1.2.a.6. Demonstrasi Konstektual - Modul 1.2

Daftar Isi

Gambaran Diri sebagai Guru Penggerak di Masa Depan

Mampu mengembangkan diri dan orang lain:
  • Mampu melakukan pengembangan diri yang didasari kesadaran dan kemauan pribadi.
  • Mampu mengembangkan kompetensi civitas sekolah untuk meningkatkan kualitas belajar siswa.
  • Aktif dalam organisasi dan komunitas guru untuk mengembangkan karier guru.
  • Menunjukkan kematangan moral, emosi dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik guru.

Mampu meningkatkan kualitas pembelajaran:

  • Mampu merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang berpusat pada murid.
  • Mampu melakukan refleksi dan perbaikan pembelajaran.
  • Melibatkan orang tua sebagai pendamping dan sumber belajar di sekolah.

Nilai-nilai guru penggerak yang akan saya kuasai 3 tahun kedepan

1. Mandiri

Sebagai seorang guru penggerak saya harus mandiri untuk dapat melakukan perubahan yang signifikan dan menyeluruh, baik itu di dalam diri sendiri maupun di lingkungan sekolah. Dengan nilai kemandirian pada seorang guru, menumbuhkan kepercayaan diri bahwa dirinya mempunyai potensi untuk dapat tergerak, bergerak dan menggerakkan siswa, guru, dan lingkungan sekolah.

gambaran diri
Kegiatan Praktik Siswa

Kemandirian Guru Penggerak dimulai dari dalam diri, dengan berupaya untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan diri. Misalnya dengan mengikuti diklat-diklat pengembangan diri. Selain itu juga dengan mengimbas pada siswa dan lingkungan sekolah.

Kegiatan Diklat Online Digitalent Kominfo 

2. Reflektif

Seorang guru penggerak harus mampu merefleksikan dirinya dalam setiap kegiatan sekolah. Seorang guru penggerak harus dapat mengevaluasi diri baik dari sisi positif maupun yang negatif yang ada pada dirinya. Dengan merefleksikan diri, maka seorang guru penggerak dapat melakukan instrospeksi dan evaluasi diri terkait dengan lakunya sebagai guru.

demonstrasi konstektual gambaran diri guru
Presentasi oleh Siswa

Selain itu juga mampu merefleksikan siswanya agar lebih percaya diri dan optimis dalam setiap perbuatannya. Guru harus mampu menggali dan mengembangkan potensi siswa sesuai dengan karakternya masing-masing. Melatih keberanian siswa untuk menyampaikan pendapat dan berbicara di depan umum.

Presentasi laporan PKL

Kegiatan melatih soft skill siswa dapat dilakukan pada setiap kegiatan belajar, baik pembelajaran teori, praktik di kelas, atau praktik lapangan.

3. Kolaboratif

Sebagai seorang guru penggerak, harus dapat berkolaborasi dengan teman sejawat maupun dengan manajemen sekolah. Saya lebih siap bergerak dan menggerakkan semua civitas sekolah, baik siswa, rekan guru, dan lingkungan sekolah untuk saling bersinergi untuk kemajuan pembelajaran di sekolah.

Kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL)

Kolaborasi guru dengan siswa, antar sesama guru, dan kolaborasi dengan lingkungan akan menghadirkan kegiatan pembelajaran yang menyeluruh. Akan menumbuhkan iklim kebersamaan dan persatuan dalam pendidikan.

Pembuatan perangkat ajar dan bahan ajar praktek bersama rekan sejawat

4. Inovatif

Sebagai seorang guru penggerak saya harus bisa melakukan hal-hal yang baru di bidang pendidikan, baik pada kegiatan pembelajaran maupun pada manajemen sekolah. Inovasi dalam pembelajaran dapat berupa pengembangan media pembelajaran dan juga metode pembelajarannya. Di SMK, inovasi dalam pembelajaran dapat dilakukan pada kegiatan teori maupun praktek kejuruan. Pembuatan bahan ajar praktik dapat mengatasi keterbatasan peralatan praktik yang ada di sekolah.

Pembuatan Alat Peraga Praktik

Pada manajemen sekolah dapat dilakukan inovasi pendidikan untuk efisiensi dan efektifitas kegiatan pembelajaran. Misalnya pemanfaatan Blog dan Google Workspace untuk pembelajaran. Pelaksanaan ujian semester secara online untuk mencapai efisiensi dan efektifitas pelaksanaan penilaian semester.

5. Berpihak pada murid

Di masa depan, saya adalah seorang guru yang memiliki dedikasi untuk mewujudkan dunia Pendidikan yang lebih berpihak kepada anak. Dengan cara mengimplementasikan pemikiran filosofi dari Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara dalam setiap kegiatan pembelajaran di sekolah.

Pembina Ekskul Paskibra

Sebagai seorang guru penggerak saya akan memaksimalkan membimbing dan membina murid sehingga tidak hanya sebagai pengajar namun dapat menjadi penuntun dan menjadi fasilitator dalam proses pengembangan potensi dan pembentukan karakter murid, sehingga menjadi pribadi yang baik sesuai dengan profil pelajar Pancasila dan berakhlak mulia.

 


Posting Komentar