Mata Pelajaran Sistem dan Instalasi Refrigerasi

Daftar Isi

Mata Pelajaran Sistem dan Instalasi Refrigerasi

Mata pelajaran Sistem dan Instalasi Refrigerasi membahas tentang prinsip kerja, pemasangan, pengoperasian, serta perawatan dan perbaikan sistem refrigerasi. Pelajaran ini ada di SMK jurusan TPTU (Teknik Pendingin dan Tata Udara). Bagi kalian yang ingin mengetahui tentang hal apa yang dipelajari pada mapel ini, simak penjelasannya berikut ini.

mapel sistem dan instalasi refrigerasi SIR
Praktek pengelasan pipa refrigerasi

Materi Pelajaran Sistem dan Instalasi Refrigerasi

Siswa akan mempelajari tentang prinsip dasar sistem refrigerasi, seperti siklus refrigerasi, sifat-sifat termal bahan pendingin, dan prinsip kerja komponen-komponen sistem refrigerasi seperti kompresor, kondensor, evaporator, dan metering device.

Selain itu, siswa akan belajar tentang jenis-jenis sistem refrigerasi, seperti sistem AC sentral, sistem pendingin air, sistem pendingin ruangan, dan sistem transportasi pendingin. Mereka juga akan mempelajari tentang proses instalasi sistem refrigerasi, termasuk pemilihan dan pemasangan komponen-komponen, pengujian, dan penyetelan sistem.

Dalam mata pelajaran ini, siswa juga akan belajar tentang teknik-teknik pemeliharaan dan perbaikan sistem refrigerasi, termasuk pembersihan, penggantian komponen yang rusak, dan pengisian ulang bahan pendingin. Aspek keselamatan dan kesehatan kerja dalam bekerja dengan sistem refrigerasi juga akan dibahas, termasuk penggunaan alat pelindung diri dan pemahaman tentang bahaya dan risiko kerja.

Setelah menyelesaikan mata pelajaran ini, siswa diharapkan dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk bekerja di industri refrigerasi, baik sebagai teknisi atau tenaga ahli di industri HVAC atau sebagai pemilik atau pengelola bangunan atau kendaraan yang membutuhkan sistem pendingin yang efisien dan efektif.

soal mata pelajaran sistem dan instalasi refrigerasi
Merakit Sistem refrigerasi


Ruang lingkup pelajaran Sistem dan Instalasi Refrigerasi

Ruang lingkup pelajaran Sistem dan Instalasi Refrigerasi (SIR) di SMK meliputi:

Prinsip-prinsip dasar sistem refrigerasi

Prinsip-prinsip dasar sistem refrigerasi: siswa akan mempelajari tentang prinsip-prinsip dasar dari sistem refrigerasi, termasuk siklus refrigerasi, sifat-sifat termal bahan pendingin, dan prinsip kerja komponen-komponen sistem refrigerasi seperti kompresor, kondensor, evaporator, dan metering device.

Jenis-jenis sistem refrigerasi

Jenis-jenis sistem refrigerasi: siswa akan mempelajari tentang berbagai jenis sistem refrigerasi, seperti sistem AC sentral, sistem pendingin air, sistem pendingin ruangan, dan sistem transportasi pendingin.

Komponen-komponen sistem refrigerasi

Komponen-komponen sistem refrigerasi: siswa akan mempelajari tentang komponen-komponen sistem refrigerasi, seperti kompresor, kondensor, evaporator, metering device, dan pipa-pipa pendingin.

Proses instalasi sistem refrigerasi

Proses instalasi sistem refrigerasi: siswa akan mempelajari tentang proses instalasi sistem refrigerasi, termasuk pemilihan dan pemasangan komponen-komponen, pengujian, dan penyetelan sistem.

Teknik pemeliharaan sistem refrigerasi

Teknik pemeliharaan sistem refrigerasi: siswa akan mempelajari tentang teknik-teknik pemeliharaan dan perbaikan sistem refrigerasi, termasuk pembersihan, penggantian komponen yang rusak, dan pengisian ulang bahan pendingin.

Aspek keselamatan dan kesehatan kerja

Aspek keselamatan dan kesehatan kerja: siswa juga akan mempelajari tentang aspek keselamatan dan kesehatan kerja dalam bekerja dengan sistem refrigerasi, termasuk penggunaan alat pelindung diri dan pemahaman tentang bahaya dan risiko kerja.

Praktikum

Praktikum: dalam pelajaran SIR, siswa akan melakukan praktikum untuk mempraktikkan teori yang telah dipelajari dan meningkatkan keterampilan praktis dalam instalasi, pemeliharaan, dan perbaikan sistem refrigerasi.

Dengan mempelajari ruang lingkup pelajaran SIR ini, siswa diharapkan dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk bekerja di industri refrigerasi, baik sebagai teknisi atau tenaga ahli di industri HVAC atau sebagai pemilik atau pengelola bangunan atau kendaraan yang membutuhkan sistem pendingin yang efisien dan efektif.


Soal Pilihan Ganda Sistem dan Instalasi Refrigerasi

Kerjakan soal pilihan ganda Sistem dan Refrigerasi SMK berikut ini:

Posting Komentar