Komponen Indoor AC Split dan Fungsinya

Bagian Komponen Indoor AC Split dan Fungsinya

AC Split sebagai pendingin ruangan saat ini telah banyak digunakan oleh masyarakat. Penggunaan AC split sebagai pendingin udara ruangan banyak diaplikasikan untuk gedung perkantoran, komersil, industri, dan juga rumah hunian. Karena kapasitasnya yang rendah, maka AC split lebih banyak digunakan untuk kebutuhan pendingin ruangan rumah atau kantor.

Disebut dengan AC Split karena unit indoor dan unit outdoor merupakan bagian yang terpisah (split). Pada artikel kali ini akan membahas mengenai komponen-komponen indoor AC split dan juga fungsi dari komponen tersebut.


Komponen Indoor AC Split

Indoor AC Split adalah bagian unit yang berada di dalam ruangan. Sedangkan outdoor adalah bagian AC yang terletak di luar ruangan. Unit indoor AC split terdiri dari komponen-komponen. Setiap komponen indoor AC split memiliki fungsinya masing-masing yang menunjang kerja AC Split secara keseluruhan. Telah kami berikan gambar unit indoor AC agar lebih jelas. Berikut ini adalah jenis komponen-komponen indoor AC Split yang perlu anda ketahui.

komponen indoor pada AC split


1.       Cassing Indoor

Cassing indoor atau grille merupakan penutup unit indoor AC Split. Cassing juga berfungsi sebagai dudukan untuk menempatkan komponen indoor AC lainnya. Casing bagian depan dapat di bongkar pada saat akan mencuci AC.

2.       Filter Udara

Filter udara berfungsi untuk menyaring udara dari debu dan kotoran yang ada di dalam ruangan. Komponen ini berupa jaring dari bahan plastik. Filter perlu dibesihkan secara rutin agar udara selalu bersih.

komponen komponen AC split

3.       Evaporator

Evaporator berbentuk pipa tembaga yang ditutupi oleh sirip-sirip aluminium (fin). Evaporator berfungsi sebagai penukar kalor yang akan menyerap panas dari udara dan menurunkan suhu udara sehingga udara yang dikeluarkan menjadi dingin.

4.       Pipa Hisap

Pipa hisap adalah pipa yang ukurannya lebih besar. Merupakan saluran bahan pendingin yang menuju ke kompresor. Pipa hisap terbuat dari bahan tembaga. Ujung pipa hisap pada indoor akan dihubungkan ke saluran hisap pada 3 way valve di outdoor.

5.       Pipa Tekan

Pipa tekan memiliki ukuran diameter yang lebih kecil. Pipa tekan merupakan saluran bahan pendingin yang berasal dari kompresor. Ujung pipa tekan pada indoor akan dihubungkan ke saluran tekan pada 2 way valve di outdoor.

6.       Thermistor suhu ruang

Thermistor ini merupakan komponen sensor untuk membaca (mengukur) suhu ruangan.

7.       Thermistor suhu pipa

Thermistor ini merupakan sensor yang akan membaca/mengukur suhu pipa evaporator.

8.       Air Swing

Air swing pada indoor AC split berfungsi untuk mengarahkan hembusan udara dingin yang keluarkan indoor AC. Air swing dapat diarahkan sesuai kebutuhan agar hembusan mengarah pada satu arah. Atau dapat juga begerak ke seluruh arah.

9.       Dinamo Motor Swing

Komponen ini berfungsi untuk menggerakkan dan mengatur arah swing.

10.   Penutup PCB

Penutup PCB berfungsi untuk melindungi PCB.

11.   Terminal Kabel

Terminal kabel indoor adalah tempat untuk mengkoneksikan sumber listrik ke unit AC. Terminal indoor juga menghubungkan kabel indor ke outdoor (kabel balikan).

12.   Grounding

Grounding merupakan kabel pembumian atau pentanahan. Biasanya menempel di body mesin listrik untuk menghindari tersengat arus bocor.

13.   Saklar Indoor

Saklar indoor berfungsi untuk menghidupkan AC secara manual. Kita dapat menghidupkan AC split tanpa remote dengan menggunakan saklar ini.

14.   Lampu indikator

Lampu indikator pada indoor AC berfungsi sebagai indikator/tanda unit ON, OFF atau ERROR.

15.   Receiver

Receiver merupakan komponen yang berfungsi menerima sinyal (infra red) dari remot kontrol AC. Sering disebut juga dengan ‘mata kucing’.

 

 komponen AC split dan fungsinya

16.   Blower

Blower adalah bagian indoor AC yang berfungsi menghisap udara sekaligus meniupkan udara di dalam ruangan. Udara hangat akan dihisap dan akan melewati pipa-pipa evaporator yang dingin. Suhu udara akan turun dan menjadi dingin, kemudian dihembuskan kembali ke dalam ruangan.

17.   Motor Blower

Motor blower merupakan motor yang berfungsi memutar blower. Kecepatan motor blower dapat diatur sesuai kebutuhan dengan menggunakan remote AC.

18.   PCB / Modul AC

Printed Circuit Board (PCB) atau modul, merupakan pusat pengendali AC. Terdiri dari komponen-komponen elektronika yang mengatur kerja AC Split secara keseluruhan.

19.   Saluran Drainase

Merupakan saluran pembuangan air kondensasi. Air buangan akan dialirkan ke luar ruangan.


Itulah macam-macam bagian komponen unit indoor AC Split beserta penjelasan fungsinya. Pada artikel kali lainnya akan kami bahas untuk komponen outdoor-nya.


Komponen Outdoor AC Split



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url