Tugas Infografis 1.1.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.1

Tugas Infografis 1.1.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.1

Berikut ini merupakan tugas demonstrasi kontekstual modul 1.1. yang saya buat. Saya membuat sebuah desain poster atau infografis tentang filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara. Poster Infografis ini saya buat dengan menggunakan Canva. Bapak Ibu guru dapat menggunakan canva di PC maupun android.


Pada modul ini calon guru penggerak diminta mendesain strategi dalam mewujudkan pemikiran KHD, yaitu tentang pendidikan yang berpihak kepada murid. Penugasan ini dapat dibuat dalam bentuk video, atau infografis atau puisi atau lagu, dan lain-lain.

contoh infografis 1.1.a.6. demonstrasi kontekstual

CGP diminta untuk mendesain sebuah strategi dalam mewujudkan pemikiran KHD - ‘Pendidikan yang Berpihak pada Murid’ - dalam sebuah karya berupa video pendek, poster, infografis, komik, lagu, puisi, flipbook. Kemudian CGP harus mempublikasikan karya demonstrasi kontekstual yang telah dibuat sebagai wujud pemahaman, pemaknaan dan penghayatan yang dipraktekkan dari pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara. Karya calon guru penggerak menjadi sebuah demonstrasi kontekstual bagaimana pemikiran Ki Hadjar Dewantara dikembangkan dan diterapkan di kelas dan sekolah masing-masing.

Penugasan 1.1.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.1

Perlambang atau metafor kerap menjadi salah satu cara yang efektif untuk memahami sebuah konsep yang rumit. Filosofi KHD mengenai asas Tri-Kon (kontinuitas, konvergensi dan konsentris) dapat dimetaforakan sebagai sistem tata surya, di mana murid diibaratkan sebagai planet yang mengorbit pada matahari (simbol nilai kemanusiaan) dalam berevolusi sesuai dengan garis edarnya masing-masing. Setiap planet berevolusi dengan kecepatan rotasi dan revolusi yang berbeda-beda. Meskipun demikian, setiap planet tak pernah berhenti bergerak.

Selain metafora, cara lain untuk mengabadikan pemahaman dan pengalaman belajar kita adalah dengan karya seni. Bapak Ibu guru ditugaskan untuk membuat sesuatu karya yang menarik mengenai filosofi pendidikan KHD. Membuat lagu, puisi, gambar, poster metafora, atau karya apapun tentu yang dapat dipahami orang lain.

Contoh Infografis Hasil Karya Demonstrasi Kontekstual

Saya membuat sebuah desain infografis untuk menggambarkan pemikiran filosofis KHD sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman baru yang saya peroleh saat mempelajari modul 1 dari LMS Calon Guru Penggerak Angkatan 9.

infografis 1.1.a.6. demonstrasi kontekstual modul 1.1
Infografis Pemikiran Filosofis KHD

Karya ini saya buat dengan Canva menggunakan laptop. Infografis yang saya buat merupakan sebuah gambaran filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantar dan yang sudah saya terapkan di sekolah sebagai wujud kontekstual pemahaman saya terhadap pemikiran-pemikiran KHD.

Penjelasan Infografis Filosofi Pemikiran Ki Hajar Dewantara

Berikut ini penjelasan singkat dari Infografis yang saya desain dengan Canva. Mohon maaf jika kurang menarik, dan masih banyak kesalahan dalam pembuatan maupun pemahaman saya. Semoga bisa menjadi contoh karya dan bermanfaat bagi Bapak Ibu Guru di seluruh Indonesia.

1. Pendidikan yang Berpihak pada Murid

pendidikan yang berpihak pada siswa

Pendidikan harus berorientasi kepada murid sebagai prioritas utama.

2. Memahami Karakter Murid

Setiap anak memiliki kodrat dan bakat yang berbeda antara anak satu dengan yang lainnya.

3. Menuntun Murid

Peran pendidik yaitu menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan. Pendidik ibarat petani yang harus menumbuhkan berbagai macam jenis bibit tanaman.

4. Kodrat Alam dan Kodrat Zaman

Kodrat Alam dan Kodrat Zaman

Kodrat alam berkaitan dengan sifat dan bentuk lingkungan di mana anak berada, sedangkan kodrat zaman berkaitan dengan isi dan irama.

Tantangan dan Solusi CGP

Sebelum mempelajari tentang filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan, banyak sekali praktek pendidikan yang tidak sesuai dengan pemikiran beliau. Salah satunya adalah pembelajaran yang berpusat pada guru. Selama mengajar di kelas, saya lebih sering menggunakan metode pembelajaran teacher centered.

Setelah mendapatkan pencerahan dari para pengajar praktik dan juga fasilitator PGP serta mempelajari modul 1.1, akhirnya saya menyadari ada sesuatu yang kurang tepat yang saya lakukan selama mengajar.

Kemudian saya berupaya untuk mengubah metode belajar saya menjadi student centered. Dengan pembelajaran yang berpusat pada murid, maka sangat sesuai dengan pemikiran filosofis Ki Hajar Dewantara. Metode student centered akan berpihak kepada murid. Lebih memperhatikan karakter setiap murid yang berbeda-beda. Guru hanya sebagai penuntun, yang mengarahkan murid. Metode studen centered juga akan sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman setiap murid.

Demikian sedikit penjelasan mengenai Tugas Infografis 1.1.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.1 tentang pemikiran filosofis Ki Hajar Dewantara. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url