Sejarah AC (Air Conditioner)

Sejarah AC (Air Conditioner) - Siapakah yang menemukan AC pertama kali? Bagaimanakah bentuk AC pada awal mula ditemukannya AC? Apakah bentuknya sama dengan bentuk AC pada saat sekarang ini? Mari kita simak artikel berikut ini.

Sejarah Penemuan Mesin Pendingin

Seorang ilmuwan berkebangsaan Inggris yang bernama Michael Faraday telah menemukan cara untuk mendinginkan udara dengan menggunakan Gas Amonia. Penemuan ini terjadi pada ahun 1820. Kemudian pada tahun 1842 ada seorang dokter di Florida Amerika Serikat yang menemukan cara mendinginkan ruangan dirumah sakit yang berada di Apalachicola. Dia adalah Dr. John Gorrie. Dan ini adalah cikal bakal dari teknologi AC (air conditioner). Namun sangat disayangnya karena ia meninggal pada tahun 1855, sebelum mesin pendingin itu disempurnakan.

sejarah AC
Mesin Es temuan Jhon Gorrie

pemenu AC
John Gorrie (3 October 1803 – 29 June 1855)



Tidak berhenti di situ, lalu seorang Insinyur bernama Willis Haviland Carrier dari New York, Amerika menyempurnakan penemuan dari Dr. John Gorrie. Namun AC yang di temukan ini digunakan bukan untuk kepentingan atau kenyamanan manusia, melainkan untuk keperluan industri percetakan dan lainnya.

Dalam perkembangan teknologi AC selanjutnya, penggunaan AC untuk keperluan perumahan baru dikembangkan pada tahun 1927. AC perumahan pertama dipakai di sebuah rumah di Mineapolis, Minnesota.


Pada saat ini tidak hanya industri saja yang menggunakan air conditioner, tetapi juga sudah di perkantoran dan perumahan dengan berbagai macam bentuk dan ukuran, mulai dari yang besar hingga yang kecil. Semua itu bermulai dari kepedulian seorang Jhon Gorrie terhadap pasien rumah sakit yang kepanasan akibat hawa musin panas yang menyiksa pasien saat itu.


Kisah Sang Dokter, John Gorrie

John Gorrie sebenarnya adalah seorang dokter di negara Amerika Serikat. Ide untuk membuat mesin pendingin itu berawal dari banyaknya pasien yang menderita malaria atau penyakit lain dengan gejala demam tinggi, sehingga pasien merasakan kondisi yang sangat gerah atau sangat tidak nyaman. Selain itu ditambah juga dengan hawa musim itu yang sangat panas. Maka ia berpikir bagaimana caranya ia membuat alat yang dapat menurunkan suhu tubuh para pasien malaria tersebut. 

Ketika ia melihat sebuah kipas angin yang memberinya ide untuk membuat mesin pendingin. Pada mulanya ia hanya memasang sebongkah es batu, dan diletakkan di depan kipas itu sehingga hawa dingin dari  bongkahan es tersebut dapat menyebar dari angin yang dihembuskan kipas angin. 

Maka, pada tahun 1844 ia merancang sebuah mesin eksperimen pembuat es. Pekerjaannya sebagai dokter ia tinggalkan di tahun 1845. dan adalam masa enam tahun ia telah berhasil menerima hak paten yang merupakan hak paten pertama yang dikeluarkan untuk sebuah mesin pendingin. Itulah awal ditemukannya mesin pendingin. Pada akhirnya kini mesin pendingin itu dikenal dengan istilah Air Conditioner.


Itulah sejarah perkembangan mesin pendingin. Anda bisa membaca artikel Prinsip Kerja Kulkas untuk lebih memahami bagaiman mesin pendingin bekerja. Terimakasih atas kunjungan anda di blog www.dinginaja.com. Nantikan selalu artikel-artikel mengenai dunia pendingin di blog ini.

0 Response to "Sejarah AC (Air Conditioner)"

Post a Comment

Featured post

Menumbuhkan Gaya Berpikir Kreatif Siswa SMK featured

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel