-->

Memperbaiki Magicom Nasi Tidak Matang, Hangus, Kering, Cepat Basi

Magicom Nasi Tidak Matang, Hangus, Kering, Cepat Basi

Rice cooker atau magicom merupakan peralatan listrik rumah tangga kesayangan ibu-ibu. Fungsi penting dari magic com atau rice cooker sangat menjamin keberlangsungan hidup sebuah keluarga. Bayangkan saja jika di rumah kalian tidak tersedia nasi di meja makan, akibat rice cooker magicom ibu kalian rusak he..he..

Untuk membeli rice cooker yang baru juga cukup mahal. Dan kalau masih bisa diperbaiki, maka lebih baik diperbaiki, karena akan lebih menghemat anggaran.

Ada beberapa kerusakan yang sering terjadi pada rice cooker/magicom. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai penyebab kerusakan-kerusakan pada rice cooker dan cara memperbaikinya.



Memperbaiki Rice Cooker Tidak Bisa Menanak Nasi

Penyebab utama dari masalah ini adalah disebabkan oleh putusnya sekering suhu atau putusnya thermofuse. Thermosfuse merupakan komponen elektronik yang berfungsi untuk membatasi arus listrik, atau pengaman dari arus listrik yang berlebih.

Jika sekering thermofuse putus, maka arus listrik tidak akan mengalir. Akibatnya rice cooker tidak dapat memasak nasi.

Cara mengatasi masalah thermofuse magicom yang rusak putus tidak lain dengan menggantinya dengan komponen yang baru. Ganti thermofuse dengan komponen yang sama ukurannya. Jika tidak sesuai, maka bisa berakibat kerja magicom akan bermasalah lagi.

Cara lain adalah dengan menyambungkan (jumper) thermofuse. Cara ini tidak disarankan, karena fungsi thermofuse sendiri adalah sebagai pengaman. Jika tanpa thermofuse, maka kerusakan bisa menjalar ke komponen lainnya.

 

Magicom Nasi Tidak Matang atau Hangus

Temperature limiter merupakan komponen yang terdiri dari pegas dan magnet. Atau juga disebut dengan limit switch. Fungsi temperatur limiter pada magicom adalah untuk menekan leaf switch, sehingga berubah posisi dari mode cook ke mode warm.

Prinsip dari limit switch berupa sakelar NO (normaly open) dan sakelar NC (normaly close). Fungsi limit switch ini adalah untuk memindahkan mode cook menjadi mode warm pada rice cooker. Jika limit switch rusak, maka rice cooker tidak bisa berpindah dari mode cook ke mode warm. Akibatnya nasi menjadi kering atau bahkan hangus dan gosong.

Limit switch mengatur suhu pemanasan saat mode cook atau mode warm. Batas suhu saat mode cook berkisar 140-180 oC. Batas suhu saat menghangatkan nasi berkisar 85oC. Bentuk thermostat rice cooker bulat, dan terletak di tengah-tengah wadah magicom.

Ada dua kondisi jika limit switch magicom rusak, yaitu nasi tidak matang, atau nasi menjadi hangus. Kasus pertama, nasi tidak matang, karena temperature limiter ini akan memutuskan arus ke elemen pemanas sebelum mencapai suhu cooking 140-180 oC, sehingga nasi tidak matang.

Kasus kedua, nasi hangus atau gosong, karena temperatur limiter ini tidak memutus arus ketika nasi telah matang. Akibatnya arus terus mengalir ke elemen pemanas, sehingga nasi menjadi hangus dan gosong.

Cara memperbaiki adalah dengan menggantinya dengan spare part yang baru. Gantilah dengan bentuk dan ukuran yang sama. Bawa komponen yang rusak ke toko spare part peralatan listrik untuk memastikan ukurannya sama.

 

Magicom Nasi Menjadi Kuning dan Kering

Alat pengatur suhu pada rice cooker disebut thermostat. Suhu normal pada thermostat berkisar antara 70-85 oC. Jika melebihi batas tersebut, maka nasi di dalam magicom akan berubah menjadi kuning karena panas yang berlebih. Selain itu tekstur nasi akan menjadi kering.

Dan jika suhu di bawah batas tersebut, maka nasi akan cepat menjadi basi karena tidak mendapatkan suhu hangat yang cukup (warm).

Untuk memperbaikinya, gantilah thermostat rice cooker dengan yang baru. Sesuaikan ukuran suhunya, sesuai dengan standar bawaannya.

 

Magicom Nasi Berair dan Mudah Basi

Nasi pada rice cooker yang berair akan menyebabkan nasi menjadi lebih cepat basi. Air yang keluar dari magicom berasal dari uap air yang dikeluarkannya. Uap air akan mengembun dan menetes ke dalam wadah nasi, sehingga menyebabkan nasi berair dan cepat bau.

Hal ini disebabkan karena elemen pemanas di bagian tutup rice cooker tidak bekerja atau rusak. Elemen pemanas pada bagian penutup megicom berbentuk alumunium. Elemen ini berfungsi untuk mejaga uap panas tidak mengembun. Cara mengatasinya adalah dengan memperbaiki tutup elemen pemanas tersebut.

 

Tombol Magicom tidak kembali ke mode warm

  1. Buka penutup bagian bawah rice cooker dengan menggunakan obeng.
  2. Periksa tuas penekan rice cooker. Tuas tersebut berfungsi untuk menekan sakelar swith ke mode cook, dan akan kembali ke mode warm jika nasi telah matang.
  3. Periksa apakah tuas dapat berpindah mode dengan lancar. Caranya dengan menekan bagian dalam rice cooker yang ada pegasnya (per). Jika nasi telah matang, maka pegas akan menekan sakelar switch menjadi mode warm.
  4. Jika tuas tidak kembali ke mode warm, maka dipastikan sakelar switch pada rice cooker rusak. Kontak tidak kembali ke posisi semula (NC). Akibatnya rice cooker akan terus pada mode cook (memasak), sehingga nasi menjadi kering dan hangus atau gosong.
  5. Penyebabnya bisa karena tuas tidak menekan tombol limit Switch dengan pas. Atau tombol tidak tertekan secara penuh. Perbaiki kerusakan ini dengan mengatus posisi tuas penekan arag pas menekan tombol sakelar limit switch.

 

0 Response to "Memperbaiki Magicom Nasi Tidak Matang, Hangus, Kering, Cepat Basi"

Posting Komentar

Berkomentar dengan sopan.

Featured post

Cara Membaca Kode Warna Resistor dengan Mudah featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel