Jenis Socket Fitting Pipa Tembaga

Daftar Isi

Jenis Socket Fitting Pipa Tembaga

Socket Fitting pipa tembaga adalah aksesoris pemipaan yang berguna untuk membantu melakukan sambungan dan pencabangan pipa dengan cara pengelasan. Socket fitting digunakan untuk menyambungkan dua pipa tembaga dengan cara menyolder/las atau mencairkan bahan tambah pada sambungan untuk membuat penyambungan yang kuat dan tahan terhadap tekanan serta korosi. Karena sambungan pipa dilakukan dengan pengelasan, maka disebut juga dengan soldering fitting.

Fungsi Socket Fitting Pipa Tembaga

Fungsi Sock Fitting untuk menyambungkan dua pipa tembaga atau tubing dengan pengelasan pipa. Desain untuk sock pipa tembaga biasanya di buat pendek. Jenis sambungan sock dirancang untuk menyambungkan instalasi pipa tembaga semi permanen dengan pengelasan brazing. Dengan menggunakan sambungan socket fitting, akan memudahkan dalam instalasi pipa tembaga sesuai dengan kondisi proyek yang sedang dikerjakan.

Jenis-Jenis Sambungan Sock Fitting Pipa Tembaga AC

1. Socket (coupling)

Socket adalah salah satu jenis aksesoris pemipaan, dimana fungsi dari socket ini adalah untuk membantu melakukan penyambungan 2 buah pipa yang memiliki diameter yang sama. Ukuran socket mengikuti ukuran pipa tembaga lunak tetapi dinyatakan dengan ukuran diamter dalam atau ID (inside diameter). Socket coupling memiliki ukuran yang bervariasi sesuai dengan diameter pipa tembaga.

2. Reducing Socket

Reducing socket adalah salah satu jenis aksesoris pemipaan, dimana fungsi dari reducing socket ini untuk membantu melakukan penyambungan 2 (dua) buah pipa yang diameternya berbeda. Ukuran reducing socket sama seperti ukuran pipa tembaga, dengan satu sisi lebih besar diameternya daripada sisi lainnya. Misalnya reducing 3/8” ke 1/4".

3. Bengkokan pipa (Elbows)

Sering disebut dengan fittting U bend, karena bentuknya seperti huruf U. Di pasaran elbow tersedia dengan berbagai jenis, diantaranya ada elbow 45O, 90 O, dan ada pula yang radius bengkokannya 180O. Sambungan elbow 180 O contohnya terdapat pada komponen evaporator dan kondensor. Perlu diketahui bahwa pada jenis socket U-bend ada yang sudah di swagging dan ada yang tidak di swaging.

4. Socket Cabang T

Socket cabang T biasa digunakan untuk membuat pencabangan pipa tembaga pada mesin pendingin. Selain itu juga sering dipakai untuk menempatkan alat ukur tekanan rendah maupun tekanan tinggi atau pemasangan pentil atau komponen lainnya. Untuk kebutuhan itulah diperlukan suatu socket yang disebut dengan socket cabang T.

5. Socket Cabang Y

Seperti halnya sambungan T, sambungan Y membentuk huruf Y yang berfungsi sebagai percabangan pipa. Untuk instalasi pipa tembaga, Anda akan memerlukan fitting atau soket cabang Y yang dirancang khusus untuk membagi aliran bahan pendingin.

Demikian pembahasan mengenai jenis-jenisa sambungan socket fitting pipa tembaga yang sering diaplikasikan pada mesin pendingin. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda. Terimakasih.

Posting Komentar