Pengertian dan Biaya Tes DNA

Daftar Isi

Pengertian dan Biaya Tes DNA

Tes genetik juga bisa disebut dengan tes DNA. Merupakan jenis tes yang dapat mengidentifikasi perubahan gen, kromosom, atau protein dalam tubuh Anda. Ibarat sebuah memori komputer, DNA (deoxyribonucleic acid) merupakan protein yang menyimpan semua informasi genetik pada tubuh seseorang. DNA akan menentukan jenis rambut, warna kulit, dan ciri-ciri khusus pada tubuh seseorang. Oleh karena itu biasanya tes DNA dilakukan dengan mengambil sampel darah, kulit, rambut, jaringan, atau bagian lain dari tubuh Anda.

Setiap Rumah Sakit atau Laboratorium mengenakan biaya tes DNA yang berbeda-beda. Hal ini tergantung pada tujuan pemeriksaan DNA Anda.


Biaya Tes DNA


Apa tujuan tes genetik?

Tes DNA digunakan sebagai prosedur untuk mengetahui silsilah keturunan atau resiko kelainan genetik. Tes ini dapat mengkonfirmasi jika Anda memiliki atau tidak memiliki penyakit tertentu. Tes DNA juga dapat menentukan apakah Anda memiliki risiko lebih tinggi terkena kondisi tertentu, dan dapat mengetahui apakah Anda membawa gen bermutasi tertentu yang dapat Anda wariskan kepada anak Anda.

Secara umum, tes DNA dilakukan untuk:
  • Mengetahui kondisi penyakit genetik dalam keluarga
  • Mengetahui resiko kelainan genetik pada janin
  • Membantu dalam pencegahan atau perawatan pada penyakit kanker

 

Apa saja jenis-jenis tes DNA?

Tes DNA termasuk di dalamnya adalah tes pemeriksaan pada:

Gen: Tes gen menganalisis DNA Anda untuk menemukan perubahan (mutasi) pada gen Anda yang dapat menyebabkan atau meningkatkan risiko Anda terkena kelainan genetik. Tes gen dapat mempelajari satu gen, beberapa gen atau semua DNA Anda. Tes untuk melihat semua DNA Anda disebut pengujian genomik.

Kromosom: Tes kromosom mempelajari kromosom Anda atau untaian panjang DNA Anda. Tes kromosom mencari perubahan dalam urutan gen yang bisa menjadi penyebab kondisi genetik. Salah satu contoh perubahan yang dicari adalah salinan ekstra dari kromosom.

Protein: Tes protein menganalisis aktivitas enzim di dalam sel, atau mencari produk reaksi kimia dalam sel kita. Jika ada masalah dengan protein Anda dapat diartikan Anda memiliki perubahan dalam DNA Anda yang dapat menyebabkan kondisi genetik.

Tes DNA ada beberapa macam, diantaranya:

Tes Pralahir (Prenatal Test)

Mutasi pada gen atau kromosom pada bayi yang sedang berkembang (janin) dapat dideteksi melalui tes DNA prenatal saat Anda hamil. Tes prenatal dapat menentukan kemungkinan ada atau tidaknya potensi kelainan pada gen bayi Anda. Jika bayi Anda memiliki peningkatan risiko memiliki kondisi genetik karena riwayat genetik keluarga, penyedia layanan kesehatan Anda dapat merekomendasikan tes prenatal.

Tes Diagnostik (Diagnostic Test)

Tes diagnostik dapat dilakukan jika Anda memiliki gejala penyakit yang mungkin terjadi akibat perubahan genetik atau masalah kromosom. Tes genetik diagnostik sering digunakan selama kehamilan, tetapi dapat digunakan kapan saja untuk memastikan diagnosis jika Anda memiliki gejala penyakit tertentu.

