1.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.3 Canvas BAGJA

1.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.3 Canvas BAGJA

Model BAGJA adalah salah satu model inkuiri apresiatif yang dikembangkan oleh Prof. M. Sidharta, seorang praktisi pendidikan di Indonesia. Model BAGJA adalah singkatan yang merujuk pada lima tahap dalam proses inkuiri apresiatif. Berikut ini adalah tahapan-tahapan dalam pendekatan inkuiri apresiatif model BAGJA:

Demonstrasi Kontekstual - Canvas BAGJA
Canvas BAGJA, Prakarsa Perubahan

B-uat Pertanyaan Utama (Define).

Di tahap ini, kita harus merumuskan pertanyaan sebagai penentu arah penelusuran terkait perubahan yang diinginkan atau diimpikan.

Tahap pertama dalam model BAGJA ini mengundang semua pihak yang terlibat dalam perubahan untuk berpikir dan berbicara bersama. Hal ini menciptakan ruang untuk dialog dan kolaborasi antara anggota organisasi.

A-mbil Pelajaran (Discover).

Pada tahapan ini, kita perlu mengumpulkan berbagai pengalaman positif yang telah dicapai di kelas maupun sekolah serta pelajaran apa yang dapat diambil dari hal-hal positif tersebut.

Tahap kedua adalah mengakui dan menghargai keberhasilan serta prestasi yang telah ada dalam organisasi. Ini melibatkan identifikasi aset, kekuatan, dan cerita positif yang dapat menjadi landasan untuk perubahan lebih lanjut.

G-ali Mimpi (Dream).

Pada tahapan ini, kita dapat menyusun narasi tentang kondisi ideal apa yang diimpikan dan diharapkan terjadi di lingkungan pembelajaran. Disinilah visi benar-benar dirumuskan dengan jelas.

Pada tahap ini, anggota organisasi bersama-sama merancang gambaran masa depan yang diinginkan. Mereka bermimpi tentang apa yang dapat dicapai dan bagaimana organisasi akan terlihat di masa depan.

J-abarkan Rencana (Design).

Di tahapan ini, kita dapat merumuskan rencana tindakan tentang hal-hal penting apa yang perlu dilakukan untuk mewujudkan visi.

Tahap keempat adalah merumuskan rencana tindakan bersama-sama. Anggota organisasi mengidentifikasi langkah-langkah konkret yang perlu diambil untuk mencapai visi yang telah dibuat.

A-tur Eksekusi (Deliver).

Di bagian ini, kita akan memutuskan langkah-langkah yang akan diambil, siapa yang akan Bapak/Ibu ajak dan pasti mau untuk terlibat, bagaimana strateginya, dan aksi lainnya demi mewujudkan visi perlahan-lahan.

Tahap terakhir adalah melaksanakan rencana tindakan yang telah dibuat dan mencapai hasil yang diinginkan. Selama tahap ini, evaluasi terus menerus dilakukan untuk memastikan bahwa perubahan berjalan sesuai dengan rencana dan bahwa organisasi mencapai tujuannya.

Demonstrasi Kontekstual, Canvas BAGJA - Prakarsa Perubahan

Pada tugas Demonstrasi Kontekstual kali ini, CGP diminta membuat rancangan tindakan perubahan berdasarkan tahapan B-A-G-J-A untuk mulai melakukan perubahan pada diri sendiri sehingga semakin berdaya dalam berpihak pada murid. Temukan potensi dan kekuatan, juga hal baru dalam diri, yang dapat membawa manfaat untuk murid.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url