-->

Memilih Alat Pembuka Jendela Otomatis

Pembuka Jendela Otomatis

Pembuka jendela otomatis adalah alat yang dapat membuka daun jendela secara otomatis. Dengan alat ini, maka Anda tidak perlu bangun dari tempat duduk Anda untuk membuka atau menutup jendela. Anda dapat melakukannya dengan hanya menekan tombol, dengan perintah suara atau menutupnya secara otomatis berdasarkan suhu ruangan. Keren banget ya!?

Bagaimana Cara Kerja Pembuka dan Penutup Jendela Otomatis?

Pembuka jendela otomatis bekerja dengan bantuan aktuator jendela. Aktuator adalah mekanisme dasar yang berfungsi mengatur otomatisasi buka tutup jendela. Dengan menekan tombol pada remote dan mengirimkan sinyal ke actuator, maka jendela akan terbuka atau tertutup.

Ada 3 mekanisme kerja dari pembuka/penutup jendela. Mekanisme rack and pinion bekerja memutar pinion dan menggerakkan rak yang dipasanginya. Aktuator rantai (actuator chain) bekerja dengan cara yang sama. Aktuator batang (rod actuator) terpasang pada sebuah trek, sehingga dapat memanjang saat mendapat daya dan aktuator memanjang bersamanya.



Alasan Menggunakan Pembuka Jendela Otomatis

Kenyamanan

Pembuka jendela otomatis menandakan simbol kenyamanan di dalam ruangan. Anda tidak perlu bangun dari tempat duduk Anda untuk membuka atau menutup jendela Anda. Anda dapat melakukannya dengan menekan sebuah tombola tau remote control. Ini merupakan suatu kemudahan bagi mereka yang tidak dapat bergerak bebas karena satu dan lain alasan.


Ventilasi

Ventilasi udara sangat penting pada suatu ruangan. Membuka jendela dapat membantu menghindari ruangan dari jamur dan bau akibat kondisi ruangan yang lembab. Udara segar akan dapat menyehatkan Anda. Anda akan mendapatkan kenyamanan hanya dengan menekan tombol untuk membuka jendela. Kenyamanan ini bisa anda dapatkan, dengan pembuka jendela elektrik.


Merupakan Smart Device

Beberapa pembuka jendela elektrik memiliki kemampuan yang lebih canggih daripada yang lain. Misalnya, Anda dapat menemukan jenis pembuka jendela yang dilengkapi dengan sensor hujan dan angin yang akan menutup jendela secara otomatis.

pembuka Jendela Otomatis

Beberapa pembuka jendela kompatibel dengan termostat pintar. Keduanya dapat bekerja sama dan memutuskan kapan jendela harus dibuka atau ditutup, berdasarkan pengaturan yang dipilih pengguna.

Alat Pembuka Jendela Otomatis


Posisi Jendela yang Sulit Dijangkau

Jika ruangan Anda memiliki langit-langit yang sangat tinggi dan jendela yang sulit dijangkau, maka jendela listrik otomatis akan sangat memudahkan Anda. Tidak perlu mencari tangga atau meminta bantuan seseorang yang bertubuh tinggi. Anda bisa mengatur jendela Anda terbuka selama yang Anda inginkan dan tertutup dari jarak jauh dengan menggunakan tombol atau remote.

Alat Pembuka Jendela Otomatis


Fitur-Fitur Pembuka Jendela Otomatis

Jenis Mekanisme

Mekanisme yang membuat pembuka jendela bekerja disebut aktuator jendela. Aktuator mengotomatiskan proses dan akan membuka atau menutup jendela ketika menerima sinyal.

Ada 3 jenis aktuator. Aktuator rantai (chain actuator) dan aktuator rak dan pinion (rack and pinion) bekerja dengan cara yang sama. Pinion terpasang ke rak dan ketika berputar, rak ikut berputar. Aktuator batang (rod actuator) sedikit berbeda. Aktuator batang terpasang pada trek, yang memanjang saat diberi tegangan.


