1.2.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 1.2

Daftar Isi

1.2.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 1.2

Cahyo Padmasana P., S.Pd.T.
CGP Angkatan 9, Metro-Lampung

Setelah saya menjalani pembelajaran dari Modul 1.1 hingga Modul 1.2 ini, berikut adalah hal yang menjadi pembelajaran bagi saya (model refleksi 4P):

1. Peristiwa

Momen paling penting atau menantang atau mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran Modul 1.1 dan modul 1.2 adalah tentang filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara. Ternyata, selama ini pembelajaran yang saya lakukan sangat jauh dari nilai-nilai filosofis pemikiran beliau.

Kaitan antara modul 1.1 dan 1.2 yang saya fahami adalah bahwa saya sebagai guru harus mampu memahami dan menerapkan nilai-nilai filosofis pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Selain itu seorang guru juga harus memiliki nilai-nilai dan peran Guru Penggerak untuk kemajuan proses pendidikan di sekolah.

Koneksi Antar Materi - Modul 1.2

2. Perasaan

Saat momen itu terjadi saya merasa seperti bagaikan menjadi guru yang salah. Ternyata, setiap anak memiliki bakat dan potensinya masing-masing, sehingga saya sebagai guru perlu menuntun mereka sesuai dengan karakter mereka masing-masing. Ibarat petani, seorang guru perlu merawat dan memperlakukan bibit tanaman agar tumbuh sesuai dengan kodrat alamnya.

Selain itu saya juga harus mengembangkan nilai-nilai seorang guru penggerak, yang selama ini jarang dilakukan.

3. Pembelajaran

Sebelum momen tersebut terjadi saya berpikir bahwa semua murid itu dapat diperlakukan sama dengan murid lainnya. Sekarang saya berpikir bahwa setiap murid memiliki karakter dan keunikannya masing-masing. Kita hanya perlu menumbuhkan dan menebalkan laku murid sesuai dengan kodratnya, agar tercapai tujuan menjadi manusia yang bahagia.

Koneksi Antar Materi - Modul 1.2

4. Penerapan ke depan (Rencana)

Apa pengembangan diri yang sederhana, konkret dan rutin yang dapat saya lakukan sendiri dari sekarang, untuk membantu menguatkan nilai-nilai dan peran saya sebagai Guru Penggerak?
  • Memahami potensi, minat, bakat dan karakter setiap murid
  • Melakukan pembelajaran yang berdiferensiasi, baik teori maupun praktek kejuruan
  • Melakukan refleksi setelah proses pembelajaran teori maupun praktek
  • Aktif mengikuti kegiatan pengembangan diri
  • Berkolaborasi dengan guru, rekan sejawat, dan ingkungan sekolah

Posting Komentar