Menjadi Seorang Content Creator

Apa itu Content Creator?

Content Creator adalah suatu profesi yang bergelut dalam pembuatan suatu konten (baik berupa tulisan, gambar, suara, video ataupun gabungan dari beberapa jenis tersebut) yang isinya bisa berupa informasi atau hiburan untuk dinikmati oleh para audience. 

Kemudian, konten tersebut akan diperlihatkan kepada publik dengan didistribusikan melalui media digital seperti Instagram, YouTube, TikTok, Facebook, Twitter, Website, dan lain sebagainya.

Artikel ini akan fokus membahas tentang Video Content Creator alias Content Creator yang fokus memproduksi konten video.



bagaimana menjadi seorang content creator

Mengapa Kita Menjadi Seorang Content Creator?

Dengan kita menjadi seorang Content Creator, kita akan dapat membangun Personal Brand/Channel Brand dan Aset Digital kita sehingga kita dapat memperoleh beberapa keuntungan. Diantaranya;

  1. Menjadi terkenal
  2. Mudah berkolaborasi
  3. Bangun legacy (warisan)
  4. Menjadi panutan atau sumber referensi
  5. Mudah mendapat sponsor
  6. Mudah mendapat Active & Passive Income (AdSense)
  7. Memberikan dampak positif kepada masyarakat
  8. Mengasah passion kita 
  9. Meningkatkan Karier
  10. Bekerja dengan fun dan fleksibel

menjadi seorang video content creator


Konten yang Menarik Seseorang untuk Melakukan Tindakan Aksi

Konten yang bagus adalah konten yang dapat mempengaruhi seseorang untuk mengambil tindakan atau aksi, sebagai respon dari konten yang ditayangkan. Misalnya seseorang mengambil tindakan setelah menonton suatu konten yang menarik dan bermanfaat untuk dirinya. Dari sebuah konten, orang akan mengetahui informasi apa yang kita sampaikan, apa yang menjadi tujuan dari konten itu, dan siapa yang menjadi target audience dari isi konten tersebut.

Lalu pertanyaanny; konten seperti apa yang bisa membuat seseorang mengambil keputusan?

Jawabannya adalah Konten Visual. Mengapa konten visual? Karena terbukti bahwa otak manusia dapat memproses informasi visual dan bisa mengomunikasikan ide jauh lebih cepat daripada teks atau audio saja. Konten Visual memiliki tingkat komunikasi yang tinggi kepada seseorang. Aspek ini sangat efektif digunakan dalam proses pemasaran atau branding suatu produk.

Kalau kita perhatikan postingan di berbagai platform media sosial seperti Instagram, TouTube, dan yang lainnya yang menggunakan konten gambar, ataupun video akan lebih menarik. Dan juga akan bisa mendapatkan lebih banyak keterlibatan audien daripada konten yang hanya menggunakan teks.

Karena itulah dalam pembuatan Konten Visual sangat dibutuhkan seseorang yang memiliki ide kreatif dan memiliki pengaruh positif untuk berkarya yang bisa membagikan berbagai aspek manfaat kepada orang lain. Siapakah itu? Orang tersebut adalah sesosok “Content Creator” atau pembuat konten.

 

Syarat untuk Menjadi Seorang Content Creator


syarat untuk menjadi seorang content creator


Apa saja syarat minimal yang dibutuhkan untuk menjadi Content Creator? Berikut ini beberapa syarat mendasar yang dibutuhkan oleh seorang content creator

  1. Memiliki smartphone atau PC
  2. Memiliki akses internet
  3. Mampu melakukan riset ide kreatif
  4. Mempunyai kemampuan komunikasi yang baik
  5. Mampu menggunakan tools video editing
  6. Mempunyai akun di media sosial

Jika anda memiliki keenamnya diatas, maka anda bisa jadi seorang Content Creator!

 

Apakah Karir sebagai Content Creator Menjanjikan?

Lalu ada pertanyaan; apakah karir menjadi seorang konten creator itu menjanjikan untuk masa depan? Simak sedikit narasi berikut ini.

Kita tahu bahwa pertumbuhan pengguna digital selalu meningkat setiap tahunnya. Dengan market audien yang semakin meningkat, tentu saja konten digital akan sangat banyak dicari dan ditonton. Maka profesi sebagai Content Creator cukup menjanjikan di masa depan. Ada banyak platform dan cara yang dapat digunakan oleh Content Creator untuk mengubah pekerjaan ngonten menjadi pekerjaan sampingan atau bahkan pekerjaan sepenuh waktu yang menghasilkan uang dan memberikan dampak positif. Apalagi, permintaan konten online semakin berkembang pesat.

 

Menjadi Seorang Content Creator yang Berhasil

3 Elemen Kunci untuk menjadi Content Creator yang berhasil dan bisa menghasilkan pendapatan.

1. Membuat Konten yang Bermanfaat

Membuat konten video kreatif yang tepat, positif, dan berkualitas untuk target audiens haruslah menjadi tujuan dasar dari seorang Content Creator. Dengan menjadi Video Content Creator, diperlukan komitmen terhadap pembuatan konten video berkualitas, dan konsisten. Konten video yang berkualitas akan dapat menumbuhkan audiens yang terlibat secara jangka panjang, yang akan terus mengikuti perkembangan media sosial kita. Kita harus bisa memberi orang alasan kenapa mereka harus memperhatikan apa yang kita sampaikan melalui konten video yang kita buat, dan kita perlu bisa memotivasi audiens untuk tetap terlibat secara aktif di asset digital kita.

2. Keterikatan Audien (Engagedment)

Jika kita ingin menghasilkan income dan berdampak positif sebagai Video Content Creator, kita perlu memiliki audiens atau follower yang selalu mengikuti update terbaru dari media sosial kita. Inilah yang biasa disebut dengan Engaged Audience. Yaitu kita memiliki audien atau follower yang secara konsisten memperhatikan, dan berinteraksi dengan kita maupun konten yang kita buat. Untuk menarik pengiklan dan brand/sponsor, kita harus menunjukkan bahwa kita memiliki sejumlah follower yang "layak" untuk dijangkau, dan jumlah perkiraan orang yang akan engage dengan produk iklan mereka.

3. Memilih Media Sosial yang Tepat

Setiap dimanapun kita membagikan konten kita kepada audiens, maka itu adalah saluran distribusi kita. Situs web kita, Channel YouTube, Halaman Facebook, Akun Instagram, atau Akun TikTok, ataupun channel yang lainnya, merupakan peluang yang terbuka luas untuk mendistribusikan konten kita ke audiens yang tepat.

Saat kita mulai memonetisasi/menghasilkan income dari konten yang kita upload, kita akan menemukan berbagai cara maupun strategi untuk menggunakan channel ini dalam hal peningkatan kunjungan dari audien atau follower.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url