Instalasi

Jendela jenis apa pun bisa memanfaatkan alat pembuka jendela otomatis. Namun, pembuka jendela otomatis sering dipasang di jendela yang sulit dijangkau. Lalu, bagaimana cara menginstal unit pembuka jendela otomatis? Sebagian besar pembuka jendela elektrik mudah dipasang. Anda dapat memasangnya sendiri. Memasang pembuka jendela otomatis cukup mudah untuk dilakukan.

Atau jika Anda perlu bantuan, anda bisa menggunakan jasa teknisi instalasi professional. Pada beberapa perangkat memerlukan instalasi professional. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah, karena sebagian besar produsen pembuka jendela akan menawarkan opsi jasa pemasangan saat membeli alat pembuka jendela otomatis ini. Meskipun demikian, pastikan untuk memeriksa layanan ini sebelum membeli.


Jenis jendela

Ada banyak jenis jendela. Misalnya double-hung, mulled double-hung, hopper, end vent slider, casement, awning, bay, double casement, dan banyak lagi. Jenis jendela yang Anda akan memudahkan memilih pembuka jendela listrik yang tepat. Jenis jendela akan menentukan jenis alat pembuka jendela yang sesuai dengannya. Pilihlah berdasarkan jenis jendela Anda. Jika tidak sesuai, maka tidak bisa digunakan.


Ukuran jendela

Jendela terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran. Pada umumnya jendela berbentuk persegi. Langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah menentukan ukuran jendela Anda. Ada berbagai macam pembuka jendela listrik yang sesuai dengan ukuran jendela yang umum digunakan.


Jenis Pembukaan

Ketika berbicara tentang jenis pembuka jendela, produsen biasanya mengacu pada bagaimana cara jendela tersebut terbuka. Secara umum, ada 2 pilihan yang jelas – bukaan ke dalam atau bukaan ke luar. Pilihlah yang sesuai dengan bukaan jendela anda.

Ini adalah fitur penting untuk diperhatikan, karena Anda dapat dengan mudah membeli pembuka jendela otomatis yang tidak terbuka seperti yang Anda inginkan. Jika Anda tidak benar-benar yakin bagaimana cara kerjanya, hubungi produsennya!


Opsi daya

Anda sudah tahu bahwa aktuator adalah komponen utama di balik pergerakan setiap pembuka jendela otomatis. Kebanyakan pembuka jendela bermotor dioperasikan dari jarak jauh. Anda akan mendapatkan sebuah unit remote control yang biasanya bertenaga baterai. Dengan mengklik atau menahan kontrol pada remote, yang mengaktifkan motor. Motor kemudian menggerakkan gerakan aktuator, yang membuka atau menutup jendela.

Dalam kategori ini, ada berbagai jenis pembuka jendela, seperti pembuka rantai tunggal, pembuka rantai kembar, dan aktuator linier.


Keamanan

Dalam hal keamanan, pembuka jendela otomatis sebenarnya menambah keselamatan Anda dan orang yang Anda cintai. Misalnya saja, Anda tidak perlu lagi membahayakan diri sendiri saat mencoba membuka dan menutup jendela yang sulit dijangkau. Hal ini akan sangat berguna jika Anda tidak bisa bergerak bebas, atau tidak bisa menjangkau jendela.

Jika dipasang dan digunakan dengan benar, pembuka jendela elektrik Anda akan tetap siap digunakan selama Anda membutuhkannya. Tinggal tekan saja tombol remote controlnya.


Kontrol

Pembuka jendela biasanya dapat dioperasikan melalui sakelar dinding dan/atau kendali jarak jauh. Terkadang, mereka juga dapat dikontrol melalui aplikasi seluler atau wifi. Beberapa model yang lebih canggih memiliki sensor hujan, sensor angin, dan sensor asap. Model terpintar bahkan dapat bekerja sama dengan termostat pintar Anda.

Tentu saja, semakin banyak fitur pembuka jendela, semakin mahal harganya. Meskipun fitur-fitur ini berguna, Anda dapat menyesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

0 Response to "Memilih Alat Pembuka Jendela Otomatis"

Posting Komentar

Berkomentar dengan sopan.

Featured post

Pengelolaan Sampah di Indonesia featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel