-->

Rantai Pasok dan Logistik

Rantai Pasok dan Logistik

Rantai pasok pangan (hasil pertanian) dimulai dari titik awal dimana hasil pertanian diproduksi, yaitu di sektor budidaya. Proses produksi bahan baku di sektor budidaya tanaman, budidaya ikan, budidaya ternak yang harus menerapkan praktik pertanian baik (Good Agriculture Practice GAP), dilanjutkan proses transportasi dari lokasi budidaya ke lokasi industri.

Untuk memastikan bahwa produk hasil pertanian hewani dan nabati dalam kondisi kualitas baik, sebagaimana pada saat dipanen, dipetik atau ditangkap, proses transportasi hasil pertanian dengan berbagai moda transportasi harus menerapkan Praktik Penanganan yang Baik (Good Handling Practice GHP).

Hasil pertanian nabati atau hewani selanjutnya mengalami proses penanganan, pengolahan dan pengemasan menjadi bahan pangan segar siap konsumsi, bahan setengah jadi sebagai bahan baku untuk industri lainnya dan atau menjadi produk jadi yang siap dikonsumsi. Untuk menjamin bahwa produk olahan pangan atau non pangan yang dihasilkan oleh industri berkualitas baik, sesuai dengan persyaratan standar atau permintaan pasar, maka industri pengolahan hasil pertanian harus menerapkan praktik produksi yang baik (Good Manufacture Practice GMP).

Produk jadi atau setengah jadi pangan dan non pangan hasil industri pengolahan hasil pertanian selanjutnya dikirim ke distributor menggunakan berbagai moda transportasi yang menerapkan GHP sampai di gudang-gudang atau tempat penampungan barang di distributor, sebelum didistribusikan pada toko atau pedagang pengecer (retail).

Dalam masa tunggu, di distributor produk pangan atau non pangan harus tetap terpelihara kualitasnya dimana distributor menerapkan praktik pergudangan atau penyimpanan yang baik (Good warehousing practice GWP).

Mulai dari gudang-gudang distributor, produk pangan dan non pangan didstribusikan ke berbagai lokasi pedagang pengecer (retail). Dan akhirnya dari pedagang pengecer inilah produk pangan dan non pangan sampai ke tangan konsumen untuk dikonsumsi.

rantai pasok dan logistik


Berdasarkan alur pergerakan barang atau dan kegiatan jasa yang terjadi dari proses budidaya sampai produk dikonsumsi dalam rumah tangga, para pihak dan aktivitas dalam rantai pasok dan logistik adalah:

  1. Penyedia jasa produksi sarana produksi bahan hasil pertanian/ pangan
  2. Penyedia jasa dan produk bahan hasil pertanian/ pangan
  3. Penyedia jasa transportasi bahan Hasil pertanian/pangan
  4. Penyedia jasa dan produksi bahan pangan /olahan pangan
  5. Penyedia jasa transportasi dan pergudangan bahan pangan/ olahan pangan
  6. Penyedia jasa Distribusi bahan pangan/olahan pangan

Secara sederhana rantai pasok tersebut dapat disketsakan sebagai berikut:

rantai food suply

Dokumen Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia SKKNI No.94 Tahun 2019 tentang Logistik, dinyatakan bahwa logistik merupakan bagian dari rantai pasok (supply chain) yang menangani arus barang, arus informasi dan arus uang melalui proses pengadaan (procurement), penyimpanan (warehousing), transportasi (transportation), distribusi (distribution), dan layanan penghantaran (delivery services) sesuai dengan jenis, kualitas, jumlah, waktu dan tempat yang dikehendaki konsumen, secara efektif dan efisien, mulai dari titik asal (point of origin) sampai dengan titik tujuan (point of destination).

Barang, informasi dan uang atau nilai, merupakan obyek yang ditangani dalam sistem logistik. Ketersediaan obyek atau stok untuk disimpan, disitribusi dan digunakan pada sistem logistik dapat berupa: produk, bahan baku produksi, bahan kemasan, mesin dan peralatan untuk produksi serta dokumen.

distribusi rantai pasok dan logistik

Penyimpanan atau pergudangan (Warehousing) adalah suatu kegiatan pengurusan kargo yang meliputi, menerima kargo, menyimpan kargo sesuai dengan persyaratannya, memelihara kargo, memelihara kebersihan ruang tempat penyimpanan kargo, mengeluarkan kargo sesuai dengan keperluan, mengurus administrasinya, dan mempertanggungjawabkan pengurusan tersebut.

Informasi lanjut terkait dengan logistik pangan, dapat diakses pada laman: https://ruanglogistik.id/ dan atau laman https://supplychainindonesia.com/rantai-pasok-pangan-food-supply-chain

0 Response to "Rantai Pasok dan Logistik"

Posting Komentar

Berkomentar dengan sopan.

Featured post

Pengelolaan Sampah di Indonesia featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel