harus bisa membuat rencana terlebih dulu dengan menghitung modal yang dibutuhkan, menganalisis sektor usaha yang akan dijalani, memperkirakan penghasilan yang diperoleh, serta mengevaluasi prospek usaha ke depannya.

 

Peluang Usaha di Bidang Teknik Kimia Industri

Bagi seorang yang akan menjadi wirausaha, mengerti peluang usaha serta memperkirakan peluang usaha yang tepat tentu akan sangat menguntungkan bagi usaha yang dijalankan. Apa saja faktor yang dapat mendukung peluang usaha yang akan dilakukan? Apa saja langkah yang harus dilakukan agar dapat memperkirakan peluang usaha yang tepat?

Dalam kehidupan ini terjadi berbagai kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan, salah satunya adalah usaha. Dalam wirausaha terkait produksi barang ataupun jasa, seorang wirausaha harus melihat peluang usahanya terlebih dahulu.

Yang dimaksud dengan peluang usaha adalah semua ide bisnis, prospek, perencanan, ataupun kesempatan lain untuk suatu usaha yang sedang dikembangkan atau akan dimulai. Atau dengan kata lain suatu proses identifikasi kesempatan untuk memulai usaha yang baru.

Dalam melakukan wirausaha, tentu tidak akan lepas dengan istilah peluang usaha dan kewirausahaan sehingga harus dilakukan analisa kriteria usaha terlebih dulu. Analisis kriteria usaha melingkupi analisa modal, analisa sector usaha, analisa penghasilan, analisa prospek, dan analisa jam kerja.

Setelah itu baru dilakukan identifikasi peluang usaha dengan cara menggali informasi, menngunakan pengalaman pribadi, serta melihat pesaing pada usaha yang sejenis. Dalam peluang usaha, perlu juga dipelajari penyebab kegagalan dalam peluang usaha yang sedang dilakukan. Kegagalan dapat terjadi apabila dilakukan analisis peluang usaha dengan asal-asalan, manajemen yang buruk dan sifat yang mudah menyerah.


Pemasaran Produk Kewirausahaan Bidang Kimia

Setelah melakukan identifikasi peluang usaha, tentu Langkah selanjutnya adalah memasarkan produk yang dibuat. Dalam memasarkan produk yang dibuat, tentu dibutuhkan teknik pemasaran yang sesuai dengan peluang usaha dan produk yang akan dipasarkan.

Agar usaha dapat berkembang pesat, memilih strategi dan Teknik pemasaran adalah hal yang sangat krusial. Karenanya seorang wirausahawan harus menguasai berbagai teknik untuk mengenalkan produk atau layanan jasanya dengan maksimal. Tujuannya adalah agar pemasaran produk atau jasa tersebut dapat terarah dan terfokus dan pada akhirnya memperoleh keuntungan.

Salah satu teknik pemasaran yang dapat dilakukan adalah menggunakan sosial media sebagai sarana pemasaran. Pengoptimalan media sosial sangat berguna sebagai sarana promosi agar produk tersebut mudah dikenali oleh banyak orang. Banyak sekali jenis media sosial yang dapat kita jadikan sarana promosi bagi produk atau layanan kita.

Dengan menggunakan media, akan membuka peluang atau kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar dengan menggaet market konsumen potensial. Media yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan pemasaran antara lain facebook, instagram, atau media sosial lainnya.


Teknik Copywriter Produk Kewirausahaan

Dalam melakukan promosi, tentu dibutuhkan teknik-teknik tertentu seperti pemilihan gambar dan kalimat yang bisa mempengaruhi konsumen agar tertarik dengan produk yang kita jual. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan menerapkan teknik copywriting yang bertujuan untuk menyampaikan informasi dan pesan suatu produk kepada konsumen dengan efektif.

Untuk menulis dengan teknik copywriting yang baik, langkah yang harus dilakukan adalah mempelajari produk yang dijual, memahami kebutuhan konsumen, menentukan headline yang bisa memikat minat konsumen, buat tulisan menarik untuk mendukung headline, dan disertai persuasi atau ajakan agar tertarik membeli.

Contoh penerapan teknik copywriting antara lain dengan mencantumkan diskon, gratis ongkos kirim, bonus, hadiah, paket produk dengan harga murah dan lain-lain. Perhatikan contoh iklan di bawah ini!




Jika melihat judul iklan di atas, menurutmu mana kalimat yang lebih menarik minat konsumen? Iklan yang kedua kan lebih menarik perhatian konsumen. Sebab, pada iklan kedua pembeli akan mendapatkan bonus kaos kaki. Dengan demikian konsumen akan tertarik untuk mendapatkan sepatu dengan tambahan bonus tersebut.

Contoh iklan dengan teknik copywriter yang lain dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Jika melihat judul iklan di atas, contoh iklan mana yang lebih menarik minat konsumen? Tentu saja contoh iklan kedua akan lebih menarik minat konsumen. Iklan kedua menjadi lebih menarik karena terdapat gratis biaya kirim parfum.

Begitulah fungsi dari teknik copywriting pada iklan yang bertujuan untuk meraih minat konsumen kepada barang yang dijual dengan lebih efektif. Teknik tersebut bisa kamu gunakan dalam memasarkan produk yang sudah kamu hasilkan sehingga kegiatan kewirausahaanmu semakin lancar.


0 Response to "Kewirausahaan di Bidang Teknik Kimia Industri"

Posting Komentar

Berkomentar dengan sopan.

Featured post

Pengelolaan Sampah di Indonesia featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel