Panduan Memilih Lantai Kayu Sesuai Kebutuhan

Daftar Isi

Panduan Memilih Lantai Kayu – Sekarang ini penggunaan lantai kayu menjadi populer sebagai lantai rumah atau bangunan. Pemilihan kayu sebagai pelapis lantai bukannya tanpa alasan. Selain memiliki nilai estetika yang tinggi, lantai kayu juga memberi kesan alami dan segar, sehingga orang akan merasa lebih nyaman dirumah. Penggunaan lantai kayu juga dirasa lebih nyaman daripada lantai batu atau keramik, karena kayu memberikan suasana “dingin” yang alami pada rumah anda.


panduan memilih lantai kayu yang awet
Memilih Lantai Kayu

Ada berbagai jenis kayu yang bisa digunakan sebagai lantai, namun yang cukup populer adalah lantai kayu dengan bahan kayu jati, merbau, dan bengkirai. Hal ini dikarenakan jenis kayu-kayu tersebut memiliki struktur yang kuat, stabil, dan awet. Kayu-kayu tersebut bisa dibentuk sesuai selera, diantaranya menjadi plank, strip, atau parket.

Dalam memilih lantai kayu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, karena jika memilihnya secara sembarangan, maka hasilnya tidak akan sesuai ekspektasi. Jadi, jika Anda masih awam dan asing dengan lantai kayu dan cara pemasangannya, sebaiknya tanyakan pada seorang yang lebih ahli. Namun demikian, tidak ada salahnya jika Anda ingin observasi terlebih dahulu mengenai lantai kayu yang ingin Anda pasang dirumah. Berikut adalah panduan bagi Anda jika ingin memilih lantai kayu apa yang cocok bagi rumah Anda:


Perhatikan Berat Jenis Kayu

Berat jenis adalah berat dari bahan penyusun kayu. Semakin tinggi berat jenisnya, maka semakin awet pulalah kayu tersebut. Serat dan kekuatan kayu sangat mempengaruhi berat jenisnya.  Berat jenis tinggi berarti kepadatan seratnya juga tinggi. Hal ini sangat baik karena lantai tidak akan terlalu terpengaruh dengan perubahan suhu dan cuaca, sehingga lantai kayu akan lebih awet. Contoh kayu yang massa jenisnya berat adalah ulin, jati, dan merbau.


Hindarilah Sapwood dan Gubal

Gubal adalah bagian pinggiran kayu yang daya tahannya relatif buruk, karena rentan terhadap perubahan cuaca dan serangan hama. Sebaiknya, jangan gunakan kayu masih memiliki gubal karena tidak baik bagi lantai rumah Anda.


Jangan Pakai Hati Kayu

Biasanya terletak di bagian tengah kayu. Tidak cocok untuk dijadikan lantai karena kurang kuat dalam menahan beban.


Pilih Sesuai Jenis dan Kebutuhan

Lantai kayu memiliki beberapa jenis, yaitu Solid Wood Flooring, Laminate Flooring, dan Engineering Wood Flooring.

·         Solid wood flooring kualitasnya paling baik karena terbuat dari kayu utuh. Kekurangannya adalah pemasangan butuh waktu lama dan mudah memuai di udara lembab, sehingga kurang cocok bagi negara tropis seperti Indonesia.

·         Laminate flooring biasanya terbuat dari bubur kayu dan lem yang kemudian dilaminasi dengan kertas dekor motif kayu. Tidak tahan lembab sehingga kurang cocok dipasang di ruangan yang suhunya hangat/panas.

·         Engineering wood merupakan jenis yang paling praktis karena instalasinya mudah. Selain itu, pemuaian penyusutannya lambat, sehingga membuatnya sangat stabil. Cocok untuk dipasang di daerah lembab.

Harga lantai kayu sangat bervariasi, tergantung dari bahan dan jenisnya. Oleh karena itu, pintar-pintarlah dalam membeli dan pertimbangan dengan matang sebelum Anda memilih. Selamat mencoba!

Posting Komentar