-->

Pengertian dan Macam-Macam Jenis Industri Kimia

Pengertian dan Macam-Macam Jenis Industri Kimia

Apa yang kamu bayangkan jika kamu mendengar istilah tentang industri kimia? Menurutmu, produk-produk apa saja yang dapat dihasilkan oleh industri kimia? Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai apa itu industri kimia. Kemudian juga macam-macam jenis industri kimia.

Pengertian Industri Kimia

Industri merupakan suatu kegiatan yang berkaitan dengan pengolahan bahan baku atau bahan setengah jadi untuk menambah nilai dan kegunaannya. Pertambahan nilai barang ini sangat erat kaitannya dengan usaha manusia untuk bertahan hidup dan memperbaiki kehidupannya.

Dahulu, manusia langsung memanfaatkan bahan yang terdapat di alam. Bahan alam mengandung senyawa kimia yang dapat diolah dan menghasilkan produk yang lebih tinggi kebermanfaatnya. Dengan menggunakan prinsip ini, maka berkembanglah kegiatan untuk mengolah bahan bahan alam ini untuk menghasilkan produk yang lebih bernilai dan bermanfaat untuk manusia, atau kita sebut sebagai industri kimia.

Pengertian dan Macam-Macam Jenis Industri Kimia


Jenis-Jenis Industri Kimia

Secara umum, aktivitas apapun di mana reaksi kimia berlangsung dalam suatu unit produksi merupakan bagian dari industri kimia. Industri kimia mencakup banyak sektor yang cukup luas, sehingga cakupan industri kimia dipecah ke dalam 8 (delapan) kategori berbeda:
  1. Industri petrokimia atau produk turunan minyak bumi
  2. Industri bahan kimia dasar
  3. Industri produk plastik
  4. Industri farmasi
  5. Industri cat dan tinta
  6. Industri produk karet
  7. Industri deterjen dan perlengkapan mandi
  8. Lainnya

Macam-Macam Jenis Industri Kimia


Macam-Macam Produk Industri Kimia

Industri kimia sangat beragam dan memiliki sejumlah produk penting di pasaran. Sebagai contoh ilustrasi, dimulai dengan bahan mentah seperti minyak bumi, batubara, gas, udara, air dan mineral. Industri bahan kimia mengubah bahan-bahan ini menjadi sejumlah besar zat yang terdiri dari bahan kimia dasar atau bahan kimia komoditasbahan kimia khusus yang diturunkan dari bahan kimia dasar (perekat dan sealant, katalis, pelapis, bahan kimia elektronik, perekat plastik, dan lain-lain); produk turunan dari ilmu hayati (farmasi, pestisida dan produk bioteknologi modern) dan produk perawatan (sabun, deterjen, pemutih, produk perawatan rambut dan kulit, pewangi, dan lain-lain).

Pengertian dan Macam-Macam Jenis Industri Kimia 

Sebagian besar produk dari industri kimia digunakan oleh industri kimia lain atau industri lain yang terkait (misalnya logam, kaca, elektronik). Produk dari suatu industri kimia yang digunakan oleh industri kimia lain disebut produk setengah jadi (intermediate product). Produk dari industri kimia tak terhitung banyaknya pada barang yang digunakan langsung oleh konsumen (misalnya mobil, mainan, kertas, pakaian). Produk yang dapat digunakan langsung oleh konsumen disebut produk jadi (finished product).

Sebelum menghasilkan suatu produk, industri akan melakukan riset kebutuhan produk di pasaran. Riset akan kebutuhan produk di pasaran akan mempengaruhi kapasitas produksi dari suatu industri. Riset juga dilakukan terhadap ketersediaan bahan baku yang dibutuhkan untuk melakukan proses produksi. 

Jika tahap riset bahan baku dan produk sudah selesai dilakukan, maka tahap berikutnya adalah melaksanakan produksi skala kecil (laboratorium). Proses produksi dengan skala komersial akan dilaksanakan setelah produksi skala kecil dan uji coba (trial) proses produksi berhasil dilakukan.

0 Response to "Pengertian dan Macam-Macam Jenis Industri Kimia"

Posting Komentar

Berkomentar dengan sopan.

Featured post

Pengelolaan Sampah di Indonesia featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel