-->

Posisi Outdoor Lebih Tinggi daripada Indoor pada AC Split

Posisi Outdoor AC Lebih Tinggi daripada Indoor AC Split

Sering kita lihat pemasangan unit AC split dengan posisi outdoor lebih tinggi daripada unit indoor. Misalnya instalasi AC di Gedung perkantoran, dimana outdoor di pasang di bagian dak dari gedung. Pemasangan AC split dengan posisi outdoor lebih tinggi daripada indoor perlu memperhatikan beberapa hal. Pada artikel kali ini akan kita bahas mengenai hal-hal tersebut.

perangkap oli


Posisi Pemasangan Indoor AC

Pada kondisi umum, posisi pemasangan indoor AC split harus memenuhi syarat minimal berjarak 15cm dari langit-langit atau plafond. Fungsinya agar sirkulasi udara yang masuk ke indoor dapat masuk dengan lancar. Bagian atas unit indoor AC tempat masukkan udara sering disebut dengan inlet evaporator.

Penempatan indoor juga harus memperhatikan lingkungan sekitar? Apakah banyak peralatan listrik atau perlatan elekronik di sekitarnya. Hal ini sangat penting saat tiba waktunya untuk pekerjaan perawatan cuci steam AC Split. Tujuannya agar memudahkan pekerjaan, dan menghindari kerusakan pada peralatan listrik atau elektronik akibat air. Disamping menghindari tetesan air akibat suhu dingin atau kebocoran pada AC.


Posisi Pemasangan Outdoor AC

Posisi pemasangan outdoor juga sangat penting untuk diperhatikan. Pastikan pemasangan outdoor terpasang kencang ke dinding atau bracketnya. Tujuannya agar tidak timbul getaran atau suara berisik yang berasal dari outdoor.

Pastikan juga jarak pipa indoor ke outdoor sesuai standar minimal dan maksimal. Artinya pipa jangan terlalu pendek atau terlalu panjang. Jika pipa sambungan AC terlalu pendek, maka lama-kelamaan akan berakibat oli kompresor berpindah ke unit indoor, dan juga siklus pendinginan menjadi terganggu.

Jika pipa terlalu panjang, maka dapat menyebabkan penurunan tekanan refrigerant (freon) sehingga AC menjadi tidak dingin. Pipa yang terlalu panjang juga berakibat proses pendinginan menjadi terganggu.


Posisi Indoor Lebih Tinggi dari Outdoor

Posisi indoor yang lebih tinggi dari outdoor adalah posisi yang umum diterapkan oleh para teknisi AC. Hal ini juga sesuai dengan petunjuk yang disarankan oleh pabrikan AC. Jika kita lihat di buku panduan (manual book), maka disitu tertera cara pemasangan AC split dengan posisi pemasangan indoor yang lebih tinggi dari outdoor.


Posisi Outdoor Lebih Tinggi dari Indoor

Pada kondisi tertentu posisi pemasangan outdoor AC split lebih tinggi daripada unit indoornya. Bisa karena terkendala lingkungan, atau alasan yang lain. Misalnya dinding yang berhimpitan dengan tetangga, tempat pemasangan yang sempit, atau sulit dilakukan pemasngan outdoor AC. Karena masalah tersebutlah sehingga pemilihan posisi outdoor di atas menjadi pilihan.

perangkap oli


Jika posisi outdoor lebih tinggi dari indoor, maka perlu diperhatikan instalasi pemipaanya. Biasanya para teknisi AC akan membengkokkan pipa di dekat unit outdoor AC split sebelum menuju bagian indoor AC, atau biasa disebut dengan oil trap.


Perangkap Oli atau Oil Trap

Fungsi oil trap adalah untuk mencegah agar oli kompresor dari outdoor tidak turun ke indoor AC split. Akibat jika tidak dipasang oil trap, maka lama-kelamaan oli pelumas kompresor yang berada di bagian outdoor dapat berpindah turun ke evaporator (indoor).

Akibatnya, pelumasan kompresor menjadi terganggu sehingga suhu kompresor menjadi panas. Jika dibiarkan maka dapat menyebabkan kerusakan pada kompresor AC. Selain itu, pengendapan oli di evaporator akan berakibat proses penyerapan panas di evaporator terganggu. Yang akan berujung pada suhu dingin yang tidak dapat tercapai.


Oil Trap perangkap oli


Bentuk oil trap atau perangkap oli refrigerant untuk pipa AC berbentuk seperti huruf U. Dengan bentuk demikian, maka oli yang terbawa oleh tekanan kompresor akan tertampung di dasar pipa U tersebut. Refrigeran masih dapat mengalir jika ketinggian oli masih rendah.

Jika level ketinggian oli telah mencapai titik teratas, maka oli akan terdorong dan mengalir kembali menuju ke kompresor. Maka level oli di pipa U kembali seperti semula. Jika sudah penuh lagi, maka oli akan kembali terdorong ke kompresor. Hal ini berulang terus-menerus, sehingga oli kompresor tidak tertinggal di evaporator, namun dapat kembali terdorong ke kompresor.

Perangkap oli juga dapat berbentuk melingkar seperti huruf O. Fungsi dan cara kerjanya sama saja. Pemasangan perangkap oli di buat di saluran pipa tekan AC (pipa yang kecil).


0 Response to "Posisi Outdoor Lebih Tinggi daripada Indoor pada AC Split"

Posting Komentar

Berkomentar dengan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel