Komponen-Komponen Kulkas 2 Pintu

Daftar Isi

Komponen-Komponen Kulkas 2 Pintu - Komponen kulkas 2 pintu ada beberapa macam komponen. Selain komponen utama, pada kulkas 2 pintu terdapat komponen tambahan yang tidak dimiliki oleh kulkas satu pintu. Komponen tambahan tersebut misalnya heater, defrost timer, dan sebagainya.

Pada artikel kali ini kita akan dapat mengetahui apa saja komponen yang ada pada kulkas 2 pintu. Berikut ini penjabarannya.

Komponen utama pada kulkas 2 pintu

Komponen-Komponen Kulkas 2 Pintu - Komponen kulkas 2 pintu ada beberapa macam komponen. Selain komponen utama, pada kulkas 2 pintu terdapat komponen tambahan yang tidak dimiliki oleh kulkas satu pintu. Komponen tambahan tersebut misalnya heater, defrost timer, dan sebagainya.

Kompresor

Kompresor adalah mesin penggerak pada sistem kulkas. Fungsinya adalah untuk memompa bahan pendingin (freon) ke seluruh bagian kulkas. Kompresor berada di bagian bawah belakang kulkas. Saat bekerja, motor kompresor akan terasa panas karena tekanan dan suhu yang tinggi pada proses kompresi bahan pendingin. Bahan pendingin berwujud gas pada saat berada di kompresor.

Kondensor

Dari kompresor, bahan pendingin akan mengalir ke kondensor. Kondensor mempunyai fungsi sebagai penukar kalor untuk membuang panas. Bahan pendingin akan berubah dari gas menjadi cair karena membuang panas (kalor). Pada kulkas masa kini, kondensor di tanam di body kulkas, sehingga saat kita menyentuh bagian dinding kulkas maka akan terasa hangat atau panas.

Filter

Setelah dari kondensor, bahan pendingin akan melewati filter. Filter pada kulkas befungsi untuk menyaring kotoran dan uap air. Filter kosong hanya memiliki saringan saja. Filter isi memiliki butiran silica di dalamnya yang berfungsi untuk menyerap uap air.

Pipa Kapiler

Dari filter, bahan pendingin akan melewati pipa kapiler. Pipa kapiler pada kulkas merupakan pipa tembaga yang memiliki lubang pipa yang sangat kecil. Fungsi pipa kapiler adalah untuk menurunkan tekanan dan suhu bahan pendingin. Pipa kapiler sering disebut sebagai alat ekspansi (katup ekspansi/expansion valve).

Evaporator

Dari pipa kapiler, bahan pendingin mengalir ke evaporator. Evaporator adalah bagian yang dingin pada kulkas. Evaporator berfungsi untuk menyerap panas dari bahan makanan dan minuman yang ada di dalam kabin kulkas.

Panas atau kalor yang diserap evaporator dari bahan makanan atau minuman akan merubah wujud Bahan pendingin dari cair menjadi gas. Bahan pendingin cair di dalama evaporator akan menguap menjadi wujud gas akibat kalor dari bahan makanan. Bahan pendingin akan dihisap kembali oleh saluran hisap kompresor. Demikian siklus aliran bahan pendingin akan terus berlangsung hingga suhu dingin tercapai.

 

Komponen kelistrikan kulkas 2 pintu

Kompresor

Kompresor memiliki tiga buah terminal kelistrikan. Terminal CSR kompresor yaitu Common (C), Starting (S), dan Running (R). Terminal C di hubungkan dengan overload protector. Terminal S merupakan lilitan bantu kompresor, sedangkan terminal R merupakan lilitan utama motor kompresor.

Door switch (Saklar pintu)

Saklar pada pintu kulkas berfungsi untuk mengatur on-off lampu dan kipas. Jika saklar ditekan (pintu tertutup) lampu akan mati dan kipas menyala.

Lampu penerangan

Lampu berfungsi untuk penerangan ruang kabin kulkas. Lampu menggunakan jenis lampu filamen atau jenis LED dengan daya yang kecil agar tidak menimbulkan panas.

Thermostat

Thermostat merupakan alat pengatur suhu. Fungsi thermostat mengatur kerja kompresor secara otomatis berdasarkan settingan suhu pada thermostat. Jika thermostat di putar pada setting suhu tertentu, maka kompresor akan terus bekerja hingga suhu tersebut tercapai. Jika suhu telah tercapai, thermostat akan secara otomatis memutuskan aliran listrik ke kompresor. Kompresor akan berhenti bekerja.

Fan motor

Fan motor pada kulkas dua pintu berfungsi sebagai penggerak kipas. Kipas akan mensirkulasikan hawa dingin da dalam kulkas. Pada kulkas 2 pintu terkadang menggunakan dua fan motor. Fan motor evap, berada di bagian evaporator untuk meniupkan hawa dingin evaporator. Fan motor kondensor, berfungsi untuk membantu membuang suhu panas kondensor.

Jenis motor yang dipakai biasanya motor shaded pole, dengan putaran 2500/3000 ppm, 6-12 watt, 0,2-0,7 Ampere. Motor fan ini ada yang berputar searah jarum jam (Clock Wise), atau melawan arah jarum jam (Counter Clock Wise).

Overload

Overload protector merupakan komponen kelistrikan yang berfungsi sebagai pengaman kompresor dari baban berlebih. Prinsip kerja overload menggunakan bimetal. Jika arus yang mengalir terlalu besar (beban lebih), bimetal di dalam overload akan panas dan memuai sehingga kontak terputus. Arus yang mengarah ke kompresor akan terputus, sehingga kompresor mati.

Overload ditempatkan menempel di body kompresor. Tujuannya untuk membaca suhu kompresor jika terlalu panas. Jenis overload ada dua, yaitu yang berada di luar kompresor (external), dan overload yang ditanam di dalam kompresor (internal). Jika overload eksternal rusak, kita dapat menggantinya dengan yang baru sesuai ukurannya. Jika overload internal rusak, kita tidak dapat menggantinya. Namun overload yang ditanam ini memiliki kualitas yang baik sehingga tidak mudah rusak.

 

TUGAS
1. Gambarlah dan berilah nomor komponen kulkas 2 pintu berikut ini!
2. Tulis nama dan fungsi komponen tersebut!
2. Kerjakan di buku SIR.







Posting Komentar