2.3.a.3. Mulai Dari Diri - Modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik

Daftar Isi

Coaching untuk Supervisi Akademik

Tujuan mempelajari sesi 2.3.a.3. Mulai Dari Diri - Modul 2.3 ini adalah agar CGP mampu mengidentifikasi pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan dirinya terkait coaching dalam konteks pembelajaran di sekolah.

Sebagai seorang guru, Anda adalah seorang pemimpin pembelajaran. Dalam perjalanan Anda sebagai seorang guru, tentunya Anda pernah mendapatkan pengalaman terkait dengan supervisi akademik sebagai salah satu cara pengembangan kompetensi diri Anda.

Pertanyaan-pertanyaan reflektif sesi mulai dari diri:

Perasaan Saat Diobservasi

Selama menjadi guru, tentunya pembelajaran Anda pernah diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah Anda. Bagaimana perasaan Anda ketika diobservasi?

Supervisi akademik merupakan agenda rutin yang dilaksanakan di sekolah. Kepala sekolah membentuk Tim Supervisi Akademik yang akan melakukan tugas supervisi kepada guru. Ketika mendapat giliran diobservasi oleh Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, saya merasa grogi. Namun saya berusaha tetap tenang untuk melaksanakan KBM seperti biasa. Namun tetap saja dengan adanya pengawasan dari supervisor, membuat saya bertanya-tanya tentang hasil supervisi dari tim. Apakah saya banyak melakukan kesalahan dan kekurangan dalam mengajar di kelas?

Modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik

Pengalaman Saat dan Pasca Observasi

Ceritakan pengalaman Anda saat observasi dan pasca kegiatan observasi tersebut.

Pada saat observasi, saya menyiapkan instrumen yang diperlukan. Mulai dari menyiapkan bahan ajar saat supervisi, hingga menyiapkan segala administrasi pembelajaran yang lainnya. Pada saat observasi, murid juga bertanya-tanya dalam hati. Kenapa gur yang masuk kelas saat itu ada dua? Sebelumnya saya menyampaikan juga kepada anak-anak bahwa saat itu saya sedang diobservasi oleh Waka Kurikulum. Saya juga menyampaikan kepada anak-anak untuk tetap berlaku seperti pelajaran biasanya.

Setelah observasi selesai, saya mendapat beberapa masukan dari supervisor perihal isian instrumen supervisi. Supervisor menjelaskan hal-hal yang sudah bagus, dan juga hal-hal yang perlu ditingkatkan lagi dalam mengajar.

Pengalaman Saat dan Pasca Observasi

Proses Supervisi Akademik yang Ideal

Menurut Anda, bagaimanakah proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri Anda berkembang sebagai seorang pendidik?

Menurut saya, supervisi yang dilaksanakan di sekolah sudah cukup baik. Mulai dari pembentukan Tim Supervisi Akademi, sosialisasi program supervisi, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mempersiapkan segala kelengkapan supervisi. Namun dengan adanya agenda supervisi yang terjadwal sedemikian itu, hasil yang diperoleh pun tidaklah riil. Hal ini karena guru akan lebih mempersiapkan kegiatan pembelajarannya sebaik mungkin.

Situasi Ideal Supervisi

Menurut Anda, jika Anda saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, dimana posisi Anda sehubungan dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10? Situasi belum ideal 1 dan situasi ideal 10.

Menurut pendapat saya secara pribadi, jika saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, saya berada pada skor 7. Supervisi sudah berjalan cukup baik, namun belum maksimal.

Mencapai Situasi Ideal

Aspek apa saja yang Anda butuhkan untuk dapat mencapai situasi ideal itu?

Pengetahuan pedagogik sangat dibutuhkan dalam melakukan sebuah supervisi akademik. Selain itu juga kemampuan teknis sebagai guru juga penting agar dapat melaksanakan supervisi dengan baik. Dibutuhkan kemampuan menganalisis dan mengevaluasi suatu proses pembelajaran, dan memberikan umpan balik yang baik.

Setelah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan reflektif, tuliskan harapan Anda terkait modul ini:

Harapan Mempelajari Coaching untuk Supervisi Akademik

Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?

Setelah mempelajari modul ini, saya berharap akan mendapatkan pemahaman yang baik mengenai kegiatan coaching dan supervisi. Apa saja hal-hal yang perlu ditingkatkan dan apa juga hal yang perlu ditinggalkan. Agar kompetensi saya sebagai guru juga dapat semakin berkembang. Dan yang terpenting agar saya dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran yang bermakna bagi murid-murid.

Kegiatan, Materi, dan Manfaat

Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

Kegiatan: Saya berharap bisa melakukan kegiatan coaching/supervisi dengan sesama CGP untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan yang ada pada diri saya sebagai guru. Berdiskusi dan berbagi dengan sesama rekan guru untuk saling berbagi praktik pembelajaran yang baik untuk diterapkan di kelas. Saya berharap dapat mempraktekkan kegiatan coaching akhirnya agar meningkatkan kompetensi saya sebagai guru.

Selain itu saya berharap mendapatkan masukan dari fasilitator yang akan sangat bermanfaat bagi saya.

Materi: Saya berharap mendapatkan materi tentang coaching dan metode supervisi.

Manfaat: Saya berharap mendapatkan manfaat sebesar-besarnya dari mempelajari modul 2.3 ini, guna meningkatkan kompetensi sebagai guru.

 

Posting Komentar