Budaya Positif Di Sekolah

Daftar Isi

Membentuk Budaya Positif Di Sekolah

Sekolah diibaratkan sebagai tanah tempat bercocok tanam. Oleh karenanya seorang guru harus mengupayakan agar sekolah menjadi lingkungan belajar yang menyenangkan, menjaga, dan melindungi murid dari hal-hal yang tidak baik. Dengan demikian, karakter murid tumbuh dengan baik. Murid akan mampu menerima dan menyerap suatu pembelajaran bila lingkungan di sekelilingnya terasa aman dan nyaman selama berlangsungnya proses belajar. Jika murid merasakan tekanan-tekanan dari lingkungan sekitarnya, maka proses pembelajaran akan sulit terjadi.

Menciptakan Lingkungan Positif

Salah satu tanggung jawab seorang guru adalah bagaimana menciptakan suatu lingkungan positif. Adanya warga sekolah yang saling mendukung, saling belajar, saling bekerja sama akan menciptakan kebiasaan-kebiasaan baik. Lalu dari kebiasaan-kebiasaan baik itu akan tumbuh menjadi karakter-karakter baik warga sekolah, dan pada akhirnya karakter-karakter dari kebiasaan-kebiasaan baik akan membentuk suatu budaya positif.

Budaya Positif Di Sekolah
Budaya positif di sekolah

Cobalah amati lingkungan sekolah Anda, bagaimana suasananya suasana sekolahnya? Bagaimana murid-murid saling berinteraksi? Bagaimana guru saling bertegur sapa? Bagaimana guru menyapa murid, bagaimana guru menyelesaikan suatu permasalahan atau konflik antar murid? Suasana atau budaya yang berkembang di sekolah Anda saat ini, secara tidak langsung menjadi cermin dari nilai-nilai di sekolah. Untuk itulah menciptakan lingkungan positif agar terbentuk suatu budaya positif adalah suatu proses perjalanan pendidikan yang harus kita jalani.

Suatu lingkungan yang aman dan nyaman akan memberikan murid kesempatan dan kebebasan untuk berproses, belajar, membuat kesalahan, belajar lagi, sehingga mampu menerima dan menyerap suatu pembelajaran. Perlu diingat, selama seseorang merasakan tekanan-tekanan dari lingkungannya, maka proses pembelajaran akan sulit terjadi. Dan salah satu tanggung jawab kita sebagai pendidik adalah menghilangkan gangguan-gangguan yang dapat menghalangi proses pengembangan potensi murid di sekolah.

Pentingnya Budaya Positif 

Apa pentingnya menciptakan suasana positif di lingkungan Anda?

Pentingnya menciptakan suasana positif di lingkungan adalah untuk menumbuhkembangkan potensi baik dari peserta didik. Suasana positif ibarat lahan pertanian yang subur, yang dapat menumbuhkan bibit tanaman dengan baik.

Sebagai seorang pendidik dan/atau pimpinan sekolah, bagaimana kita dapat menciptakan suasana positif di lingkungan Anda selama ini?

Untuk dapat menciptakan suasana positif di lingkungan sekolah, guru perlu:

  • memperbaiki kondisi sekolah yang kurang baik
  • memelihara hubungan baik dengan murid dan guru
  • memberi perhatian kepada murid
  • menghilangkan gangguan-gangguan yang mungkin terjadi di sekolah

Apakah hubungan antara menciptakan suasana yang positif dengan proses pembelajaran yang berpihak pada murid?

Dengan menciptakan suasana positif di sekolah, maka murid akan dapat belajar dengan lebih baik sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh mereka. Dengan memperhatikan tumbuh-kembang murid, hal ini telah sesuai dengan pemikiran KHD "berpihak kepada murid"

Bagaimana penerapan disiplin saat ini di sekolah Anda, apakah sudah diterapkan dengan efektif, bila belum, apa yang menurut Anda masih perlu diperbaiki dan dikembangkan?

Penerapan disiplin di sekolah sudah cukup baik. Namun sepertinya pemahaman siswa akan makna kedisiplinan itu sendiri masih rendah. Siswa sekedar melaksanakan peraturan dan tata tertib sekolah tanpa ada kesadaran diri akan nilai yang terkandung di dalamnya. Perlu penyampaian yang dapat menyentuh hati mereka.

Bagaimana kita dapat menciptakan sebuah budaya positif di sekolah?

Salah satu hal yang paling penting untuk dapat menciptakan budaya positif adalah kita perlu menghilangkan rasa takut dalam diri murid-murid. Buat murid merasa aman dan nyaman belajar di sekolah. Terangkan bahwa berbuat kesalahan adalah suatu proses pembelajaran menuju kedewasaan itu sendiri. Hanya dengan demikian, semua murid dapat belajar dengan rasa tenang, tanpa tekanan dan nyaman.

Apa saja harapan-harapan yang ingin Anda lihat berkembang pada diri Anda, sebagai seorang pemimpin pembelajaran yang memiliki pengaruh pada warga sekolah, terutama murid-murid?

Setelah mempelajari modul ini, saya ingin menjadi guru yang mampu menciptakan budaya positif mulai dari diri sendiri, di kelas yang saya ajar, antar sesama guru, dan lingkungan sekolah pada lingkup yang lebih luas.

Apa saja harapan-harapan yang ingin Anda lihat berkembang pada murid-murid Anda?

Saya berharap murid dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih baik sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh mereka, dalam suasana budaya positif di sekolah.

Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan?

Saya berharap mendapatkan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan materi pembelajaran yang bermanfaat untuk mengembangkan budaya positif di kelas dan lingkungan sekolah saya.

Posting Komentar