Mulai dari Diri - Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Mulai dari Diri - Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Mengingat-ingat ekosistem, bayangkan sekolah atau salah satu sekolah tempat Bapak dan Ibu bertugas.

Sumber daya sekolah
Pengelolaan Sumber Daya

Sekolah sebagai Sebuah Ekosistem

Apa bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuah ekosistem?

Teringat pada pelajaran biologi, sekolah dapat kita bayangkan sebagai suatu ekosistem. Sebuah ekosistem memiliki dua komponen pengisinya yaitu komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik meliputi semua makhluk hidup seperti tumbuhan, hewan, manusia dan mikroorganisme. Sedangkan komponen lingkungan abiotik adalah semua benda mati seperti tanah, udara, cairan, iklim, kelembaban, cahaya, suara.

Di sekolah, komponen biotik terdiri dari Kepala sekolah, guru, staf karyawan, murid, dsb. Sedangkan komponen abiotik dapat berupa saran dan prasarana, visi misi sekolah, kurikulum, finansial, humas, kepegawaian, lokasi strategis sekolah, dan sebagainya. Kedua lingkungan tersebut saling bersinergi satu dengan lainnya guna menciptakan lingkungan sekolah yang efektif.

Sumber Daya Sekolah

Apa saja yang bisa Anda sebut sebagai sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah?

Perhatikan untuk tidak terpaku pada hal-hal yang kelihatan.

Sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah banyak bentuknya. Misalnya Sumber Daya Manusia (SDM) seperti kepeminpinan kepala sekolah, manajemen sekolah, guru, tenaga kependidikan, peserta didik, dan masyarakat sekitar sekolah. Sumberdaya berupa sarana dan prasarana sekolah seperti bangunan gedung, fasilitas sekolah, jaringan kemitraan sekolah, pemanfaatan teknologi, serta sumber daya alam dan lingkungan sekitar. Selain itu juga ada sumber daya non fisik seperti kurikulum sekolah, kompetensi guru, teknologi, agama, dan sosial budaya. Semua itu dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemajuan sekolah.

Refleksi Kepala Sekolah

Refleksikan sosok pemimpin atau kepala sekolah yang memimpin sekolah tersebut.

Apa hal-hal yang paling diingat dari sosok pemimpin tersebut, terkait dengan perannya di ekosistem sekolah serta pelibatan/pemanfaatan sumber daya yang ada?

Kepala sekolah memegang peran penting dalam menciptakan ekosistem sekolah. Kepemimpinan yang baik akan membuat ekosistem sekolah yang sehat dan produktif dengan memaksimalkan pemanfaat seluruh sumber daya yang ada.

Sosok pemimpin atau kepala sekolah di tempat saya, beliau merupakan pribadi yang memiliki jaringan dan wawasan luas. Mampu menjalin kemitraan yang baik dengan suemua stakeholder untuk bersama-sama mewujudkan tujuan pendidikan. Setiap keputusan yang diambil berdasarkan musyawarah dan berlandaskan pada aturan yang berlaku. Kebijakan-kebijakan yang digunakan sangat prosedural sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman yang pernah dialami.

Pemimpin yang Ideal

Jadi, seperti apa peran pemimpin yang ideal itu, khususnya dalam hal memanfaatkan semua bagian dari ekosistem dan mengelola sumberdaya yang ada di dalam dan sekitar sekolah?

Pemimpin sekolah yang ideal, khususnya dalam hal memanfaatkan semua bagian dari ekosistem dan mengelola sumberdaya adalah pemimpin yang mampu mengelola seluruh komponen ekosistem sekolah dengan optimal. Sumberdaya fisik dan non fisik dapat dimanfaatkan secara efisien dan bertanggung jawab dan pengelolaan sekolah.

Memiliki kepekaan sosial yang tinggi dalam menjalin hubungan dengan guru dan karyawan, serta kepada peserta didik, karena mereka adalah komponen penggerak ekosistem sekolah. Selain itu juga memiliki kompetensi kepemimpinan dalam memanfaatkan seluruh sumber daya yang ada demi kemajuan sekolah tanpa mengedepankan kepentingan pribadi.

Refleksi Diri sebagai Guru

Silakan refleksikan, posisi diri Bapak dan Ibu dalam ekosistem sekolah.

Sejauh mana Bapak Ibu sebagai guru atau peran lainnya telah memanfaatkan sumber daya sekolah?

Guru yang mampu menciptakan hubungan harmonis dan selaras dengan kepala sekolah, pengawas, teman sejawat, murid, dan tenaga kependidikan serta masyarakat sekitar. Berusaha untuk menghadirkan pendidikan yang berpihak pada murid dengan memanfaatkan komponen biotik dan abiotik yang terdapat pada ekosistem sekolah. Turut berperan aktif dalam mengelola dan memaksimalkan aset sekolah bersama dengan seluruh komponen sekolah.

Harapan Setelah Mempelajari Modul

Apa saja harapan pada diri Bapak dan Ibu sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?

Diri sendiri

Mampu mengelola sumber daya yang terdapat di sekolah, mampu memetakan sumber daya yang terdapat di sekolah, serta mampu menganalisis dan memanfaat potensi kekuatan yang dimiliki sekolah untuk kemajuan sekolah.

Murid

Murid mendapatkan manfaat dalam pengelolaan sumber daya sehingga dapat meningkatkan kompetensi mereka.

Sekolah

Mampu bekerjasama dalam mengelola sumber daya secara efektif dan maksimal secara berkelanjutan bersama-sama dengan seluruh warga sekolah.

Kegiatan, Materi, dan Manfaat Mempelajari Modul

Apa saja kegiatan, materi, manfaat, yang Bapak dan Ibu harapkan ada dalam modul ini?

Saya berharap materi pada modul ini mudah untuk dimengerti dan dipelajari. Saya berharap mendapat materi tentang cara mengelola dan memanfaatkan sumber daya yang ada di sekolah secara efektif. Manfaat yang diharapkan pada modul ini yakni saya mampu mengaplikasikan materi yang akan saya pelajari terkait pengelolaan sumber daya yang dimiliki sekolah dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url