Pengujian Pembawa (Carrier Test)

Jika suatu kondisi resesif autosom, hal itu berarti seseorang dapat membawa gen tertentu tetapi tidak memiliki gejala. Tes pembawa dapat memberi tahu Anda jika Anda membawa salinan gen yang bermutasi untuk penyakit resesif autosomal. Hal ini umumnya dilakukan karena salah satu keluarga orang tua memiliki riwayat penyakit yang diturunkan secara autosomal resesif, yang berarti dibutuhkan salinan gen dari setiap orang tua. Jadi, jika salah satu orang tua diketahui membawa gen resesif autosomal, maka yang lain harus diuji sehingga mereka tahu risiko menularkan penyakit itu kepada anak-anak mereka. Tes ini sebaiknya dilakukan sebelum meiliki anak.

Tes praimplantasi

Tes praimplantasi dapat menemukan mutasi genetik pada embrio yang dibuat menggunakan teknik reproduksi berbantuan (ART), seperti fertilisasi in-vitro (IVF). Sejumlah kecil sel diambil dari embrio Anda dan diuji untuk mutasi tertentu. Hanya embrio tanpa mutasi ini yang ditanamkan di rahim Anda untuk mencoba memulai kehamilan.

Skrining bayi baru lahir

Bayi Anda yang baru lahir akan diuji dua hari setelah mereka lahir. Tes skrining bayi baru lahir untuk mengetahui bagaimana kondisi genetik, metabolisme, atau terkait hormon tertentu. Bayi baru lahir diperiksa segera setelah lahir sehingga pengobatan dapat segera dimulai jika diperlukan.

Tes prediktif dan presimptomatik

Mutasi gen yang meningkatkan kemungkinan Anda membawa kondisi genetik di kemudian hari terkadang dapat dideteksi melalui pengujian prediktif dan pra-gejala ini. Dengan mencari perubahan pada gen Anda yang meningkatkan risiko Anda terkena penyakit tertentu. Misalnya jenis kanker tertentu seperti kanker payudara.


Bagaimana cara kerja tes DNA?

Laboratorium kesehatan akan mengumpulkan sampel darah, air liur, rambut, kulit, jaringan, atau cairan ketuban Anda. Cairan ketuban adalah cairan yang mengelilingi bayi Anda yang sedang berkembang (janin) selama kehamilan Anda. Laboratorium akan memeriksa sampel tersebut. Di lab, teknisi akan mencari perubahan pada gen, kromosom, atau DNA Anda. Kemudian hasil tes tersebut akan disampaikan kepada RS atau langsung kepada pasien.

biaya-tes-DNA


Seberapa akurat tes DNA?

Dua ukuran akurasi berlaku untuk tes genetik. Validitas analitik melihat apakah tes DNA dapat secara akurat mendeteksi apakah gen tertentu mengalami mutasi atau tidak. Validitas klinis berarti jika ada mutasi, apakah itu terkait dengan penyakit atau kondisi tertentu. Semua laboratorium yang melakukan tes DNA diatur oleh standar tertentu. Standar tersebut dirancang untuk memastikan keakuratan tes genetik.


Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil tes DNA?

Beberapa hasil tes mungkin hanya membutuhkan waktu beberapa hari. Hasil tes prenatal biasanya dikembalikan dengan sangat cepat. Tes lain membutuhkan waktu beberapa minggu untuk mendapatkan hasilnya kembali. Penyedia layanan kesehatan Anda akan memberi Anda informasi spesifik mengenai waktu hasil tes Anda.


Dimana bisa melakukan tes DNA?

Tes DNA dapat dilakukan oleh rumah sakit atau laboratorium kesehatan. Perlu diketahui juga bahwa BPJS tidak menanggung biaya tes DNA yang Anda lakukan. Oleh karena itu pilihlah rumah sakit atau laboratorium yang kredibel sesuai dengan kebutuhan kesehatan Anda.

GSI Lab merupakan laboratorium terpercaya dan telah memiliki sertifikat. GSI Lab turut mendukung pemerintah dalam memberikan layanan kesehatan genomik yang berkualitas bagi masyarakat Indonesia. GSI Lab dilengkapi dengan sistem pendaftaran yang fleksibel dan QR code untuk hasil yang terpercaya.

Dimana lokasinya? GSI Lab hadir lebih dekat untuk melayani anda dengan 5 Lokasi Testing Center di Indonesia. Anda bisa mengakses dan melakukan pendaftaran online di website www.gsilab.id.

 

Posting Komentar