Aksi Nyata Modul 2.2.

Daftar Isi

Aksi Nyata Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

Aksi Nyata dalam modul 2.2 ini mensyaratkan CGP untuk membagikan pemahaman tentang implementasi pembelajaran sosial emosional (PSE) yang telah dilakukan selama mempelajari ini. CGP diminta untuk melihat kembali proses implementasi yang sudah dilakukan di sekolah masing-masing. 

Setelah CGP membagikan implementasi Anda kepada rekan sejawat atau komunitas sekolah, CGP diminta untuk merefleksikan pengalaman tersebut dengan menggunakan  kerangka 4P (Peristiwa - Perasaan - Pembelajaran - Penerapan). Berikut adalah refleksi saya selama mempelajari modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional.

Aksi Nyata Modul 2.2 pembelajaran sosial emosional

Apa yang Bapak/Ibu lihat dalam proses tersebut?

(Peristiwa)

Pada modul ini saya belajar tentang penerapan pembelajaran sosial dan emosional. Dalam modul ini saya belajar kompetensi sosial dan emosional, teknik STOP dan masih banyak lagi materi baru yang saya dapatkan. PSE berbasis kesadaran penuh (Mindfulness sosial emotional learning) dan Well Being merupakan latihan kesadaran penuh dalam kondisi nyaman, sehat, dan bahagia. Dalam PSE melahirkan 5 Kompetensi Sosial Emosional (KSE) yaitu; Kesadaran diri, Pengelolaan diri, Kesadaran sosial, Keterampilan relasi, dan Pengambilan Keputusan yang bertanggung jawab. 

Apa yang Bapak/Ibu rasakan sehubungan dengan proses yang Anda alami?

(Perasaan)

Selama mempelajari modul 2.2 tentang Pembelajaran sosial dan emosional saya merasa senang telah mendapatkan materi ini melalui pendidikan guru penggerak karena sebelumnya belum mengetahui lebih mendalam terkait penerapan PSE. Melalui modul 2.2 ini saya mengetahui bagaimana pembelajaran social dan emosional akan sangat berpengaruh besar terhadap proses belajar mengajar dan berdampak penting pada hasil belajar murid. Namun untuk penerapannya masih perlu proses yang cukup panjang untuk bisa menjadi kebiasaan baik dalam mengajar.

Apa hal yang bermanfaat dari proses tersebut?

(Pembelajaran)

Hal yang bermanfaat bagi murid, mereka dapat mengenali dan mengetahui sosial dan emosional mereka. Bagi guru, dapat mengelola dan mengendalikan sosial dan emosionalnya sebelum dan setelah kegiatan belajar mengajar. Selain itu guru dapat memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan sosial dan emosional di sekolah

Apa umpan balik yang Anda dapatkan?

(Pembelajaran)

Umpan balik yang saya dapatkan dengan adanya PSE ini murid merasa senang karena bisa menjadi lebih terbuka dalam mengekspresikan perasaannya pada guru dan sesama murid. Mereka juga bisa belajar menemukan solusi dari masalah yang dihadapinya. Umpan balik yang saya dapatkan dari PSE ini yaitu melalui teknik STOP saya menjadi lebih tenang dan fokus dalam menghadapi sebuah permasalahan terkait kegiatan di sekolah serta mencari solusinya.

Apa yang ingin Anda perbaiki atau tingkatkan agar ini berdampak lebih luas?

(Penerapan)

Menurut saya yang akan ditingkatkan lagi agar dapat berdampak luas yaitu: Berupaya keras untuk bisa menerapkan PSE, karena ternyata PSE ini sangat penting untuk dilakukan agar tercipta well being disekolah sehingga murid merasa aman, nyaman dan bahagia dalam belajar. Belajar pada CGP lain tentang penerapan pembelajaran sosial dan emosional di dalam kelas kemudian berusaha untuk mengimbaskan kepada rekan sejawat.

Posting Komentar